Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Dampak Persalinan Normal atau Cesar pada Masa Menyusui, Berbedakah?

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • kurnia amelia
    kurnia amelia
    Selamat siang dokter senang sekali akhirnya bisa ikut livechat.
    Saya ingin bertanya
    1.Apa kualitas ASI pada ibu yang melahirkan normal dan melahirkan sesar berbeda?
    2.Anak pertama saya melahirkan normal dan kedua cesar kenapa ya dok bekas operasi kadang masih terasa sakit setelah 4th?
    3.Apa benar klo anak yg melahirkan normal akan lebih cerdas drpd anak yg melahirkan cesar?
    4.Setelah melahirkan cesar sebaiknya posisi yang bagai mana agar bisa menyusui dengan maksimal?
    Terimakasih dok.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Amelia.
      1. Tidak berbeda.
      2. Nyeri pada bekas operasi bisa disebabkan karena gangguan otot atau proses penyembuhan luka.
      3. Menurut penelitian bayi yang dilahirkan secara normal lebih baik dari bayi secara sesar
      4. 24 jam pertama Mama hanya bisa posisi miring karena tidak bisa duduk dan berdiri. Selanjutya setelah Mama bisa duduk dan berdiri untuk posisi menyusui sama, hanya saja Mama harus memperhatikan bekas luka operasi untuk mengurangi rasa nyeri.
      Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Bunda LioneldanLary Simangunsong
    Bunda LioneldanLary Simangunsong
    Siang dok, sy 9 bln yg lalu melakukan persalinan normal, sekarang sy sedang menyusui, apakah boleh sy melakukan rencana kehamilan? Brp lama jarak kehamilan yg baik?
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Mama Bunda, Boleh-boleh saja Mama hamil saat menyusui.  Untuk jarak kehamilan selanjutnya tergantung kemampuan dan kesiapan Mama dan suami :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Phintiey Rian Muhammad Ramdhan
    Phintiey Rian Muhammad Ramdhan
    Selamat siang DR.Febriansyah,,saya ibu dr 3org anak,,Alhamdulillah semua persalinan Normal tidak ada yg Cesar,,tp saya ingin tahu saja dampak dr melahirkan normal dan cesar pada saat menyusui,,yg lbh baik yg mana ya dokter? apa perbedaan dr dampak yg di dpt dr melhirkan normal dan cesar saat menyusui,,apa akan berpengaruh pada Kualitas Asi atau bagaimana ya dokter? krn kan klo cesar di haruskan meminum obt2an agar cpt pulih kembali,,apa itu berdampak pada kualitas asi saat menyusi,,apa sebaik nya yg hrs di lakukan stlh melahirkan baik secara normal mau pun cesar agar kuliatas asi saat menyusi ttp baik,,termakasih dokter
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Phintiey.
      Teknik persalinan tidak akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas asi. Dampak persalinan terhadap asi pun tidak ada perbedaan. Pada Mama yang melahirkan secara operasi hanya terbatas pada gerakannya karena adanya luka operasi sehingga kadang-kadang hal ini mempengaruhi proses menyusui. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Intan Minofa
    Intan Minofa
    Mau nanya dok.
    1. Sebenarnya cepat atau tidaknya keluar ASI colostrum ada hubungannya tidak dengan jenis persalinan? Misal pd persalinan normal lebih cepat dibanding SC.
    2. Beberapa saudara saya yg SC tapi gak banyak bahkan gak ada ASI nya. Itu bagaimana dok? Terimakasih banyak dok.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Intan, Teknik persalinan tidak mempengaruhi Asi, banyak atau tidak asi dipengaruhi oleh : kenaikan kadar hormon oksitosin dan prolaktin yang memperoduksi Asi pasca persalinan, Inisiasi menyusi dini (IMD) mempengaruhi 80 % produksi Asi, semakin mama sering menyusui bayi ( Rawat gabung) produksi akan semakin cepat dan banyak. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Winarni
    Winarni
    Selamat siang dok,
    Ini memang bukan terjadi pada diri saya tetapi terjadi pada teman saya, saat Melahirkan anak pertama secara normal Dan ia berhasil menyusui dengan asi yg lancar dan melimpah hingga usia 2 tahun. Tetapi tidak pada kelahiran Anak kedua yg persalinannya secar, Asi yg dihasilkan lebih sedikit, dan kurang lancar, tidak berlimpah seperti dia lahir normal. Apakah Asi yg diproduksi berbeda? Lebih baik manakah Asi yg diproduksi melalui persalinan normal ataukah secar? Terima kasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Wiwin. Tidak ada perbedaan poduksi asi baik pada kelahiran normal maupun caesar tetapi dipengaruhi oleh kenaikan kadar hormon oksitosin dan prolaktin yang memproduksi Asi pasca persalinan, Inisiasi menyusi dini (IMD) mempengaruhi 80 % produksi Asi dan Semakin Mama sering menyusui bayi ( Rawat gabung) produksi akan semakin cepat dan banyak. Mungkin faktor yang menyebabkan asi tidak melimpah pada persalinan kedua karena Mama tidak menyusui bayi/meneteki bayi sesering mungkin yang disebabkan karena rasa takut Mama terhadap luka operasi yang membatasi mobilitas atau gerak Mama. Sebenarnya hal itu tidak perlu terjadi karena riwayat anak pertama Mama berhasil menyusui dengan baik, Yang kedua proses operasi itu sendiri tidak akan mengurangi kualitas dan kuantitas asi, harus dicari tahu faktor penyebabnya bisa disebabkan karena faktor perlekatan yang kurang baik sehingga bayi kurang mau netek. Sehingga si kecil jarang menyusui dan Mama jarang mengosongkan payudara maka produksi asi juga akan menurun. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Bunda Rara Mika
    Bunda Rara Mika
    Selamat siang dokter.
    Dokter saya ingin bertanya benarkah proses penyembuhan kelahiran cecar lebih lama dari pada kelahiran normal? Dan benarkah bayi yang terlahir normal ketahanan fisik atau imunnya lebih kuat ketimbang bayi yang terlahir dengan oprasi cecar? Kalau benar kenapa bisa seperti itu dokter? Terimakasih sebelumnya salam
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Mama Bunda, Benar ketahanan tubuh bayi yang normal lebih kuat, karena proses bayi harus keluar melalui vagina ibu, dan menelan kuman-kuman normal pada vagina ibu, sehingga bisa kebal terhadap penyakit. Tentu saja prosea persalinan secar penyembuhannya lebih lama. Semoga membantu ya Mama :)

       

    • Live Chat sudah selesai.

  • siti muliati
    siti muliati
    Siang dok, saya seorang ibu menyusui dan melahirkan secara normal. Yg ingin sy tanyakan yaitu:
    1. kenapa ya setiap HB dgn suami terasa sakit, apa itu dampak persalinan normal dan jahitan?
    2. Benarkah ibu yg habis melahirkan normal harus diurut perutnya agar peranakan tidak turun?
    3. Benarkah ibu yg menyusui jika melakukan HB dgn suami produksi ASI menurun?
    Trims untuk jawabannya dok.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Siti, nyeri saaat HB mungkin disebabkan oleh,
      1. Proses penyembuhan luka oleh jalan lahir belum sempurna, Mama yang terlalu tegang dan takut berhubungan menyebabkan produksi cairan vagina berkurang dan Terlalu cepat melakukan penetrasi sementara cairan vagina belum dapat diproduksi. 2. Tidak benar. Mama tidak perlu mengurut perut karena akan kembali normal pada waktunya. 3. Tidak benar, itu hanya mitos belaka. Semoga dapat membantu ya Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • theresia chandra nugraheni
    theresia chandra nugraheni
    Hallo Dokter Febriansyah, apakah benar jika Ibu yang melahirkan secara Caesar ASI yang keluar di minggu pertama sejak melahirkan tidak baik diberikan kepada Bayinya karena ASInya mengandung obat2an penghilang rasa sakit pasca sectio? Mohon info ya Dokter. Terimakasih.

    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama theresia chandra, itu hanya mitos belaka dan tidak benar sama sekali. Semoga membantu ya Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • frida santi
    frida santi
    Siang dr. Ferdiansyah Darus, SpOG.
    Sy melahirkan scra nOrmal pada tgl 01 november 2014, tp ASI sy tidak langsung keluar, jadi tdk bisa menyusui dini ke anak. Nah setelah 4hari melahirkan baru keluar ASI sy.
    Sedangkan tante sy sudah melahirkan 4kali dan itu semua secara cesar, tpi setelah operasi cesar itU ASInya langsung keluar lancar pula.
    Nah..dok yg saya mau tanyakan ada perbedaankah keluarnya ASI terSebut dari dampak melahirkan secara nOrmal ataupun secara Cesar ?
    TerimakasiH dr. Ferdiansyah Darus, SpOG..({})
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hai Mama Frida,

      yang dimaksud dengan keberhasilan dalam IMD bukan pada berhasil atau tidaknya bayi untuk menete pada puting ibunya tetapi adalah waktu satu jam pertama pasca bersalin itu akan meningkatkan bonding, rasa percaya diri bayi, dan meningkatkan imunitas bayi, jadi bukan dinilai pada berhasil tidak nya menyusui bayi di satu jam pertama.
      Cepat atau lambatnya asi keuluar bukan dipengaruhi oleh proses persalinan tetapi dipengaruhi oleh kadar hormon yang memproduksi asi (oksitosin dan prolakting). Hal ini tidak sama pada tiap orang. Yang penting adalah semakin dini dan semakin sering menyusui serta semakin intens mama kontak dengan bayi maka produksi asi mama akan semakin banyak dan cepat keluar. Semoga membantu :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Diyah puput permanasiwi
    Diyah puput permanasiwi
    Siang dokter...
    Senang sekali bs berkesempatan bertanya dg dokter. Saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan, antara lain :
    1. Apa perbedaan yg tjd scr fisik & psikis pasca melahirkan normal dan sesar?
    2. Apakah keduanya dapat mempengaruhi keadaan bayi ( misal : pemberian asi, suhu bayi dll)
    3. Manakah kondisi yg lebih parah diantara keduanya ( yg lbh membutuhkan penanganan)
    4. Bagaimana peran keluarga thd masalah yg dialami ibu pasca mlhrkn normal dan sesar? Berbedakah?
    5. Sering saya menjumpai ibu pasca mlhrkn scr sesar, mengkonsumsi obat "cina" tanpa resep dokter dg alasan spy luka cpt smbuh, berbahayakah? Apa dampaknya dokter?
    Jawaban dokter sgt kami tunggu, terimakasih dok...
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Siang Mama Puput.
      1. Perbedaannya adalah pada operasi Mama tidak bisa langsung mobilisasi seperti biasa. Ada proses perawatan luka yang harus diperhatikan pada persalinan operasi. Yang lain sama tidak ada perbedaan.
      2. Tidak, tetapi pada tindakan operasi caesar pada saat melakukan tindakan IMD di dalam kamar operasi harus memperhatikan suhu tubuh bayi, beda dengan persalinan normal dimana suhu ruangan tidak terlalu dingin.
      3. Yang memerlukan penanganan lebih khusus adalah tindakan operasi.
      4. Peran keluarga hampir sama, bedanya adalah pada bekas operasi pasien tidak bisa langsung mobilisasi sehinga hal ini memmerlukan bantuan dari suami atau keluarga untuk aktivitas sehari-hari dalam waktu 1-3 hari pasca operasi.
      5. Mohon maaf saya tidak bisa menjawab karena saya tidak mengetahui secara detail isi dari obat cina yang Mama maksud.
      Semoga membantu ya Ma :)

    • Diyah puput permanasiwi
      Diyah puput permanasiwi
      Terima kasih dokter atas pencerahannya...
    • Live Chat sudah selesai.