Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Mencegah Kelahiran Prematur Sejak Dini

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Diyah puput permanasiwi
    Diyah puput permanasiwi
    Siang dokter...sy seorang ibu rumah tangga usia 26 thn, mpy anak laki2 usia 2th dan sedang hamil 30 mgg. Kegiatan sehari-saya adl melakukan kegiatan rumah tangga dan mengasuh si kecil. Sering sekali saya dibuat kewalahan krn harus berlarian mengejar si kecil atau harus menggendongnya ketika rewel, belum lg pekerjaan rumah yg menambah keletihan sy. Ketika sikecil tidur pun sy lbh memilih ikut tidur drpd mkn siang. Akhir2 ini sy juga mengalami keputihan yg banyak. Yang ingin sy tanyakan kali ini antara lain :

    1. Apakah kegiatan yg sy alami tsb dpt berdampak pd kelahiran prematur?, termasuk keputihan yg saya alami?

    2. Bila iya, berdasarkan koreksi dokter apa saja yg harus saya perbaiki agar tidak tjd kelahiran prematur?

    3. Apa saja tanda2 drpd kelahiran prematur dan bagaimana cara pencegahannya?

    4. Adakah makanan khusus dan atau olahraga khusus untuk mengantisipasi agar tdk tjd klhrn prematur?

    Atas jawabannya, saya ucapkan terima kasih...
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Hai Mama Diyah puput permanasiwi.

      1. Selagi kehamilan Mama dalam kondisi sehat kegiatan yang Mama lakukan sehari-hari tidak ada dampak pada kelahiran prematur.

      2. Prematuritas banyak sekali penyebabnya, salah satunya yaitu infeksi. Infeksi pada wanita hamil yang paling sering dialami adalah infeksi daerah kewanitaan dan saluran kemih. Jika infeksi ini terus menerus dibiarkan akan berdampak kepada infeksi selaput ketuban, sehingga terjadi persalinan prematur. Untuk itu segera diobati keputihannya.

      3. Persalinan prematur ditandai dengan keluhan kontraksi yang terus menerus dan reguler pada usia kehamilan kurang dari 36 minggu. Selanjutnya disertai dengan tanda flek, keluar lendir darah, atau keluar cairan ketuban.

      4. Tidak ada makanan khusus untuk mengantisipasi persalinan prematur, tetapi pastikan Mama selalu mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang untuk menjaga sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi.

      Semoga dapat membantu ya Ma :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • heptawan
    heptawan
    Selamat Siang Dok,mau tanya apakah persalinan prematur dapat dideteksi lebih awal sehingga kita bisa melakukan penanganan yang tepat? Dan hal hal apa saja yang harus diperhatikan dan diperiksakan agar terhindar dari kelahiran prematur Mohon penjelasannya terimakasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Selamat siang Papa Heptawan, tidak semua persalinan prematur bisa dideteksi secara langsung. Pada beberapa kasus misalnya penyebabnya adalah kelainan pada mulut rahim, hal ini bisa dideteksi sejak dini. Tetapi pada penyebab-penyebab lain misalnya infeksi gangguan hormonal, dll agak sulit mendeteksi sejak dini. Biasanya tindakan pencegahan dilakukan setelah kita mengetahui adanya infeksi pada Ibu. Disini petingnya menyingkirkan faktor infeksi sejak dini sebagai penyebab prematuritas.

      Untuk menghindarinya yaitu:

      1. Pastikan tidak ada infeksi,

      2. USG di awal kehamilan untuk melihat normal atau tidaknya mulut rahim,

      3. Pastikan kecukupan gizi baik.

      Semoga jawabannya membantu ya Pa :)
    • heptawan
      heptawan
      Dok yg dimaksud infeksi disini , infeksi dari apa ya dok? Saya belum paham .makasih
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus
      Infeksi pada organ kewanitaan, infeksi pada gigi dan infeksi saluran kemih.
    • Live Chat sudah selesai.