Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Mengenal Tes Down Syndrome Saat Kehamilan

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Ita Kurniastuti
    Ita Kurniastuti
    Dear dr.Febriansyah Darus, deteksi dini down syndrome ini prosesya seperti apa? Apa ada tahapan dan jenis-jenis nya? Lalu, biasanya dilakukan saat kehamilan memasuki usia berapa bulan. Dan apabila janin positif mengalami down syndrome, tindakan apa yang bisa dilakukan? Apa bisa disembuhkan atau dikurangi resikonya? Terima kasih..
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Halo Mama Ita

      Terima kasih atas partisipasinya. Untuk pertanyaan ini akan dijawab dr. Febriansyah Darus, SpOG pada pertanyaan Mama yang sebelumnya ya, Ma.

    • Live Chat sudah selesai.

  • Ita Kurniastuti
    Ita Kurniastuti
    Hay dok, saya pernah mendengar bahwa down syndrome ini lebih rawat terhadap kehamilan wanita yang berusia diatas 35tahun, apa benar ya dok? Kalau benar, kenapa bisa begitu?
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Ita, memang benar salah satu faktor resiko teradinya kelainan kongenital termasuk down syndrom adalah pada ibu yang hamil pada usia lanjut. Kejadian down syndrom pada wanita dibawah usia 30 tahun hanya berkisar 1-3/1000 kelahiran tetapi pada wanita yang lebih dari 35 tahun angka kejadian meningkat menjadi 1/30 kelahiran. Hal ini disebabkan oleh sumber sel telur atau sel sperma yang mengalami kehamilan bukan sumber yang paling baik. Karena sel telur atau sperma yg baik umumnya sudah dikeluarkan dihawa-hawa usia reproduksi.
      Deteksi dini down syndrom bisa dilakukan dengan berbagai cara pertama, dengan pemeriksaan USG. Salah satu screening yang digunakan di trimester 1 adalah menghitung NT (Nuchal Translusensi), gambaran Ducus fenosus yang merupakan penanda dini kelainan genetik. Pada trimester 2 dan 3 biomarkernya lain lagi, misalnya dengan melihat profil muka, tulang hidung, dan jarak bola mata serta kelainan - kelainan lainnya. Selain pemeriksaan USG screening bisa dilakukan dengan pengambilan darah ibu. Down syndrom merupakan penyakit genetik, sampai sekarang penyakit genetik tidak bisa disembuhkan, screening down syndrom dilakukan hanya untuk mengetahui dan mempersiapkan kedua pasangan bahwa bayi yang nanti dilahirkan mungkin memerlukan penatalaksanaan khusus. Semoga membantu Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Mega Nurazzahra
    Mega Nurazzahra
    Dok , saya sudah menikah 9bulan , bulan maret kmrin saya hamil tp mengalami keguguran pada saat umur kehamilan 2 minggu , saya tidak melakukan pembersihan saat ituh , sampai saat ini saya belum hamil lagi dok , kira2 mempengaruhi untuk perencanaan kehamilan saya gak dok karena kmrin mengalami keguguran ?
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Halo Mama Mega,

      Mohon maaf pertanyaan Mama tidak sesuai topik kali ini. Silakan mengajukan pertanyaan pada http://bit.ly/TanyaAhliMamaCare atau hubungi Care Line Lactamil di nomor 0-800-1-600-600. Terima kasih :)

       

    • Live Chat sudah selesai.

  • Marga Pristanti Pertiwi
    Marga Pristanti Pertiwi
    Dok saat ini kehamilan saya menjelang usia 8 minggu. Dan saya sering lelah serta sakit sesak juga batuk. Selain itu saya disarankan untuk mengkonsumsi obat batuk yang menurut beberapa orang aman untuk ibu hamil. Yang saya ingin tanyakan, adakah hubungannya saya mengkonsumsi obat obatan dg keadaan bayi saya dok? dan apakah ada pengaruhnya pada tes down syndrome nanti? terimakasih banyak dok :)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Hai Mama Tiwi, Konsumsi obat-obatan di trimester pertama harus dilakukan secara hati-hati. Beberapa jenis obat dilarang digunakan karena akan mengganggu proses pembentukan janin. Bila konsumsi obat batuk tersebut berdasarkan rekomendasi dari dokter, maka hal tersebut sudah dipikirkan secara matang dan beberapa jenis obat batuk aman untuk ibu hamil. Down syndrom disebabkan oleh kelainan kromosom yang sudah terjadi sejak kehamilan tersebut terjadi bukan karena obat-obatan yang dikonsumsi. Semoga membantu :) 

    • Live Chat sudah selesai.