Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Dampak Persalinan Normal atau Cesar pada Masa Menyusui, Berbedakah?

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Aftria Suci Hidayat
    Aftria Suci Hidayat
    siang dokter dulu anak pertama saya ceasar,kemudian saya konsumsi obat pasca cesar selama 2 minggu dan selama itu saya tetap menyusui anak saya,pertanyaanya apakah efek sampingnya ketika saya menyusui anak dan masih dalam proses penyembuhan dan harus konsumsi obat?karena pemulihan ceasar kan emang agak lama..trmksh..dan benarkah operasi cesar kemungkinan untuk menyusui lebih sulit dibanding yang lahiran nomrla dok?trmksh
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Aftria. Benar bahwa pada Mama yang caesar posisi menyusui lebih sulit daripada persalinan secara normal. Tetapi hal itu bisa diatasi dengan teknik-teknik tertentu. Mengenai obat-obatan yang diberikan umumnya tidak akan berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas asi. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Ema Rahmawati
    Ema Rahmawati
    Siang dokter saya ingin bertanya,
    Proses kelahiran anak saya normal cuma anak saya lahir prematur dan asi saya tidak lancar.. sekarang asi saya kering,apakah ini dampak dari kelahiran normal yg belum waktu nya dok karena pertma lahir anak sy tdk langsg di susui asi tapi di beri sufor oleh suster RS dan asi pompa dr saya? terima kasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Ema, tidak semua persalinan prematur Asi keluar lama. Setelah persalinan normalnya hormon penghasil akan meningkat, jadi walau persalinan prematur, hal tersebut tidak berpengaruh besar. Yang menjadi masalah adalah bayi masih kecil sehingga reflek hisap belum baik, ini bisa mengurangi proses mneyusui, cara lain adalah Mama bisa memopa Asi dan memberikan Asi pompa tersebut kepada bayi jika tidak bisa menyusui secara langsung. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • enika asti moringtyas
    enika asti moringtyas
    Selamat siang dok...sewaktu sy hbs melahirkan sc di RS tempat sy lahiran baby sy lgsg diberi sufor,baru pada hari ke-3 sy bisa menyusui baby sy...rasanya ketika dihisap baby nusuk2 sampe rahim...dampaknya apa ya dok?
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama nika. Untuk masalah pemberian sufor tergantung dari kebijakan management rumah sakit. Rasa nyeri pada payudara saat bayi menyusui disebabkan oleh posisi dan perlekatan bayi yang kurang tepat. Sementara rasa ditusuk-tusuk di rahim itu adalah normal karena pada saat bayi menyusui akan dikeluarkan hormon oksitosin lebih banyak yang berdampak pada meningkatnya kontraksi rahim. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Dwi Susanda
    Dwi Susanda
    Siang Dok..
    saya mau bertanya apakah perbedaan dampak melahirkan secara normal ataupun caesar baik kepada ibu ataupun anak?
    bagaimana cara meminimalisir dampak dari persalinan baik secara normal ataupun caesar?
    terimakasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Nanda Dwi, Teknik persalinan tidak mempengaruhi Asi, banyak atau tidak asi dipengaruhi oleh : kenaikan kadar hormon oksitosin dan prolaktin yang memperoduksi Asi pasca persalinan, Inisiasi menyusi dini (IMD) mempengaruhi 80 % produksi Asi, semakin mama sering menyusui bayi ( Rawat gabung) produksi akan semakin cepat dan banyak. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • ika dewi purwanti
    ika dewi purwanti
    Slmt siang dkter..
    Dok, sy bumil usia 7 blan dan sy di diagnosa plasenta praevia dan divonis untk SC. Sedangkn sy ingin baby sy nti mndptkan Asi eksklusif. Setahu sy dmpk operasi SC mnyebbkan Asi tdk kluar krena trkena dmpak obat anastesi.. Apkah itu bnar dkter?? Dan bgaimna cr mngatasiny? Sy ingin byi sy mndptkn yg terbaik. Trima ksih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Ika, tidak benar obat anastesi bisa menyebabkan Asi lambat keluar, terutama operasi dengan spinal. Tetap lakukan IMD pada saat secar, menyusui sedini dan sesering mungkin dan lakukan rawat gabung. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Andi Anggi Ningtyas
    Andi Anggi Ningtyas
    Selamat siang dr Febriansyah Darus, SpOG saya mau bertanya 6 bln sya melahirkan secara normal dan asi sya awalnya keluar sedikit tapi karena dibantu pompa dan minum obat extra daun katuk asi keluar lancar sedangkan adik sy yg melahirkan cesar asinya tidak keluar sama sekali padahal sudah segala cara dicoba masih tidak keluar, apakah berbahaya dok apabila ASI tidak keluar? Apa benar bisa menyebabkan kanker payudara dok? Kira2 upaya apalagi yang harus dilakukan agar Adik sy bisa menyusui anaknya yg baru lahir usia sekitar 2 minggu karena minum sufor tidak cocok. Terimakasih dokter :)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Anggi.
      1. Keluarnya produksi asi dipengaruhi oleh kenaikan kadar hormon oksitosin dan prolaktin yang memperoduksi Asi pasca persalinan, Inisiasi menyusi dini (IMD) mempengaruhi 80 % produksi Asi dan Semakin Mama sering menyusui bayi ( Rawat gabung) produksi akan semakin cepat dan banyak. 
      2. Menurut penelitian menyusui menurunkan kejadian kanker payudara
      3. Sebaiknya ajak adik Mama berkonsultasi langsung ke klinik laktasi yang terdekat sehingga bisa dicari tahu penyebab ternyata asi tidak keluar.
      Semoga membantu ya Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • N.nurhayati
    N.nurhayati
    siang dok, saya mengajukan beberapa pertanyan
    1. cara persalinan normal atau sesar mempengaruhi produksi asi tidak?
    2. apakah dengan melahirkan sesar bisa melakukan IMD (inisiasi menyusui dini), setau saya imd penting untuk keberhasilan ASI ekskusif?
    3. berbedakah posisi menyusui pasca persalinan sesar dengan persalinan normal karnakan ada luka bekas oprasinya dok?
    4. apaakah ada pengaruh obat bius sewaktu oprasi sesar dengan keluarnya ASI pertama?
    5. diperlukan tidak pemijatan payudara untuk melancarkan ke luarnya asi?
    terimakasih ya dok sebelumnya
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama neng..
      1. Tidak ada perbedaan
      2. IMD Tetap bisa dilakukan walau proses persalinan secara secar
      3. perbedan posisi hanya pada 24 jam pertama pasca operasi selebihnya sama, tetapi Mama harus mengurangi tekanan pada perut bekas operasi.
      4. Tidak ada pengaruhnya, karena umumnya dilakukan disecara spinal.
      5. Boleh-boleh saja. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • vebby melia
    vebby melia
    Selamat siang dok :)
    Apakah ada perbedaan proses pengeluaran ASI pada persalinan normal dan cecar? Krn pada persalinan normal terdapat IMD (inisisasi menyusui dini) yg bs mendukung pengeluaran asi dan refleks bayi, ??p????? bagaimana dengan persalinan caesar dok?
    Selain itu, makanan apa saja ?ยช?? mendukung kualitas dan kuantitas ASI semakin baik?
    Sekian pertanyaan sy, terima kasih dokter...
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Siang Mama vebby. Tidak ada bedanya. Proses IMD tetap bisa dilakukan pada proses operasi caesar dan tidak ada hambatan selagi kondisi bayi bugar dan Mama sadar saat operasi dilakukan serta dokter anak dan dokter kandungannya bersedia untuk melakukan IMD. Yang mendukun kualitas asi adalah kondisi cairan dan kualitas konsumsi makanan Mama sehari-hari. Semoga membantu ya Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • nita cadiyanti
    nita cadiyanti
    Selamat siang dok. Saya mau bertanya apakah jika melakukan persalinan secara cesar berdampak pada macetnya asi? Dan apakah sebaliknya dg persalinan normal? Asi bs lancar. Sebab dari pengalaman teman saya banyak yg mengalami asi tdk keluar stlh cesar.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama nitache, lancar atau tidaknya asi tidak di pengaruhi oleh proses persalinan. yang lebih mempengaruhi adalah :
      1, kenaikan kadar hormon oksitosin dan prolaktin yang memperoduksi Asi pasca persalinan
      2. Inisiasi menyusi dini (IMD) mempengaruhi 80 % produksi Asi
      3. semakin mama sering menyusui bayi ( Rawat gabung) produksi akan semakin cepat dan banyak. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • merynda maulidia lovandini
    merynda maulidia lovandini
    siang dokter, saya ingin bertanya. saya sedang menyusui dan baby saya berusia 7bln.Ada kalanya baby saya menyusui dengan posisi tengkurap diatas tubuh saya seperti imd, sehingga perut bekas jahitan sc tertekan. Kira2 bisa menimbulkan masalah tidak dok ?. karena anak saya sudah aktif guling2 ga bisa diem
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Merinda, tidak berpengatuh apa-apa, selagi Mama nyaman dengan posisi tersebut. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.