Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Mencegah Kelahiran Prematur Sejak Dini

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Ita Niyah
    Ita Niyah
    Selamat siang dokter...yang ingin saya tanyakan apa saja yang bisa menyebabkan air ketuban pecah secara tiba2 sehingga membuat persalinan jadi prematur ?
    Percakapan
    • Ita Niyah
      Ita Niyah
      Selamat siang ...dok

      Yang ingin saya tanyakan ,apakah Mengandung bayi kembar ,punya kemungkinan resiko lebih besar untuk melahirkan bayi secara prematur...

      Itu disebabkan apa ya dok...mohon penjelasannya ,terima kasih :)
    • Ita Niyah
      Ita Niyah
      Siang Dok :) .... Yang ingin saya tanyakan

      Mungkinkah seorang Dokter kandungan menyarankan Ibu yang sedang hamil untuk melahirkan bayinya secara prematur?

      Dalam kondisi seperti apakah, sampai Dokter menganjurkan si Calon Ibu melahirkan bayinya dalam keadaan prematur ?
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang Mama Ita,

      1. Ketuban pecah disebabkan oleh selaput ketuban tersebut menjadi lebih rentan atau lemah. Umumnya disebabkan karena infeksi atau pengaruh hormonal. Selain itu bisa juga disebabkan oleh tekanan dalam rahim yang sangat tinggi, misalnya pada kehamilan kembar atau produksi cairan ketuban yang sangat berlebihan. Bisa juga disebabkan oleh faktor penyakit pada ibu, misalnya penyakit diabetes melitus.

      2. Pada kondisi normal tidak akan mungkin seorang dokter melahirkan bayi dengan kondisi prematur kecuali ada kondisi-kondisi tertentu yang mengancam nyawa ibu atau kesejahteraan bayi, misalnya ibu dengan preeklamsi, ibu dengan ketuban pecah dengan tanda-tanda infeksi.

      Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • novi widodo
    novi widodo
    dokter... apakah kelahiran prematur berbahaya dan apakah dampak yang bisa ditimbulkan pada kelahiran prematur pada anak? apa yang harus kita lakukan agar tidak terjadi kelahiran prematur? terima kasih sebelumnya..
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hai Mama novi widodo.

      Yang ditakutkan dari persalinan prematur adalah dampak yang timbul pada bayi yang dilahirkan. Dampaknya tersebut berbeda-beda tergantung usia kehamilannya. Semakin kecil usia kehamilan semakin buruk dampaknya terhadap bayi. Jika terjadi persalinan prematur sebaiknya dirawat dirumah sakit yang memiliki saranan lengkap bayi-bayi prematur. Semoga dapat membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • mahana
    mahana
    Siang dok, dok ketika kita melihat tanda- tanda akan terjadi persalinan prematur sementara jauh dari rumah sakit , pertolongan pertama apa yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya persalinan prematur ini ? Terimakasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang Mama Mahana, tanda persalinan prematur sama dengan tanda persalinan biasa seperti mules, perut tegang, atau keluar darah bercampur lendir. Yang membedakan adalah usia kehamilannya. Kalau tanda-tanda itu timbul pada usia kehamilan kurang dari 36 minggu ini disebut dengan persalinan prematur. Jika ada tanda tersebut segera ke rumah sakit terdekat untuk mencegah atau mengobati persalinan tersebut. Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Adesova Marisa
    Adesova Marisa
    Selamat siang dr. Febriansyah Darus, SpOG :)

    Anak pertama saya lahir prematur di usia 36 minggu secara caesar karena ketuban pecah dini (Laki-laki BB 2,79kg - PB 47cm). Yg ingin saya tanyakan apakah jika saya hamil kembali ada kemungkinan yg sama utk melahirkan baby yg prematur lg? Bagaimana cara mencegah agar kondisi kehamilan selalu kuat dan terjaga di sepanjang kehamilan sampai dgn persalinan? Apakah ada vitamin/makanan khusus yg dikonsumsi saat kehamilan? Apakah kemungkinan baby yg terlahir prematur dapat terdeteksi sebelumya dok? Jika iya, dapat melalui pemeriksaan seperti apa ya? Terimakasih dr. Febriansyah Darus, SpOG. Mohon jawabannya
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang Mama Adesova Marisa.

      Persalinan prematur bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, misalnya :

      1. Karena adanya infeksi. Infeksi pada Mama seperti keputihan atau infeksi saluran kemih bisa memacu ketuban pecah dan berakhir pada persalinan prematur.

      2. Bisa juga disebabkan oleh penyakit-penyakit pada Mama, misalnya Mama yang mempunyai penyakit gula atau hypertensi.

      3. Bisa terjadi kelainan mulut rahim.

      4. Faktor bayi. Seperti bayi besar, kehamilan kembar, atau produksi cairan ketuban yang berlebihan. Dari semua faktor tersebut hanya faktor tertentu yang bisa terdeteksi, misalnya faktor kelainan pada mulut rahim. Sementara pada faktor lain biasanya mengikuti proses pada perjalanan penyakit yang timbul. Pada ancaman prematur tidak semua harus dilahirkan, pada kondisi tertentu biasanya Dokter memberikan obat-obatan tertentu untuk mencegah kelahiran prematur.

      Semoga dapat membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Aurora Putri
    Aurora Putri
    selamat siang dokter... pada waktu usia 8 bulan saya mengalami pecah ketuban tapi si baby belum mau turun ke jalan lahir cuman berat baby sudah normal 2,7 apa ini termasuk kelahiran prematur? terima kasih...
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang Mama Auorora, Iya. Yang disebut dengan kelahiran prematur adalah kelahiran yang terjadi kurang dari usia kehamilan 36 minggu atau berat lahir kurang dari 2500 gram. Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • widodo
    widodo
    selamat siang dokter..... benarkah di usia kandungan genap (6 bulan dan 8 bulan) lebih rawan terjadi kelahiran prematur daripada kelahiran ganjil seperti (5 bulan dan 7 bulan)? terima kasih...
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat Siang Mama widodo.

      Sebenarnya hal ini hanya mitos yang tidak benar. Kelahiran prematur tidak tergantung dari bulan kehamilan, tetapi disebkan oleh faktor resiko dan faktor pencetus. Semoga dapat membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Ema Maeemana
    Ema Maeemana
    Dear dr. Febriansyah, anak pertamaku meninggal karena terpaksa dilahirkan cesar di usia kandungan 5 bulan krn PP, pendarahan di minggu ke-20 dan pecah ketuban, apakah akan beresiko lagi apabila dikehamilan kedua? dan apakah penyebab utama pecah ketuban sebelum waktunya? mohon tipsnya agar nanti apabila saya merencanakan kehamilan kedua, bayi dan saya sehat selamat hingga proses melahirkan. terima kasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang Mama Ema, pada kasus yang Mama alaami penyebabnya adalah perdarahan dan ketuban pecah. Ketuban pecah sebelum waktunya disebabkan oleh adanya infeksi atau berkurangnya kadar hormon kehamilan sehingga selaput ketuban rentan mengalami pecah. Sementara perdarahan umumnya disebabkan karena posisi plasenta. Untuk menghindari kejadian yang sama pada kehamilan berikutnya, yaitu :

      1. Pastikan kondisi nutrisi Mama cukup dan adekuat

      2. Segera obati jika ada keputihan dan infeksi lainnya

      3. Melakukan kontrol secara teratur

      Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil
      Halo Mama Yustika Tica,

      Silakan ajukan pertayaan Mama sesuai topik kali ini yaitu "Mencegah Kelahiran Prematur Sejak Dini" ya :)


      Terima Kasih :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Maryati
    Maryati
    Selamat siang dr. Febriansyah Darus, SpOG

    Bagaimana cara untuk mencegah kelahiran prematur bila ibu bekerja kantor dari pagi sampai sore yang berada di lantai 2 naik turun tangga tanpa lift, apalagi ditambah harus naik motor sendiri. Apakah berbahaya, bagaimana tips agar tidak terganggu selama masa hamil saat bekerja? Karena teman saya ada yang melahirkan bayi prematur usia kandungan 8 bulan, dengan keadaan kerja seperti ini. Terima kasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat Siang Mama Maryati.

      Pada kehamilan yang sehat, sebenarnya tidak ada hambatan dalam melakukan aktifitas fisik, seperti naik turun tangga atau berpergian dengan kendaran bermotor. Tetapi pada kondisi tertentu, misalnya Mama dengan riwayat kehamilan prematur berulang atau didiagnosis dengan kelemahan mulut rahim sebaiknya membatasi kegiatan fisik.

      Semoga dapat membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Siti Rapika
    Siti Rapika
    Selamat siang dr.Febriansyah…..



    Mendengar kata “kelahiran prematur”, maka akan terbayang didalam benak saya, sesuatu hal yang menakutkan karena kemungkinan besar ada beberapa tahap perkembangan dalam tubuh sang bayi, yang tidak berkembang sepenuhnya. Terkait topik kali ini, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan kepada dr.Febriansyah,

    1. Tentu selama masa kehamilan, semua Ibu akan sangat menjaga kesehatan ibu dan bayinya. Bagaimana kiat terbaik agar selama hamil dapat terus menjalankan gaya hidup sehat?

    2. Benarkah stress memicu kelahiran prematur? Dan Ibu hamil mudah sekali terkena stress. Apa solusi terbaik supaya ibu hamil bisa terhindar dari stres?

    3. Benarkah infeksi dalam kandungan atau terdapat masalah reproduksi, contoh: keputihan, dapat mendorong terjadinya kelahiran prematur?

    4. Apakah kelahiran prematur bisa dideteksi lebih dini? Pada usia kandungan berapa minggu?

    5. Benarkah kelahiran prematur bisa dicegah dengan obat-obatan dan vitamin tertentu?

    6. Aktivitas apa yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil untuk meminimkan terjadinya kelahiran prematur?

    7. Amankah semua obat-obatan yang diminum selama kehamilan?

    8. Amankah mengonsumsi jamu pada saat hamil?

    9. Apakah terus-menerus bermain gadget, ada pengaruhnya terhadap kesehatan janin dalam kandungan?

    10. Benarkah dok, posisi ketika melakukan hubungan intim, memungkinkan terjadinya kelahiran prematur?



    Demikianlah pertanyaan dari saya, terima kasih dr.febriansyah…
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang Mama Siti Rapika,

      1. Mama hamil yang sehat disarankan untuk tetap berolahraga secara teratur, konsumsi makanan dengan gizi seimbang, cukup karbohidrat, tinggi protein, dan cukup vitamin dan mineral. Sebaiknya konsumsi susu untuk menambah asupan nutrisi Mama. Istirahat minimal 6-8 jam sehari.

      2. Tergantung jenis stresnya, jika stres ringan maka tida terlalu berdampak. Tetapi pada wanita yang stres berat sampai menggangu nafsu makan dan menggangu kondisi kesehatan Mama tentunya dapat menyebabkan kelahiran prematur.

      3. Benar, bahwa infeksi merupakan salah satu pencetus terjadinya kelahiran prematur. Infeksi paling sering pada wanita hamil yaitu terjadi pada daerah kewanitaan, infeksi saluran kemih dan infeksi pada gigi. Ketiga faktor ini bisa mencetus terjadinya kelahiran prematur.

      4. Jika penyebabnya adalah kelainan mulut rahim, bisa dideteksi dengan pemeriksaan USG vaginal. Tetapi untuk penyebab yang lain sulit untuk dideteksi.

      5. Benar, tergantung dari derajat persalinannya. Pada kondisi tertentu memang sebaiknya dicegah supaya tidak berlanjut dengan menggunakan obat-obatan.

      6. Pada wanita-wanita dengan riwayat persalinan prematur dan dideteksi memiliki kelemahan mulut rahim disarakan tidak melakukan aktivitas fisik berlebihan seperti mengangkat beban berat atau mengedan.

      7. Tergantung jenis obat yang diminum.

      8. Harus dipastikan isi jamu tersebut mengandung bahan kimia atau tidak. Jika hanya mengandung bahan tradisional dan alami maka aman dikonsumsi.

      9. Belum ada penelitian yang mengatakan pengaruh gadget terhadap kehamilan. Tetapi faktor yang harus diperhatikan adalah pengaruh radiasi yang terus menerus tentunya berdampak tidak baik pada kehamilan.

      10. Mitos dan tidak benar.

      Semoga membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.