Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Keluhan Selama Hamil dan Tips Mengatasinya

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • winda aisyah
    winda aisyah
    selamat siang dok...

    saya ingin bertanya pada usia kandungan trisemester awal mengalami kelelahan yg berlebihan...apakah ini efek dr kehamilan yg pertama ya dok? bagaimana mengatasi perubahan hormon yg drastis shg kondisi tubuh mengalami perubahan spt organ2 yg berkembang dg pesat dan nafsu makan yg menurun? terimakasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Winda_aisya Rasa lelah pada awal kehamilan di sebabkan karena metabolisme yang berubah akibat oleh kehamliannya sendiri Mama harus memotivasi diri Mama sedini untuk melawan rasa lelah tersebut dan memperhatikan asupan nutrisi dengan mengkonsumsi makan sehat dengan gizi seimbang dan minum susu untuk melengkapi kebutuhan gizi Mama. Semoga membantu ya Ma, :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Febi Reiski Yusyani
    Febi Reiski Yusyani
    Selamat siang dokter, saya mau tanya di awal kehamilan saya sering sekali muntah sampai usia kandungan 5bln dan akibatnya nutrisi sayur dan buah yang saya makan kurang untuk janin saya, sekarang kandungan saya sudah 39 minggu dan berat badan janin saya kurang serta hemoglobin saya rendah 8.6 apakah karena muntah parah di awal kehamilan itu penyebabnya dok walau setelah usia kandungan 5 bulan saya selalu makan sayur dan buah, minum susu lactamil 2x sehari, minum vit penambah darah dan bagaimana cara mengatasinya dok?
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus


      Selamat siang Mama Feby,selain mengkonsumsi suplemen zat besi tambahan, atur pola makan mama dengan makanan yang tinggi protein serta mengandung vitamin dan mineral yang baik (lauk,pauk,sayur dan buah). mengenai Hb yang 8,6, seharusnya sudah di lakukan terapi. umumnya akan si lakukan pemeriksaan kadar zat besi. jika kadar sat besinya kurang hal itu harus segera di terapi. Semoga membantu ya Mama :)

    • Febi Reiski Yusyani
      Febi Reiski Yusyani
      Terimakasih dokter atas jawabannya tapi sampai saat ini tidak ada tindakan apapun dari dokter ataupun bidan hanya menyarankan untuk minum vit dan obt penambah darah yg di berikan sedangkan saat ini bidan bilang saya sudah masuk pembukaan 1.
    • Live Chat sudah selesai.

  • Mei Frida
    Mei Frida
    Siang dok. ..
    Dok, pada Hamil trisemester pertama saya bawaannya sangat lemah, makan nasi tuch susah banget, asal makan bawaannya semakin mual...apa yang masuk keluar lagi, ,,sampai warna muntahnya kuning dok...kerja aja sampai diantar jemput saking lemahnya..waktu saya kedokter dikasih obat untuk hilangin muntah, tapi pas mau nebus diapotik malah disaranin sama apotekernya ngak usah, bisa ketergantungan katanya begitu dok, jadinya ngak jadi saya minum karena takut ada efek buruk buat calon bayinya, ,apa benar begitu dok? ,,kira2 tipsnya terbaik untuk hindari muntah mual itu apa ya dok? Dan apa boleh kita makan vitamin penambah nafsu makan selama kehamilan kah dok?
    Terima kasih dok atas waktunya....
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Mei frida, Saran saya sebaiknya Mama mengikuti anjuran dari dokter yang sudah memberikan resep bukan mengikuti saran orang apotik. Karena dokter yang memeriksa tentunya sudah mempertimbangkan baik buruknya, cara mengatasi mual dan muntah adalah dengn makan secara sedikit-sedikit tapuserin usahakan untuk makan dan minum walaupun muntah-muntah. Carilah makan-makanan yag bisa meningkatkan nafsu atau rasa ingin makan ( tetapi bukan makan yang tidak sehat ) jika mual tersebut masih berlangsung obat-obatan yang di berikan dokter tadi akan sangat membantu. Semoga membantu ya Ma, :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Yunitarini
    Yunitarini
    Selamat siang Dokter, usia saya 38 th, sedang hamil yang ke 3 anak ke 2. Saat ini kehamilan saya berumur 25 minggu. Yang akan saya tanyakan, mulai mggu ke 24 keluar seperti keputihan warna bening, tapi sejak hari Senin tgl 3 November vagina saya terasa gatal sangat di ujung luar vagina ( bukan di labia minora), keputihan tidak lagi bening tapi berwarna agak kekuningan tetapi tidak bau.Hari Selasa masih gatal. Rabu dan Kamis ini tidak gatal tetapi cairan yg keluar masih berwarna kekuningan. Apakah hal ini aman dokter? Saya tunggu jawaban dari Dokter, terima kasih sebelumnya :)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Ririn,yang mama alami adalah suatu kondisi keputihan yang sudah mengalami infeksi. lakukan pemeriksaan ke dokter segera untuk mendapatkan terapi yang sesuai. Semoga membantu ya mama :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • indah tyas
    indah tyas
    Siang dok.. Saya indah dg isia kehamilan 37 minggu,saya ingin bertanya,sy ngidam hal aneh pada kehamilan anak ke 2 ini,yaitu mencium aroma2 tehh,kopi bubuk,karbol,tembakau..rasanya kalo sy mencium bauk2 bisa enakk.. Berbahayakah dok,bila sy tetap meneruskan kebiasaan sy mencium aroma2 tersebut..
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama indah, selama mencium aroma yang tidak membahayakan seperti kopi, teh dan aroma lain yang tidak berbahan kimia boleh saja, karena jika mencium aroma yang berbahan kimia seperti karbol, rokok dll bisa mengganggu kesehatan Mama. Semoga membantu ya Ma, :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Sri Dewi Teti Sari
    Sri Dewi Teti Sari
    :: Selamat siang Dokter, saya ibu dari seorang putri, sekarang program kehamilan anak kedua, saya mengalami keluhan-keluhan selama hamil kemarin dan belum terlalu tahu cara-cara mengatasi keluhan-keluhan selama kehamilan,yang saya ingin tanyakan : - Bagaimana cara mengatasi keluhan-keluhan selama hamil seperti pre-eklamsia, merasakan tekanan diperut bagian bawah, gestasional diabetes, seranagan jantung, anemia, mulai dari nyeri punggung, pembengkakan di kaki, pica, darah membeku, dan sakit kepala ?.. - Pada usia kehamilan keberapa gejala mual dan muntah ( morning sickness ), tidak dirasakan lagi?.. Bagaimana jika keluhan morning sickness tersebut terus berlanjut sampai kehamilan berikutnya ?.. - Apakah keputihan selama kehamilan salah satu faktor keluhan selama hamil ?.. Bagaimana cara menanganinya ?.. - Apakah keluhan-keluhan kehamilan anak pertama akan sama pada kehamilan anak kedua ?.. - Saya pernah mendengar tentang ambivalen, Apakah yang dimaksud dengan ambivalen ?.. Cara menanganinya ?.. Terima kasih Sukses selalu .. ::
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Dewi,untuk menghindari pre eklamsi,
      1. pastikan kondisi kesehatan mama fit dengan cara berolah raga secara teratur dan mengkonsumsi makanan sehat secara seimbang.
      2. melakukan screening kesehatan secara lengkap untuk memastikan tidak adanya resiko diabetes, enamia dan penyakit jantung.
      3. melakukan olahraga dan peregangan secara teratur untuk mengurangi keluhan nyeri.
      4. seharusnya morning sicnes sudah menghilang pada kehamilan usia 12 minggu. jika terus berlangsung pastikan mama tidak memiliki gangguan pada lambung.jika ada obati dengan obat yang sesuai.tetap makan dan minum secara teratur, sedikit-sedikit tetapi sering.
      5. keputihan selama kehamilan, selagi tidak berwarna, tidak berbau dan tidak gatal, cukup bersihkan dengan sabun antiseptik untuk vagina.
      6. keluhan pada hamil pertama tidak selalu terjadi pada kehamilan berikutnya.
      7.ambivalen adalah gangguan pola berfikir, dimana selalu berubah, kadang a kadang b, mungkin yang mama maksud adalah ambien bukan ambivalen. kalau ambien itu adalah wasir, cara mengatasinya dengan minum air putih yang banyak dan makan makanan tinggi serat dari sayur dan buah. Semoga membantu ya Mama :)

       

    • Live Chat sudah selesai.

  • indah tyas
    indah tyas
    Selamat siang dok..saya indah usia saya 26th sedang menjalani hamil anak kedua sekarang sedang hamil 37week,HPHT 21 Feb dan HPL 27 November 2014,yg sy tanyakan,hamil anak kedua ini selakangan sampai tulang vagina,hingga perut bawah sering sakit bila setelah duduk berdiri,setelah tiduran,atau ketika memakai celana,kata bidannya karena bayi sudah masuk panggul,hal ini sy rasakan sejak kemailan 35 week,yg sy tanyakan apakah ini berbahaya bagi janin sy,krn rasanya sdh mau merosot si debaynya,apa yg sy lakukan agar nyeri berkurang. Terima kasih
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • isti faizah
    isti faizah
    selamat siang dokter...
    waktu melahirkan anak pertama saya secar..skrg saya hamil 5bln. yg ingin saya tanyakan
    - pd bekas jahitan operasi secar knp sering merasa nyeri ( spt ditusuk jarum )
    - perut bagian kanan bawah sering terasa kaku spt kram
    - apakah benar dg semakin bertambahnya usia kehamilan mk bekas jahitan bs terbuka/terlepas
    - apakah benar jg kl pada saat secar yg disebut orang sbg luka dalam adalah sayatan pd rahim ( utk mengeluarkan bayinya )
    - apakah saya bs melahirkan secara normal?? mengingat jarak kehamilan 2th
    terimakasih sebelumnya :)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama aiz,
      - rasa nyeri mungkin disebabkan oleh regangan otot rahim
      - hal ini dis ebabkan oleh regangan otot-otot rahim.
      - sebetulnya kemungkinan tersebut sangat kecil sekali.
      - benar luka dalam adalah luka pada sayatan rahim.
      - persalinan normal tetap bisa di lakukan dengan mempertimbangkan syarat-syarat dan kondisi pada saat persalinan berlangsung.
      Semoga membantu ya Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Yenni Kristiana
    Yenni Kristiana
    selamat siang Dokter, saat ini saya sedang hamil anak kedua usia 15minggu, tidak mengalami mual muntah, namun kenapa ya dok perut terasa begah sepanjang hari, nafas terasa pendek, dan sering terserang rasa kantuk hebat (pada kehamilan pertama baru dirasakan trimester 3) apakah itu normal ya dok?, bolehkah kita konsumsi teh kemasan untuk menghilangkan rasa asam/pahit di mulut saat hamil? dan apa benar jika pola makan teratur kita tidak perlu konsumsi susu khusus ibu hamil lagi?, trimakasih jawabannya dok
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Yenni, Rasa begah kemungkinan karena menngkatnya asam lambung. Untuk mengatasinya Mama bisa mengkonsumsi obat-obatan penurun asam lambung serta makan dan minum secar teratur ( tidak terlambat ). Konsumi susu hamil diperlukan untuk mencukupi kebthn nutrisi yang tidak di dapatkan dengan pola makan biasa. Semoga membantu ya Ma, :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • aini yuniati
    aini yuniati
    Selamat siang dr. Febriansyah :)
    Begini dokter, umumnya kan keluhan mual muntah pd ibu hamil trjadi pd trimester prtama khamilan, tp knp ya dok sy mngalami keluhan tsb saat masuk trimester 2 smpai awal trimester 3, apakah hal itu wajar dokter? Termakasih pnjelasannya :)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama aini, sebelumnya harus dipastikan apakah Mama mengidap gangguan asam lambung (gastritis) atau sakit maag. jika ada kemungkinan hal ini di sebabkan oleh penyakit tersebut. untuk mengatasinya, konsumsi makanan secara teratur,jika terus berlanjut hubungi dokter Mama. semoga membantu ya Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.