Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Kenali dan Cegah Preeklampsia

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • rahel
    rahel
    Siang dokter mau tanya sebenarnya preklamsia itu seperti apa, pada saat hamil hingga usia kandungan 9 bulan tensi darah saya normal namun pada saat mau melahirkan tiba2 tinggi apakah itu termasuk preklamsia karena saya harus melahirkan secara sesar, apakah sebenarnya faktor yang menyebabkan preklamsia adakah cara untuk mencegahnya ? untuk ibu hamil yang mengalami bengkak di kaki sebenarnya apa ya penyebabnya karena saya dan teman saya juga mengalami hal tersebut mungkin karena kita ibu bekerja yang setiap hari harus duduk lama padahal tekanan darah normal malah bisa di bilang saya tergolong darah rendah untuk mencegahnya bagaimana ya ? mohon informasinya
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang Mama Rahel, preeklampsia adalah suatu kondisi timbulnya hipertensi (tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg) pada usia kehamilan lebih dari 20 minggu disertai dengan keluhan-keluhan organ lainnya seperti nyeri kepala yang hebat, nyeri ulu hati, pandangan mata kabur, dan lain-lain. Faktor penyebabnya masih belum diketahui secara pasti sehingga penyakit ini disebut dengan the disease of theory. Bisa disebabkan dari faktor imunitas, faktor genetik, faktor infeksi dan faktor nutrisi. Pencegahannya dengan cara mengkonsumsi makanan dengan menu seimbang yang mencukupi kebutuhan mikro nutrisi seperti kalsium dan vitamin D, istirahat yang cukup dan menghindari faktor-faktor resiko seperti peningkatan berat badan yang berlebih saat kehamilan. Bengkak pada kaki hampir dialami sebagian besar ibu hamil. Hal ini disebabkan oleh terhalangnya aliran darah balik oleh rahim yang semakin membesar. Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Layla Fadillah Bilqis
    Layla Fadillah Bilqis
    Dokter apakah semua ibu hamil akan mengalami pre-eklamsia? Tekanan darah sy tergolong rendah, apakah tekanan darah rendah bisa juga mengalami pre-eklamsia? Dan apa saja kiat2 yg harus ibu hamil lakukan untuk menghimdar dari pre-eklamsia? Tp saya bersyukur setelah sy mengkonsumsi lactamil pregnasis sekarang tekanan darah saya berangsur normal. Terima kasih dokter dan lactamil.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Bisa saja terjadi preeklampsia karena hal tersebut tidak bisa diprediksi. Untuk mencegah preeklampsia, Mama bisa mencukupi kebutuhan mikronutrisi,seperti kebutuhan vitamin D dan kalsium. untuk emngindari faktor risiko, istirahat yang cukup, tidur 6-8 jam sehari. Semoga membantu ya, Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Novi Handayani
    Novi Handayani
    Selamat siang dok. Saat ini saya sedang hamil 5 bulan. Saya ingin bertanya,

    1. Apakah seseorang bisa di deteksi sejak dini jika ia akan mengalami preklampsia? Bagaimana tanda-tandanya? Dan bagaimana cara pencegahannya?



    2. Benarkah mengkonsumsi coklat saat hamil, bisa mencegah terjadinya preklampsia? Berapa batas wajar jumlah coklat yang sebaiknya di konsumsi ibu hamil.

    Terima kasih.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      1. Gejala awal yang harus dikenali untuk menghindari preeklampsia adalah misalnya kenaikan berat badan yang sangat drastis, nyeri kepala yang hebat, nyeri ulu hati, pandangan mata kabur dan lain-lain. Penceghannya dengan cara mengonsumsi makanan gizi seimbang, mencukupi kebutuhan kalsium selama kehamilan 1000-1500mg/hari, mencukupi kebutuhan vit D, istrirahat secara teratur, dan mengurangi faktor-faktor resiko



      2. Belum terbukti secara jelas bahwa bisa mencegah terjadinya preklampsia
    • Live Chat sudah selesai.

  • Wiwin W Kuswinarti
    Wiwin W Kuswinarti
    Saya ibu sg 2 anak (10 dan 15). Usia saya 41 tahun.Berat badan saya termasuk berlebih (Overweight). Padahal saya ingin menambah anak 1 lagi. Apakah saya beresiko terkena pre eklampsia?
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Mama Wiwin W Kuswinarti, preeklampsia bisa menyerang siapa saja dan pada usia kehamilan lebih dari 20 minggu terutama pada wanita-wanita dengan faktor resiko seperti kehamilan pertama, usia hamil lebih dari 40 tahun, ada riwayat preeklampsia dalam keluarga, memiliki riwayat penyakit hipertensi sebelum kehamilan, memiliki riwayat gangguan ginjal kronis, penyakit diabetes dan kehamilan kembar. Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Auliya Anisa
    Auliya Anisa
    selamat siang dok, ada yang bilang pre eklampsia itu bisa jadi bawaan si bayi. apakah itu benar dok?
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hai Mama Auliya Anisa, memang benar pendapat yang menyatakan penyebab pre eklamsi adalah kehamilannya sendiri yang di sebabkan oleh awal kehamilan terjadi. tetapi penyebab pastinya masih belum di ketahui. diduga berhubungan dengan ganguan imonolagi, genetik, infeksi dan nutrisi.Semoga membantu Mama :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • lia julianti
    lia julianti
    siang dok.

    saya mau tanya.apakah hipertensi bisa dipengaruhi oleh emosi?apa efek yang ditimbulkan terhadap janin yg dikandung?terima kasih.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hai Mama Lia juliati, emosi bisa memicu kenaikan hormon stres yang bisa saja menjadi pencetus kenaikan tensi, tetapi hal ini beum terbukti secara pasti. jika memang terjadi hipertensi pada kehamilan tentunya akan berpengaruh ke pertumbuhan bayi, misalnya pertubuhan bayi menjadi kecil dll.Semoga membantu Mama :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Swasti Ragasmara
    Swasti Ragasmara
    Saya hamil anak pertama,sekarang sudah masuk minggu ke 37,tekanan darah saya biasa nya 110/70,cenderung normal,apakah saya bisa terkena pre eklamsia?
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Bisa saja terjadi preeklampsia karena hal tersebut tidak bisa diprediksi. Semoga tidak terjadi ya, Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • saodah
    saodah
    Siang dok, apakah preklampsia adalah uterus yang menutupi jalan lahir?? Saya sedang hamil usia 19 minggu adakah gejala awal yang bisa dikenali sejak usia kehamilan trimester awal agar tidak terjadi hal tersebut??



    Atau adakah olahraga ringan yang bisa mencegah hal itu terjadi,

    terima kasih dok atas waktu dan jawabanya
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang Mama Saodah, preeklampsia adalah suatu kondisi dimana timbulnya hipertensi dan gejala-gejala gangguan fungsi hati, ginjal dan lain-lain yang terjadi pada usia kehamilan 20 minggu. Gejala awal yang harus dikenali untuk menghindari preeklampsia adalah misalnya kenaikan berat badan yang sangat drastis, nyeri kepala yang hebat, nyeri ulu hati, pandangan mata kabur dan lain-lain. Olahraga ringan bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan bisa mengurangi kejadian preeklampsia. Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Nani Susanti
    Nani Susanti
    Siang dok,, saya mau tanya..

    1. Selain hipertensi, gejala apa saja yg di alami bumil saat terkena pre-eklamsia & apa penyebabnya?

    2. Faktor apa yg bisa meningkatkan resiko bumil yg mengalami pre-eklamsia & apa efeknya pada janin/bayi?

    3. Bagaimana cara pencegahan & pengobatan penyakit pre'eklamsia?

    Terima kasih..
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      1.sampai saat ini tidak di ketahui secara pasti penyebab preeklamsi , diduga melibatkan faktor-faktor seperti imunutas, genetik, infeksi dan gangguan nutrisi.gejala2 yang bisa di timbulkan meliputi sakit kepala hebat, gangguan fungsi ginjal dan hati, gangguan proses pembekuan darah dan pertumbuhan bayi dan tidak optimal



      2. faktor yang bisa meningkatkan resiko preeklampsia adalah :ibu yang hamil pada usia lanjut lebih dari 40thn, memiliki riwayat hipoertensi, penyakit gula, penyait ginjal, kekentalan darah yang sudah di derita sebelum kehamilan.begitu juga dengan ibu yang mengalami kenaikan berat badan yang sangat drastis bisa meningkatkan terjadinya resiko preeklamsi



      3. Penceghannya dengan cara mengonsumsi makanan gizi seimbang, mencukupi kebutuhan kalsium selama kehamilan 1000-1500mg/hari, mencukupi kebutuhan vit D, istrirahat secara teratur, dan mengurangi faktor-faktor resiko.
    • Live Chat sudah selesai.

  • Astri Septiani
    Astri Septiani
    Hallo Dokter,



    Jadi apa saja yg bisa memicu hipertensi sehingga bisa terjadi preklampsia? Dan bagaimana cara mencegahnya?



    Terima Kasih.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hai Mama Astri Septiani, penyebab preeklampsia sampai saat ini tidak diketahui dengan pasti sehingga penyakit ini disebut dengan the disease of theory. Bisa disebabkan dari faktor imunitas, faktor genetik, faktor infeksi dan faktor nutrisi. Diduga terjadi gangguan pada proses awal kehamilan. Pencegahan dengan cara mengkonsumsi makanan dengan menu seimbang yang mencukupi kebutuhan mikro nutrisi seperti kalsium dan vitamin d, istirahat yang cukup, dan menghindari faktor-faktor resiko seperti peningkatan berat badan yang berlebih saat kehamilan. Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.