Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Mengenal Tes Down Syndrome Saat Kehamilan

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • rahel
    rahel
    Siang dokter Febri, mau tanya
    1.apakah downsyndrom itu merupakan keturunan karena saya khawatir sekali dimana saudara jauh saya mempunyai anak yang mengalami downsyndrom dan di keluarga dekat mereka juga sama ada anak yang mengalami hal yang sama.
    2.apakah ada pengaruhnya pada saat hamil si ibu tidak mengetahui bahwa dirinya ternyata hamil namun telat haid kemudian meminum jamu-jamuan agar haidnya kluar bisa termasuk faktor si anak mengalami downsyndrom
    3.langkah apa yang harus dilakukan pada saat mengetahui hamil apakah ada pemeriksaan agar janin di dalam kandungan tidak mengalami downsyndrom

    Terima kasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Diaz :
      1. Down syndrom bukan penyakit keturunan. Down syndrom terjadi karena gangguan pembelahan sel di awal-awal fase kehamilan terjadi. Dimana seharusnya terbentuk 2 kromosom, akan tetapi pada down syndrom salah satu kromosom terbelah menjadi 2 dan terjadi 3 kromosom, sehingga disebut trisomi 21.
      2. Ada beberapa faktor yang dikategorikan resiko tinggi misalnya usia lebih dari 35 tahun, riwayat melahirkan anak cacat sebelumnya yang sebaiknya dilakukan scrinning pada kehamilan sekarang.
      3. Langkah untuk menyingkirkan down syndrom adalah dengan pemeriksaan USG atau beberapa biomarker hormonal atau dengan prosedur NIPT (Non Inpasif Prenatal Test). Semoga membantu ya Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Dizky pereira
    Dizky pereira
    Selamat siang, Dok!
    Saya ingin bertanya, sekarang ini adik saya sedang dalam keadaan hamil 7 bulan lebih (30minggu). Dia adalah seorang penari, dan dalam bulan ke 4 dan kelima kandungan dia masih aktif dalam kegiatan tersebut. Tidak menjaga pola makannya, minum minuman bersoda. Setelah di USG, bayi yang dikandungnya normal. Tetapi, apakah ada kemungkinan bayi tersebut dapat menderita penyakit down syndrome? Apakah dapat di deteksi dini melalui USG?

    Terimakasih :)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Dizky, Beberapa faktor resiko untuk kelainan down syndrom adalah menikah pada usia lebih dari 35 tahun, memiliki riwayat kelainan genetik pada kehamilan sebelumnya, ibu-ibu yang memikliki riwayat merokok atau minuman beralkohol dan lain-lain. Saya tidak bisa menjawab apakah kehamilan sekarang dapat di deteksi, untuk itu perlu dilakukan screening dengan pemeriksaan USG atau biomarker-biomarker lainnya :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • nanik amalia
    nanik amalia
    Selamat siang dok. Saya tinggal di plosok desa dok. Kebanyakan disini tidak mengenal tes down syndrom. Bahkan untuk menuju rumah sakit jauh sekali.. Pertanyaan saya. Apakah tes down syndrom bisa di ketahui secara manual/atau bisa di sadari oleh ibu yang sedang hamil itu sendiri (dengan tanda/ciri). Atau harus tes di rumah sakit? Dan apa penanganan/solusi yang tepat (khusus)untuk ibu yang memilikibanak down sydrom?

    Dan 1 lagi dok.. Jika anak terlahir normal dengan berat dan tinggi ideal.apakah di tengah tumbuh kembangnya bisa mengalami down syndrom? Makasih dok. Maaf saya banyak bertanya. :)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Lia, pemeriksaa down sydrome tidak bisa dilakukan secara manual. karena umumnya mama tidak mengeluh adanya kelainan apa-apa. Tes pemeriksaan biasanya dilakukan di rumah sakit. Untuk mama yang memiliki anak dengan down syndrome penanganan nya lebih multidisipliner tergantung derajat berat atau rungannya down syndrome tersebut. down syndrome tidak terjadi di tengah pertumbuhan setelah persalinan, akan tetapi sudah terjadi sejak pertama proses pembuahan kehamilan tersebut terjadi. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • lauri bintang tampeang
    lauri bintang tampeang
    Dear dr. Febriansyah Darus, SpOG
    Down sindrom itu dapat di deteksi dengan cara apa? bagai mana cara mengatasinya atau adakah cara untuk mencegah nya? Kemudian dapat kita ketahui saat kehamilan berapa minggu? Terimakasih sebelumnya dok
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Halo Mama Bintang

      Terima kasih atas partisipasinya. Untuk pertanyaan ini akan dijawab dr. Febriansyah Darus, SpOG pada pertanyaan Mama yang sebelumnya ya, Ma.

    • Live Chat sudah selesai.

  • lauri bintang tampeang
    lauri bintang tampeang
    Dear dr. Febriansyah Darus, SpOG
    Down sindrom itu dapat di deteksi dengan cara apa? bagai mana cara mengatasinya atau adakah cara untuk mencegah nya? Kemudian dapat kita ketahui saat kehamilan berapa minggu?
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Bintang, Down syndrom deteksinya dilakukan dengan pemeriksaan USG di trimester 1 dan 2, pemeriksaan bimarker hormonal di trimester 1 dan 2, serta pemeriksaan darah untuk melihat kelainan kromosom (NIPT). Down syndrom tidak bisa di sembuhkan karena merupakan kelainan genetik yang sampai saat ini tidak ada obatnya. Pencegahannya salah satunya adalah mencukupi kebutuhan nutrisi sebelum kehamilan, menikah pada usia reproduksi aktif dibawah usia 35 tahun. Kita dapat mengetahui adanya tanda kelainan genetik sejak trimester 1 kehamilan. Semoga membantu Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Ariyanthi Devi
    Ariyanthi Devi
    Kapan sebaiknya melakukan test down syndrome dan berapa perkiraan biayanya Dok? Tes tersebut apakah bisa dilakukan di semua RS? Atau di RS tertentu?
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Devi, Screening down syndrome umumnya dilakukan pada mama-mama yang memiliki resiko tinggi seperti hamil pada usia lebih dari 35 tahun, memiliki riwayat anak dengan kelainan genetik sebelumnya, mama yang memiliki kebiasaan merokok dan alkohol dan lain-lain. Tes termudah dan termurah adalah dengan pemeriksaan USG di trimester pertama seperti pemeriksaan ketebalan NT (Nuchal Transusensi), Ductus Fenosus atau pemeriksaan hormonal dan darah. Tetapi tidak semua itu harus dilakukan karena pemeriksaan hormonal akan mengeluarkan biaya cukup besar sementara pemeriksaan paling murah dan simpel adalah pemeriksaan USG. Jika ditemukan ketidaknormalan pada pemeriksaan USG, baru dilakukan pemeriksaan hormonal atau darah. Semoga membantu ya Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Ai Habibah
    Ai Habibah
    Dear dr. Febriansyah Darus, SpOG

    DOk Saya sudah menikah 8 tahun, ditahun pertama saya hamil anak pertama yang sekarang usianya sudah 7 tahun anaknya laki-laki. tapi saya mau program hamil yang ke 2 ini susah banget dok udah 4 tahun berlalu menanti kehadiran yang ke dua tak kunjung datang kira-kira kenapa ya dok ? Terimakasih :)
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Halo Mama "AI",

      Mohon maaf pertanyaan Mama tidak sesuai topik kali ini. Silakan mengajukan pertanyaan pada http://bit.ly/TanyaAhliMamaCare atau hubungi Care Line Lactamil di nomor 0-800-1-600-600. Terima kasih :)

       

    • Live Chat sudah selesai.

  • risna gusnita
    risna gusnita
    Dear dokter,,
    Tes Down syndrom itu apa ya dok,klo bleh tau dan di kehamilan brapa bulan ciri2 nya seperti apa ya apa berbahaya terhadap janinkah ??
    Terima kasih ...
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Risna, Down syndrom merupakan kumpulan abnormalitas janin yang disebabkan oleh kelainan genetik pada kromosom 21 sehingga kadang disebut dengan trisomi 21. Sreening kelainan genetik pada janin yang paling dini dilakukan oleh USG adalah pengukuran ketebalan NT atau ketebalan cairan dibelakang tengkuk janin paling dini dilakukan pada usia kehamilan 11 sampai 13 plus 6 minggu. Pada wanita-wanita resiko tinggi misalnya usia ibu yang sudah lebih dari 35 tahun, ada riwayat keluarga yang menderita kelainan genetik, ibu yang biasa mengkonsumsi rokok dan alkohol disarankan untuk melakukan tes lebih dini misalnya dengan pemeriksaan darah (NIPT). Semoga membantu Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • resty yulianna
    resty yulianna
    dear dokter..
    di usia kehamilan berapa kah biasa nya down syndrom ini bisa terdeteksi??kira2 apa saja kah ciri nya bila janin kita terdeteksi kelainan down syndrom?dan bgmna kita menyikapinya?terimakasih..
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Resti, down syndrom merupakan kelainan genetik. Scrinning kelainan genetik seharusnya sudah bisa terdeteksi pada pemeriksaan trimester pertama. Pada pemeriksaan USG trimester pertama akan ditemukan penebalan NT (Nuchal Transusensi), kelainan gambar ductus fenosus dan kelainan-kelainan organ lainnya. Pada trimester kedua, perlu diketahui bahwa down syndrom merupakan kumpulan syndroma klinik, tentunya akan ditemukan lebih dari satu abnormalitas organ janin. Selain itu pemeriksaan bisa dilakukan dengan pemeriksaan hormonal di trimester pertama seperti free beta HCG. Peningkatan dan penurunan PAPP-A. Sementara di trimester ke dua akan didapatkan peningkatan free beta HCG dan inhibin A dan penurunan AFP dan estriol. Semoga membantu ya Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Ita Kurniastuti
    Ita Kurniastuti
    Dear, dr.Febriansyah Darus.
    Satu hal lagi yang ingin saya tanyanyan.
    Melalui tes down syndrom bisa diketahui apakah janin mengalami kelainan (potensi down syndrom), apakah kelainan tersebut terlihat dari bentuk fisik janin di dalam kandungan atau dari hal lainnya dok? Terima kasih..
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Halo Mama Ita

      Terima kasih atas partisipasinya. Untuk pertanyaan ini akan dijawab dr. Febriansyah Darus, SpOG pada pertanyaan Mama yang sebelumnya ya, Ma.

    • Live Chat sudah selesai.