Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Kenali dan Cegah Preeklampsia

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Irma Kusuma
    Irma Kusuma
    Selamat siang menjelang siang dok, apakah pre eklampsia bisa terulang di kehamilan selanjutnya? Apakah memilih melahirkan secara caesar bisa mencegah pre eklampsia? Karena ada beberapa teman yang memilih melahirkan secara caesar karena takut terulangnya pre eklampsia seperti di kehamilan pertama mereka. Apakah yang sebenarnya menyebabkan ibu hamil menderita pre eklampsia? Bagaimana pencegahannya agar tidak membuat trauma. Terima kasih atas jawabannya dok :)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hai Mama Irma Kusuma,

      1. preeklamsi bisa berulang pada kehamilan selanjutnya

      2. memilih cara persalinan tidak menghindari preeklamsi.

      3. sampai saat ini tidak di ketahui secara pasti penyebab preeklamsi , diduga melibatkan faktor-faktor seperti imunutas, genetik, infeksi dan gangguan nutrisi.

      4. pencegahannya adalah dengan mencukupi kebutuhan mikro nutrisi spt kebutuhan kalsium dan vit D, untuk mengurangi faktor resiko, istirahat yang cukup. tidur 6-8 jam sehari.

      Semoga membantu :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Meri Purwanti
    Meri Purwanti
    Apakah ada riwayat penyakit tertentu sebelum hamil yang mempengaruhi preklampsia saat hamil? Apakah setiap ibu hamil beresiko terkena preklampsia?
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hai Mama Meri,

      Beberapa kondisi penyakit sblm hamil yang bisa menjadi faktor resiko preeklamsi adalah

      1. Mama dengan obesitas

      2. Mama dengan riwayat hipertensi sebelumnya

      3. Mama dengan penyakit ginjal kronis

      4. Mama dengan penyakit diabetes

      5. Mama dengan penyakit kekentalan darah

      6. Gangguan imunitas faktor-faktor tersebut bisa meyebabkan tejadinya preeklamsi.

      Semoga membantu :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Desi lestari
    Desi lestari
    Siang dok..

    Bagaimana sich cara mencegah preklampsia,dan ciri-ciri preklampsia,adakah resiko terhadap janin dan biasanya terjadi pada usia berapa bulan ...?



    Mohon pencerahannya y dok trima kasih..
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang Mama Desi Lestari, mencegah preeklampsia bisa dilakukan dengan memperbaiki pola konsumsi yang memenuhi kriteria gizi seimbang dan mencukupi semua kebutuhan mikro nutrisi seperti kalsium dan vitamin D, istirahat yang cukup dan mengurangi faktor resiko. Preeklampsia bisa terjadi setelah usia kehamilan 20 minggu. Jika dibiarkan berlarut bisa menimbulkan gangguan pada si janin dan keselamatan ibu. Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • khoiratun nikma
    khoiratun nikma
    Selamat siang dok..

    Saya seorang ibu berusia hampir 25 tahun..

    Saat awal kehamilan hingga menginjak UK 37w tensi saya tergolong normal yakni 110/70..

    Saat UK 38w tensi saya naik menjadi 130/80..dan saat dilakukan tes albumin,kadar protein dalam urin saya tinggi sehingga dokter memvonis saya terkena gejala Preklampsia dan harus segera dilakukan operasi sesar guna keselamatan saya dan janin saya..saya orang awam tidak mengerti apa itu Preklampsia dan suami saya pun setuju untuk melakukan operasi sesar tersebut ( tepatnya tgl 27 feb 2015 )

    Yang ingin saya tanyakan..

    1. Di UK keberapakah rentan terjadi gejala Preklampsia?

    2. Apakah usia ibu menjadi faktor munculnya Preklampsia ( saat hamil saya berusia 23th) ?



    3. Apakah Faktor pola makan juga bisa merangsang timbulnya Preklampsia ?

    4. Apakah ada cara lain bagi dokter untuk mengatasi Preklampsia pada ibu hamil selain dengan cara operasi sesar ?

    Terima kasih & semoga dokter bersedia untuk menjawab pertanyaan saya ini
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hai Mama Khoiratun nikma,

      1. preeklamsi umumnya tejadi pada kehamilan lebih dari 20 minggu.

      2. usia ibu yang lebih dari 40 tahun merupakan salah satu faktor resiko, dan terdapat faktor resiko lain spt kehamilan pertama, riwayat dalam keluarga, dll

      3. sampai saat ini faktor peyebab preeklamsi belum di ketahui. tetapi salah satu faktor yang menjadi penyebab adalah faktor nutrisi, terutama mikro nutrisi spt kalsium dan vit D.

      4.Jika masih memungkinkan persalinan pervaginam, akan terjadi dalam waktu singkat masih di perbolehkan melahirkan normal, tetapi jika persalinan dalam waktu lama biasanya di lakukan operasi untuk menghindari kemungkinan terburuk pada Mama. Semoga membantu :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Betty Yuliani Silalahi
    Betty Yuliani Silalahi
    Selamat Siang Dokter Febriansyah Darus, SpOG.

    Kakak saya saat hamil besar terkena preklamsia, sampai akhirnya mengalami koma untuk beberapa jam. Padahal pola makannya biasa saja, berat badannyapun normal, kenaikan berat badannya ke si calon baby nya. Kalau saya saat hamil, bersyukur tidak mengalami preklamsia, walau kenaikan berat badan selama hamil sampai 20 kg dan berat Baby saya lahir 3,7kg.

    Yang mau saya tanyakan :

    1. Apakah Faktor penyebab munculnya Preklamsia?

    2. Apakah jika dikehamilan sebelumnya terjadi Preklamsia, maka kemungkinan besar dapat mengalaminya kembali?

    3. Bagaimana cara mengobati Preklamsia jika sudah mengalami Preklamsia?

    4. Berapa lama seorang Ibu Hamil mengalami Preklamsia? Apakah setelah melahirkan otomatis akan sembuh/hilang Preklamsianya

    5. Adalah jenis makanan dan minuman yang dapat memicu Preklamsia pada Ibu Hamil?

    Terimakasih banyak Dokter Febriansyah Darus, SpOG
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang Mama Betty Yuliani Silalahi :

      1. Penyebab preeklampsia sampai saat ini tidak diketahui dengan pasti sehingga penyakit ini disebut dengan the disease of theory. Bisa disebabkan dari faktor imunitas, faktor genetik, faktor infeksi dan faktor nutrisi. Tidak ada satu faktorpun yang bisa menyebabkan secara tunggal. Intinya kejadian ini disebabkan oleh adanya gangguan inflasi sel-sel kehamilan pada saat pertama kali kehamilan terjadi.

      2. Jika kehamilan sebelumnya mengidap preeklampsia angka kejadian preeklampsia pada kehamilan yang akan datang menjadi lebih tinggi.

      3. Jika sudah mengalami preeklampsia pada kehamilan tersebut dilihat usia kehamilan terlebih dahulu. Jika usia kehamilan sudah cukup bulan, umumnya kehamilan akan diakhiri tetapi jika belum cukup bulan akan dilakukan evaluasi apakah kehamilan stabil atau tidak.

      4. Preeklampsia bisa terjadi sebelum, selama dan setelah proses kehamilan, umumnya setelah bayi lahir kondisi ibu akan membaik.

      5. Makanan yang diperlukan untuk mencegah preeklampsia adalah makanan yang sehat, bersih, segar dan memenuhi nutrisi seimbang. Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • pienky meliana
    pienky meliana
    dok, pre eklampsia tu meski usia kehamilan udah 36 minggu lebih apakah tetap bisa dikategorikan pre eklampsia ? meski sblm hamil tu saya punya riwayat hipertensi & setiap hari konsumsi obat tensi, tapi bersyukur sejak dinyatakan hamil kog tensiku malah stabil 110/70 shg konsumsi obat tensi jg brenti.Semoga akan selalu stabil sampe waktu melahirkan.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Mama Pienky Meliana, preeklampsia bisa terjadi setelah kehamilan 20 minggu, kurang dari 34 minggu disebut dengan Early Onset Preeklampsia dan setelah kehamilan 34 minggu Late Onset Preeklampsia. Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Sahira Zakkiya
    Sahira Zakkiya
    Selamat siang dok...

    Apakah pre eklampsia itu dok?

    Apakah pencetusnya?

    Apakah itu yg disebut sbg keracunan kehamilan?

    Apakah bisa dicegah dok?

    Apakah bisa berulang dikehamilan berikutnya?

    Apakah membahayakan janin?

    Terima kasih dok atas jawabannya
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang Mama Sahira Zakkiya, preeklampsia adalah suatu kondisi dimana terjadi peningkatan tekanan darah (hipertensi) pada usia kehamilan lebih dari 20 minggu. Pencetusnya sampai saat ini belum jelas tetapi terdapat beberapa faktor resiko seperti kehamilan pertama, usia hamil lebih dari 40 tahun, ada riwayat preeklampsia dalam keluarga, memiliki riwayat penyakit hipertensi sebelum kehamilan, memiliki riwayat gangguan ginjal kronis, penyakit diabetes dan kehamilan kembar. Secara awam disebut dengan keracunan kehamilan. Sampai saat ini belum ada teori pasti mengenai pencegahan preeklampsia tetapi dengan mencukupi kebutuhan nutrisi sebelum dan selama kehamilan dapat menurunkan terjadinya preeklampsia. Kejadian preeklampsia di kehamilan yang akan datang akan beresiko lebih tinggi. Jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut maka bisa mengancam keselamatan ibu dan janin. Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • rini khumayroh
    rini khumayroh
    Selamat siang dokter...saya ingin bertanya

    -Bagaimanakah cara mencegah ibu hamil agar tidak mengalami tekanan darah tinggi?apakah ada menu khusus untuk ibu hamil yg mengalami hal tersebut.terimakasih sebelumnya....
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang Mama Rini Khumairoh, terdapat hubungan antara kejadian preeklampsia dengan asupan nutrisi sebelum dan selama kehamilan. Di yakini bahwa makanan-makanan yang benar (bahan makanan segar) tanpa bahan pengawet, komposisi yang seimbang berperan penting untuk mencegah kejadian preeklampsia. Sudah banyak ditemukan penelitian yang mengatakan bahwa kekurangan vitamin D dan kalsium merupakan salah satu faktor pencetus terjadinya preeklampsia. Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Maryati
    Maryati
    Selamat siang dokter, Preklampsia atau darah tinggi yang dialami ibu hamil bisa dilihat dari gejala-gejala apa saja?

    Bagaimana untuk pencegahannya? Apa saja faktor resiko terjadinya preklampsia? Saat saya hamil anak pertama dan kedua berat badan saya naik hingga 25kg, membuat saya sesak nafas dan muka tiba-tiba memerah terasa panas dan sering migrain apakah ini tanda preklampsia?

    Terima kasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Mama Maryati, preeklampsia adalah suatu kondisi dimana terjadi peningkatan tekanan darah (hipertensi) pada usia kehamilan lebih dari 20 minggu. Sampai saat ini penyebab hipertensi yang pasti belum diketahui sehingga preeklampsia disebut dengan the disease of theory. Tapi ada beberapa faktor resiko yang bisa dipertimbangkan seperti kehamilan pertama, usia hamil lebih dari 40 tahun, ada riwayat preeklampsia dalam keluarga, memiliki riwayat penyakit hipertensi sebelum kehamilan, memiliki riwayat gangguan ginjal kronis, penyakit diabetes dan kehamilan kembar. Faktor-faktor resiko itu bisa meningkatkan kejadian preeklampsia. Salah satu cara untuk mencegah preeklampsia adalah dengan mengkonsumsi makanan yang segar dan bergizi tinggi sehingga asupan mikro nutrisi terpenuhi. Selain itu, pemberian kalsium dosis tinggi selama kehamilan merupakan salah satu cara mencegah preeklampsia. Tanda-tanda preeklampsia meliputi adanya kenaikan tekanan darah lebih dari 140/110 mmHg disertai dengan keluhan-keluhan organ lainnya seperti sakit kepala, nyeri ulu hati dan pemeriksaan hasil lab lainnya. Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • heptawan
    heptawan
    Selamat siang Dokter,usia kehamilan istri saya sudah 36 minggu. Memiliki tekanan darah 140/100.Dan sudah cek urine, hasilnya adalah proteinuria +1 dengan kondisi kaki yang bengkak.

    Yang mau saya tanyakan apakah akan berbahaya terhadap kehamilan istri saya dok? apakah ada cara agar tekanan darah istri saya tidak semakin bertambahan

    sampai waktunya melahirkan?terimakasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang Papa Heptawan, dari data yang Papa sebutkan, bahwa istri Papa memenuhi kriteria preeklampsia ringan. Pada preeklampsia ringan, disarankan untuk istirahat dan mengkonsumsi obat penurun tekanan darah dan dilakukan evaluasi 1 minggu kemudian. Jika 1 minggu kemudian tekanan darah tidak mengalami penurunan, kriterianya menjadi preeklampsia berat. Pada kasus-kasus preeklampsia berat umumnya akan dilakukan pengakhiran kehamilan tetapi hal ini sangat tergantung dari ekspertise dokter dan rumah sakit dimana Papa melakukan kontrol. Semoga membantu ya Pa :)
    • Live Chat sudah selesai.