Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Dampak Persalinan Normal atau Cesar pada Masa Menyusui, Berbedakah?

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • sri lestari
    sri lestari
    Slamat siang dok,sy mlhrkn cecar 22bln yg lalu,sy lgsg ingin menyusui putri saya tp suster tdk mengijinkn,trus dksh sufor dlu,tp Alhamdulillah d hari berikutnya sy mlai menyusui mskpn asi msh sdkt,sy dgr bayi bs thn 24jam stlh lhr tnpa d beri apapun krna cadangan mknnnya msh ckp,apakah itu benar? Saat menyusui kdg perut sy nyeri apakah itu krna jahitan d rahim atw apa y dok? Trima kasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Sri,
      Menurut penelitian bayi bisa bertahan selama 3 hari tanpa makan dan minum, tetapi harus diperhatikan kondisi klinis bayinya sendiri karena hal itu tidak sama. Saat menyusui perut suka nyeri adalah hal normal karena adanya kontraksi rahim saat menyusui. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Mike Septianti
    Mike Septianti
    Siang dok,saya melahirkan secara normal,asi saya lancar dan bisa langsung menyusui stelah melahirkan,tp 1minggu stlh melahirkan saya mengalami sembelit trkadang suka menahan bab karna sakit jahitan pd saat melahirkan,yg ingin saya tanyakan.Apakah persalinan normal berdampak ambeyen,atw memang karna kurangnya asupan serat dan persalinan cesar jg bisa mengalami sembelit yg berdampak ambeyen ?
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Mike, Semua proses persalinan memiliki resiko ambeyen. Mama bisa perbanyak konsumsi serat dan air putih. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • dayu
    dayu
    Selamat siang dokter, saya ingin bertanya dok benarkah setelah menjalani oprasi cecar tidak boleh memberikan Asi pada si kecil?kalau iya kenapa dokter? Bukankah asi pertama yang keluar itu merupakan imun untuk sikecil? Kemudian dokter saya juga ingin berranya obat-obatan yang dikonsumsi ibu yg melahirkan cecar sangat banyak apakah ini tidak mempengaruhi kualitas Asinya? Dan bagaimana posisi pemberuan asi yang disarankan untuk ibu yg melahirkan cecar mengingat jaitan diperut tidak dapat sembuh dalam hitungan hari? Terima kasih sebelumnya salam
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Dayu, Operasi caesar:
      1. tidak menghalangi untuk pemberian asi
      2. tidak ada perbedaan antara asi melahirkan dengan cara caesar atau normal
      3. tidak ada pengaruh obat-obatan anastesi terhadap kualitas asi
      4. 24 jam pertama Mama hanya bisa posisi miring karena tidak bisa duduk dan berdiri. Selanjutya setelah Mama bisa duduk dan berdiri untuk posisi menyusui sama, hanya saja Mama harus memperhatikan bekas luka operasi untuk mengurangi rasa nyeri.
      Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • fitri asriana
    fitri asriana
    selamat siang dokter...
    3 bulan yang lalu saya melahirkan secara cecar, saya juga memberikan asi ekslusif untuk anak saya.. sampai saat ini dibagian perut saya masih terasa sedikit perih setiap diraba, dan tidak jarang kena tendangan anak saya.. hehe, apakah rasa perih itu normal atau ada pengaruhnya krn menyusui ya?? pemulihan cecar itu normalnya berapa bulan ya dok, dgn kondisi kita menyusui ekslusif? mohon sarannya ya dok agar saya bisa ngasi 2 tahun dan kondisi cecar saya juga bisa cepat pulih.. trimakasih dokter :)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Fitri, Nyeri bukan disebabkan karena meyusui, namun karena proses penyembuhan yang belum sempurna. Umumnya setelah nipas luka didalam rahim akan sembuh, karena rahim sudah mengecil kembali, sementara luka disayaran perut benar-benar pulih 2-3 bulan, agar lebih cepat pulih perbanyak konsumsi protein.Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Endang Pratiwiningsih
    Endang Pratiwiningsih
    Selamat siang dok. Saya sedang melakukan program hamil untuk yang kedua, anak saya yang pertama itu lahir normal.tetapi saya mengalami pendarahan hebat,oleh karena itusaya berencana untuk cecar,karena saya trauma dengan kelahiran anak pertama saya. Yang saya tanyakan,apakah nanti kalau saya lahiran dengan cecar mempengaruhi produksi asi. Mohon solusinya dokter. Terimakasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Endang, persalinan secara caesar tidak akan mempengaruhi produksi asi Mama. Yang menjadi permasalahan pada caesar adalah Mama harus menyesuaikan diri dengan posisi tertentu dalam menyusui terutama di 24 jam pertama karena Mama tidak boleh duduk atau berdiri (anastesi lokal/spinal). Tetapi setelah 24 jam pertama dimana Mama sudah bisa duduk dan berdiri sebenarnya permasalah menyusui sama dengan persalinan normal. Hanya kadang-kadang bedanya Mama harus melindungi perut dari tekanan untuk mengurangi rasa nyeri. Semoga membantu ya Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • fitri angun hadi
    fitri angun hadi
    Siang dok, senang bisa konsultasi gratis sama ahlinya.. saya ibu yang masih menyusui. Melahirkan normal. Yang saya tanyakan :
    1. Apakah produksi ASI berbeda antara melahirkan normal dan Caesar?
    2. Bagaimana agar produksi ASI tetap banyak di usia bayi diatas 1 tahun?
    3. Pada masa menyusui, bolehkan kita mengkonsumsi jamu agar produksi ASI lancar ?
    Mohon informasinya yah dok. Terimakasih?!
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Fitri
      1. Tidak berbeda
      2. Dengan cara meningkatkan caran (Airputih) dan kualitas makanan Mama, serta harus sering menyusui atau mengosongkan payudara sesering mungkin.
      3. Untuk meningkatkan produksi Asi Mama bisa menggunakan obat-obatan booster Asi atau obat-obatan yang bisa meningkatkan Asi. Semoga membantu :)

    • fitri angun hadi
      fitri angun hadi
      terimaksih dokter informasinya
    • Live Chat sudah selesai.

  • linda puspita
    linda puspita
    siang dok, saya ibu menyusui 27 tahun. saya lahiran normal dg induksi.
    begitu anak saya lahir saya langsung imd. tidak ada colostrum selama 2 hari dan terus saya tunggu. sekarang anak saya sudah 10 bulan. berat badan cenderung kurang dari standar. apa ada hubunganya dg tidak keluarnya colostrum itu fok? terima kasih.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Linda, kolostrum adalah asi pertama yang keluar dengan kandungan imunitas yang tinggi. Keluarnya kolostrum atau asi pada setiap orang berbede-beda, tergantung dari kadar hormonal, kontak sedini mungkin dengan asi dan faktor psikologis Mama. Mengenai berat badan yang kurang dari standar pada usia 10 bulan harus dicermati dan dicari tahu penyebabnya. Apakah karena asupannya yang kurang atau ada penyebab-penyabab lainnya. Untuk masalah si kecil sebaiknya konsultasikan langsung ke dokter anak. Semoga membantu ya Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • erniati bernadetta pardosi
    erniati bernadetta pardosi
    siang dok, saya mau tanya kalau melahirkan secara secar kapan asi mulai keluar (colestrumnya) karena saya baru menyusui anak saya setelah 3 hari kelahiran secara secar..hari pertama dan ke 2 dikasih sufor oleh pihak RS . dan apakah pas saya menyusui hari ke 3 itu anak saya mendapatkan colestrum yah atau sudah ASI saja? pada saat menyusui pertama kali itupun tidak deras atau tidak banyak ASI saya apakah karena cara persalinannya? terimakasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama erni pardosi, yang dimaksud dengan kolostrum adalah asi yang pertama kali keluar. Keluarnya Asi pada setiap orang berbeda-beda, ada yang pada saat hamil, saat bayi lahir, ada juga yang beberapa hari setelah persalinan dan hal ini normal tidak sama setiap Mama. Sebenarnya 3 hari pertama bayi tidak harus menyusu dengan jumlah yang banyak, karena cadangan makanan masih cukup untuk 3 hari, kecuali pada kondisi-kondisi tertentu berdasarkan pengamatan dokter. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • aini yuniati
    aini yuniati
    Selamat siang dokter....
    Dok apakah benar katanya cairan ASI datangnya lebih lambat pasca operasi cesar? Bahkan bayi yg lahir lewat operasi cesar katanya memerlukan waktu yg lama untuk mendapat berat badan ideal, betulkah seperti itu dok? Terimakasih sebelumnya :)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama uni, Teknik persalinan tidak mempengaruhi Asi, banyak atau tidak asi dipengaruhi oleh : kenaikan kadar hormon oksitosin dan prolaktin yang memperoduksi Asi pasca persalinan, Inisiasi menyusi dini (IMD) mempengaruhi 80 % produksi Asi, semakin mama sering menyusui bayi ( Rawat gabung) produksi akan semakin cepat dan banyak. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • ayu wandia
    ayu wandia
    Siang dokter, saya ingin bertanya .Apakah kualitas air susu yang dihasilkan oleh ibu yang melahirkan secara normal lebih baik atau lebih banyak dibandingkan dengan ibuu yg melahirkan secara cecar? Mohon info'a dok, terima ksiih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Ayu, Teknik persalinan tidak mempengaruhi Asi, banyak atau tidak asi dipengaruhi oleh : kenaikan kadar hormon oksitosin dan prolaktin yang memperoduksi Asi pasca persalinan, Inisiasi menyusi dini (IMD) mempengaruhi 80 % produksi Asi, semakin mama sering menyusui bayi ( Rawat gabung) produksi akan semakin cepat dan banyak. Semoga membantu :)

    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Ayu.
      Tidak ada perbedaan kualitas asi antara lahir caesar atu normal. Perbedaannya adalah ketika Mama melahirkan caesar harus memperhatikan posisi menyusui untuk mengurangi rasa nyeri. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.