Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Dampak Persalinan Normal atau Cesar pada Masa Menyusui, Berbedakah?

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Rika Dwi Aulia
    Rika Dwi Aulia
    Selamat siang Dr Febriansyah. Apakah persalinan cecar berdampak pada produksi ASI?
    dan Posisi seperti apa yang disarankan untuk ibu menyusui dengan persalinan cecar?Terima kasih dokter :)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hai Mama Rika,

      persalinan sesar tidak akan berdampak pada produksi asi. Dalam 24 jam pertama pasca operasi mama bisa menyusui dengan posisi miring ke kiri atau ke kanan selanjutnya setelah mama bisa duduk atau berdiri posisi menyusui sama seperti posisi menyusui pada umumnya. Mungkin yang mama harus perhatikan adalah mengurangi tekanan pada perut sehingga mengurangi nyeri hal ini bisa dilakukan dengan memangku bayi dengan dilapisi bantal. Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Mawar fitria
    Mawar fitria
    Selamat siang Dokter Febriansyah, saya ibu rumah tangga, usia 33 tahun. Pertanyaan saya adalah:
    1. Apakah beda dampak persalinan normal dengan cecar terhadap kualitas dan kuantitas ASI? Apakah akan sama mutunya? Dan apakah Zat imun pada awal ASI tetap sama?
    2. Setelah melahirkan normal, biasanya para ibu suka minum jamu. Apakah itu akan mempengaruhi kandungan ASI?
    3. Setelah melahirkan cecar, para ibu banyak minum obat2an untuk penyembuhan luka, apakah berpengaruh besar terhadap kualitas ASI?
    4. Bagaimana solusinya, jika setelah melahirkan baik normal atau cecar, ASI tidak mau keluar hingga beberapa minggu kedepan?
    5. Benarkah massage atau terapi pijat pada payudara, dapat memperlancar ASI, baik normal ataupun cecar? menu khusus apa yang sangat baik untuk para ibu menyusui, agar ASI banyak dan lancar, selain tentunya minum Lactamil?
    Demikianlah Dok, terima kasih atas penjelasannya.
    Selamat siang.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama MawarFitria,
      1. Tidak ada perbedaan kualitas dan kuantitas asi pada persalinan normal atau operasi caesar.
      2. Sebaiknya hati-hati dalam konsumsi jamu setelah pasca salin karena bisa menyebabkan bayi alergi dan menjadi kuning, untuk itu harus mencermati dengan baik isi dan kandungan janmu yang Mama minum.
      3. Obat-obatan penyembuh luka (antibiotik dan penghilang sakit) yang digunakan dokter umumnya aman terhadap kualitas asi.
      4. Diawal-awal pasca bersalin kadang-kadang asi tidak langsung keluar, untuk itu pentingnya klinik laktasi sehingga Mama bisa memahami proses keluarnya asi tersebut sehingga belum lancanya asi di hari-hari pertama tidak akan membuat Mama menjadi khawatir. Intinya adalah rasa percaya diri Mama dan semakin dini dan semakin sering Mama menyusui maka produksi asi Mama akann semakin lancar dan cepat
      5. Masase payudara sebaiknya dilakukan hanya setelah bersalin hal ini untuk membantu supaya asi lancar keluarnya dan lebih banyak. Untuk menjaga kualitas asi yang baik adalah dengan memperhatikan asupan cairan (air putih) serta komposisi gizi dari makanan yang Mama konsumsi sehari-hari.
      Semoga dapat membantu ya Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • endar dwi agustien
    endar dwi agustien
    Siang dok. nama saya Endar, setahun lalu saya melahirkan bayi kembar prematur secara sesar dengan BB 1,5kl dan 1,6kl. yang mau saya tanyakan apakah melahirkan scr sesar berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas ASi saya? krn menurut beberapa teman saya yg sdh berpengalaman melahirkan scra sesar, ASi hanya keluar antara 2-3bulan. Sedangkan pd saya ASI br keluar seminggu setelah operasi dan alhamdulillah masih bisa menyusui hingga sekarang. Namun anak saya usia 16 bln BB hanya 8kilo dan 10kiloan. apakah itu karena kualitas ASI saya yg kurang dok padahal anak saya jg makannya lahap?
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Endar, Persalinan secar tidak berpengaruh pada kualiatas Asi. Pada Mama yang melahirkan prematur, produksi lambat keluar, butuh 2-3 hari bahkan seminggu untuk asi lancar. Walau demikian, ada beberapa hal yang bisa melancarkan Asi.
      1. dengan obat yang merangasng Asi
      2. Merangsang produksi Asi dengan memompa atau lakukan pijatan parudara, karena umumnya bayi belum bisa menghisap karena reflek yang belum baik.
      3. untuk berat bayi Mama bisa konsultasikan ke dokter anak atau ahlinya. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Mama Care Lactamil
    Mama Care Lactamil

    Selamat siang Mama, Live Chat bersama dr. Febriansyah Darus Sp.OG sudah dimulai ya. Ajukan pertanyaan Mama sesuai topik hari ini. Bagi 10 pertanyaan menarik akan mendapat paket eksklusif dari Mama Care dan dr. Febriansyah Darus Sp.OG :)

    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Siti Rosyana
    Siti Rosyana
    Sehari setelah melahirkan saya sudah bisa menyusui bayi saya (ASI lancar dan bayi bs menghisap dg baik). Sementara kakak saya harus menunggu hampir 7 hari baru ASInya keluar. Apa benar hal tsb dikarenakan saya melahirkan secara normal dan kakak melahirkan secara caesar atau karena hal lain?
    Terima kasih.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Rosy, Tidak benar, cepat atau lambatnya keluar Asi dipengaruhi oleh
      1, kenaikan kadar hormon oksitosin dan prolaktin yang memperoduksi Asi pasca persalinan
      2. Inisiasi menyusi dini (IMD) mempengaruhi 80 % produksi Asi
      3. semakin mama sering menyusui bayi ( Rawat gabung) produksi akan semakin cepat dan banyak. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • nuryanni
    nuryanni
    Selamat siang Dokter,
    Apakah ada perbedaan untuk cepat atau lambatnya keluar ASI antar persalinan normal dengan secara cecar ?
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama yanni mamanya nadine, tidak ada perbedaan, antara proses persalinan normal atau secar. cepat atau lambatnya keluar Asi dipengaruhi oleh
      1, kenaikan kadar hormon oksitosin dan prolaktin yang memperoduksi Asi pasca persalinan
      2. Inisiasi menyusi dini (IMD) mempengaruhi 80 %
      3. semakin mama sering menyusui bayi ( Rawat gabung) produksi akan semakin cepat dan banyak. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • siti muliati
    siti muliati
    Siang dok, saya seorang ibu menyusui dan melahirkan secara normal. Yg ingin sy tanyakan yaitu:
    1. kenapa ya setiap HB dgn suami terasa sakit, apa itu dampak persalinan normal dan jahitan?
    2. Benarkah ibu yg habis melahirkan normal harus diurut perutnya agar peranakan tidak turun?
    3. Benarkah ibu yg menyusui jika melakukan HB dgn suami produksi ASI menurun?
    Trims untuk jawabannya dok.
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Puji Astuti
    Puji Astuti
    Siang dok,saya ibu 2 anak 4th dan 4bulan semua lahir secara normal masih Asi dan belum haid sampai sekarang,Yang ingin saya tanyakan apakah ibu yang melahirkan secara cecar juga mengalami seperti apa yang saya alami? Perlukah saya KB untuk menunda kehamilan berikutnya?dan apa saja dampak2 lain yang berbeda pada masa menyusui dr lahir normal atau cecar?
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama puji bunda nafisah, baik normal ataupun operasi caesar tidak akan mempengaruhi keberhasilan menyusui. Yang membedakan hanya kesulitan Mama pada 24 jam pasca melahirkan dimana pada pasien dengan operasi caesar harus menyesuaikan posisi tubuh untuk menyusui, tetapi setelah 24 jam pertama Mama sudah bisa menyusui. Untuk masalah kb setelah 3 bulan setelah pasca salin, walaupun Mama belum mendapatkan haid sebaiknya tetap menggunakan kontrasepsi jika belum menginginkan. Masalah haid yang belum timbul bukan disebabkan oleh proses persalinan tetapi lebih disebabkan oleh masalah hormonal yang belum kembali normal. Semoga membantu ya Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Enah Cicih Aisyah
    Enah Cicih Aisyah
    Selamat siang dokter febriansyah,
    dok, mengapa ibu yang melahirkan secara caesar mengalami kesulitan untuk melakukan tindakan inisiasi dini terhadap bayi ? apakah kegagalan inisiasi dini tersebut akan berpengaruh terhadap produksi ASI ? Dan tolong berikan tips menyusui untuk ibu yang melahirkan secara caesar agar bisa memberikan ASI ekslusif selama 6 bulan ?
    teriima kasih :)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Enah, Sebenarnya tidak ada hambatan berarti untuk IMD pada Mama yang operasi secar, pasien yang melakukan operasi cesar dapat melakukan IMD, dengan bantun dokter anak dan suster dan  selama operasi berlangsung. Selagi bayi dalam kondisi stabil, IMD masih bisa dilakukan. Permasalahan yang sering timbul pada ibu yang secar, adalah mengenai posisi tubuh saat menyusui terlebih 24 jam pertama, tetapi hal ini bisa diatasi dengan posisi miring, atau dengan bantuan tenaga medis lainnya. Sehingga proses menyusui bisa tetap dilakukan. Semoga membantu ya Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Farida Nurrizqi
    Farida Nurrizqi
    Siang dokter, saya sering sharing dengan teman2 sesama ibu2 yang kebanyakan melakukan proses persalinan dengan caesar & mereka mengatakan bahwa persalinan caesar lebih praktis & tidak sakit dibanding dengan persalinan normal. Persalinan caesar juga bisa memilih tanggal favorit & daerah kewanitaan tetap rapat, bebeda dengan bersalin secara normal. Benarkah seperti itu? Saya belum pernah bersalin secara caesar & persalinan pertama saya dengan cara normal. Terima kasih sebelumnya.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Didanung. Sebenernya proses yang paling baik adalah proses persalinan normal karena efek samping dan komplikasi yang diberikan lebih sedikit daripada operasi caesar dan mengenai daerah kewanitaan akan kembali lagi setelah masa nifas. Sebenarnya operasi caesar tidak harus dilakukan jika proses persalinan normal bisa dijalankan. Semoga dapat membantu ya Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.