Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Mengenal Penyebab Pasangan Sulit Punya Anak

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Vero J
    Vero J
    Siang Dok, apakah haid yg tdk teratur sejak remaja dpt menjadi penyebab sulit hamil? Bagaimana mengatasinya agar cepat hamil? Apakah makanan yg kami konsumsi juga mempengaruhi kesuburan?
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Mama Vero, haid yang tidak teratur umumnya tidak menghasilkan sel telur yang siap dibuahi. Langkah pertama pada kasus ini, adalah lakukan pengobatan untuk mengatur agar siklus haid kembali normal. Perhatikan konsumsi makanan, usahakan tinggi protein dan karbohidrat dan mencukupi semua kondisi tubuh.

    • Live Chat sudah selesai.

  • Mervin Hadianto
    Mervin Hadianto
    Teman saya sudah menikah 4 th, sudah periksa sperma suami, hasilnya normal, namun diduga istrinya punya kadar antibodi antisperma yg tinggi, krn saat sperma suami ditemukan dg lendir vagina, cepat berhenti gerakan spermanya. Apakah kasus ini cukup banyak? Kenapa bisa timbul antibodi antisperma, dan apa yg akan dilakukan agar ia bisa punya anak? Terima kasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Papa Mervin, kasus antibodi antisperma kejadiannya sangat jarang. Tetapi bisa diatasi dengan pengobatan daya tahan tubuh dan daya tahan sperma terhadap lendir serviks. Lakukan konsultasi lebih mendalam dengan ahli vertilitas untuk masalah tersebut. Semoga membantu ya Papa :) 

    • Live Chat sudah selesai.

  • rahel
    rahel
    Dok mau tanya faktor penyebab sulit punya anak itu sebenarnya apa saja ya penentunya baik dari yang wanita maupun prianya, apakah faktor keturunan juga mempengaruhi karena dari keluarga saya banyak yang tidak mempunyai keturunan saya jadi takut dok. Saya kan sekarang sudah lepas KB suntik 1 bulan selama setahun dan belum hamil apakah faktor KB juga dapat mempengaruhi. Mohon infonya ya dok :)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Lia, faktor utama yang menentukan keberhasilan kehamilan yaitu faktor nutrisi baik Mama atau Papa. Faktor nutrisi menjadi penentu kualitas sel telur dan sperma yang dihasilkan. Selain itu lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui gangguan terjadinya ketidakhamilan. Semoga membantu ya Ma :) 

    • Live Chat sudah selesai.

  • ika dewi purwanti
    ika dewi purwanti
    Siang dkter..
    Maaf, ada yang sya tanyakan lagi..
    Tetangga saya mau progmil lagi untk anak kedua tapi susah sekali. Beliau brkata bahwa rahimnya bercabang dua, hal ini diketahui saat sesar anak prtama. Ttangga saya jg sdah memeriksakan segalanya,. Yg sya tanyakan, kira2 ttangga sya msih mempunyai kmungkinan untuk hamil atau tdak dkter?? Dan klo msih mungkin,kiat2 yg hrus dilakukan apa sja? Trims
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Mama Ika, kehamilan bisa saja terjadi pada wanita yang memiliki satu rahim atau 2 rahim. Selagi rahim tersebut terhubung dengan saluran telur yang berfungsi dengan baik. Saran saya lakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi saluran telur tersebut apakah memenuhi kebutuhan atau tidak.

    • Live Chat sudah selesai.

  • Erna Septi
    Erna Septi
    Siang dok....anak saya saat ini umur 2th. saya dan suami merencanakan punya anak lagi tahun depan. setaun terakhir ini sy memakai kb spiral. apa benar dok setelah melepas spiral akan susah punya anak? bagaimana penjelasannya dok? trm ksh
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Penina, sepertinya tidak benar bahwa spiral menyebabkan ketidaksuburan, selagi Mama mempunyai siklus haid yang teratur, hal ini akan baik-baik saja. Semoga membantu ya Ma :) 

    • Live Chat sudah selesai.

  • lilis fujiyati
    lilis fujiyati
    Selamat siang pak dokter..saya mau bertanya,
    Faktor apa sajakah yg menyebabkan pasangan sulit memiliki anak?
    Apakah pekerjaan seseorang yg mengharuskannya untuk bekerja sambil duduk(menjahit) dan kurang olahraga menjadi salah satu faktor penyebab wanita sulit hamil dan memiliki anak?
    Lalu,bagaimana dgn pria yg setiap hari melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan sepeda motor,apakah itu mempengahui kesuburan pria tsb sehingga membuatnya sulit memiliki anak?
    Satu lagi yya dok, saya sering mendengar bahwa wanita yg memakan durian rahimnya menjadi kering sehingga membuatnya sulit hamil dan sulit punya anak,itu bnr apa engga yya dok?
    Sebelumnya ..makasih banyak yya dok.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Mama Lilis, faktor kesuburan dipengaruhi 2 faktor yaitu faktor kesuburan suami dan istri. Harus diketahui bagaimana kondisi keduanya. Pekerjaan tersebut secara tidak langsung tidak akan berpengaruh besar terhadap faktor kesuburan. Mengenai perjalanan motor yang lama, sebenarnya juga tidak berpengaruhi terlalu besar, asumsinya jika terlalu lama duduk di motor akan menyebabkan panas pada vagina namun jika kondisi papa sehat tidak akan berpengaruh. Yang terakhir itu mitos yang salah.

    • Live Chat sudah selesai.

  • ika dewi purwanti
    ika dewi purwanti
    Siang,dkter..
    Ada bbrapa hal yang saya tanyakan
    1. Bibi saya sdah memiliki 2 orang anak, yg prtama sehat, tp yg kedua mengalami syndrom down serta kelumpuhan. Kmudian beliau hmil yg ketiga dan ke empat slalu mnglami keguguran saat uk 5 bulan,dngan diagnosa janin mati dlm kndungan. Sedangkan hamil yg bru ni smpai mnginjak 7 bln tapi ttap sja, byi mninggal dlm kndungan. Kira2 apa yg hrus dilakukan agar bibi saya bs hmil lagi dngan sempurna smpai 9 bulan ?
    2. Teman saya sudah 10 tahun menikah,tp blm pny anak. Setelah mnikah mnjalani coitus interruptus selma 2 bulan, dan setelah itu hubungan tetap berlangsung tanpa adanya kb. Siklus haid normal 30 hri. Mhon kiat2 nya bagaimana cara agar memiliki momongan karena umur teman saya menginjak 28 tahun? Trima ksih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Ika, 1. Pastikan untuk mengetahui faktor penyebab kematian janin tersebut. Karena bisa disebabkan oleh faktor infeksi, penyakit-penyakit pada Mama dan faktor-faktor lainnya. Sebelum mengetahui penyebab faktor keguguran yang berulang tersebut, sebaiknya jangan hamil terlebih dahulu. 
      2. Lakukan pemeriksaan secara paripurna baik Papa atau Mama untuk mengetahui penyebab ketidaksuburan tersebut. Jika sudah dilakukan pemeriksaan maka kita bisa melakukan langkah-langkah selanjutnya. Semoga membantu ya Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • irma septiani
    irma septiani
    selamat siang dok,

    saya punya teman yang sudah menikah selama 6 tahun tetapi belum juga punya anak padahal si suami dan istrinya sudah melakukan tes kesuburan dan tidak ada masalah pada kesuburan pasutri itu. mereka sudah melakukan program hamil namun masih juga belum ada hasilnya sampe sekarang.

    menurut dokter apa yang harus di lakukan pasutri itu dok ? saya sangat kasihan melihatnya karena kebetulan suaminya teman dekat suami saya.

    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • Amalia Fitri Yuniarti
    Amalia Fitri Yuniarti
    siang dok....usia pernikahan sudah 4 th tetapi blm dikaruniani seorang anak....pernah ke dokter katanya kandungannya kecil....apakah itu mempengaruhi sulit punya anak, selain itu jg mens tdk teratur kadang 2 bl sekali , pernah smp 6 bl sekali, mohon pencerahannya....dok...terima ksh sebelumnya...
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Amalia Fitri, harus dipastikan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kandungan kecil. Jika hal ini yang dimaksud adalah gangguan perkembangan rahim, tentunya akan sangat mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Kadang-kadang pertumbuhan rahim yang tidak normal disertai juga dengan pertumbuhan indung telur yang tidak normal. Dan hal ini yang menyebabkan siklus menjadi tidak teratur. Semoga membantu ya Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Ema Maemanah
    Ema Maemanah
    Selamat siang Dok. Apakah benar rahim yang turun dapat menyebabkan sulit hamil. Dan bahayakah urut perut untuk menaikan rahim? Apabila bahaya lalu bagaimana solusinya agar rahim menjadi normal kembali. Mohon penjelasannya. terima kasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Mama Ema, Sebenarnya pada wanita usia subur, sangat kecil kemungkinan ditemukan rahim yang turun. Rahim yang turun umumnya ditemukan pada wanita menopose. Mengurut perut sebaiknya tidak dilakukan karena bisa menyebabkan cedera pada organ internal. Atau pada kasus-kasus dapat menyababkan kista. Dan mengurut perut dapat menyebabkan posisi kista menjadi menggelintir. Solusinya tetap jada pola makan secara teratur dengan gizi seimbang dan memeriksakan kesehatan kedokter secara rutin.

       

    • Live Chat sudah selesai.