Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Budiarti

Mitos dan Fakta Nutrisi Selama Hamil

Budiarti Ahli Nutrisi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Budiarti. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • besty adelyna
    besty adelyna
    Selamat Siang Mom Budiarti... saya bumil dengan usia kandungan jalan 8 bulan. Saat ini saya sangat mudah sekali merasa letih dan tidak semangat. Biasanya sebelum hamil, saya biasa mengkonsumsi supplement agar lebih berstamina. Sebagai gantinya saya kadang - kadang mengkonsumsi JAMU dibandingkan obat-obatan.

    Yang mau saya tanyakan, apakah minum JAMU bagus untuk bumil, karena bahan alam alami... ? Apakah ada bu nutrisi di Jamu

    terima kasih
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Selamat siang Mama Betsy,

      Mama hanya bisa bertanya sekali di setiap Live Chat, jadi pertanyaan Mama yang akan dijawab oleh Mama Budiarti adalah pertanyaan pertama ya, Ma.

      Terima kasih telah berpartisipasi.

    • ria
      ria
      Waktunya hmpir hbis.. maaf mamacare sdh 50 mnt baru 3 pertanyaan yg terjwb.. nnti kira2 dijawab semua g yah pertanyaannya atau hny sckupny wktu .. :-) trmksh
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Selamat Sore Mama besty,

      Mohon maaf pertanyaan yang Mama ajukan tidak sesuai topik. Mama bisa mengajukan pertayaan Tanya Ahli Obgyn kami.

      Terima Kasih :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Tati Hadiyanti
    Tati Hadiyanti
    Selamat siang, ibu Budiarti

    Saat pertama kali di USG saya di beritahu oleh dokter katanya terdapat miom yg ukurannya -+ 3cm..sedangkan baby nya baru berukuran 1,2 cm besar miom nya di banding baby nya..

    Yg saya tanyakan.. apakah nutrisi yg saya makan akan terhalang oleh miom sehingga baby nya kurang mendapatkan asupan nutrisi,atau tidak bu? Mohon penjelasannya
    Terima kasih
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Selamat Sore Mama Tati,

      Mohon maaf pertanyaan yang Mama ajukan tidak sesuai topik. Mama bisa mengajukan pertayaan Tanya Ahli Obgyn kami.

      Terima Kasih :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Septiyani
    Septiyani
    hallo mama budiarti
    kecukupan nutrisi sangat menentukan tumbuh kembang janin didlm kandungan, terlebih lagi klo bundanya kurang gizi katanya berdampak buruk jg buat bayi dlm kandungan, ada bbrp yg mau sy tanyakan :
    1. selama hamil kmrn sy mengurangi makan durian katanya biar rambut anak tebal tp setelah dedek lahir ternyata rambutnya tetap tipis seperti kakaknya pdhl rambut ayahbundanya termasuk lebat, klo ini fakta ato mitos y ma...?
    2. sy jg mengurangi mie instan dan fast food sampai kadang kepengen banget sy tahan2, eh skrg dedek ilernya jd banyak, apa itu berpengaruh ma...?
    3. bbrp obat dan vitamin dr dokter kandungan seperti asam folat dan kalsium msh tersisa sampe dedek lahir apakah msh boleh diminum sedangkan sy menyusui ma...?
    4. rencananya secepatnya pengen punya dedek lagi berhubung umur terus berjalan, kebiasaan baik apa yg bisa mencukupi kebutuhan nutrisi saat hamil dan mengasuh balita apakah hanya cukup dengan makan2an bergizi dan olahraga saja ma...?
    salam
    Percakapan
    • ria
      ria
      Siang bunda ahza.. klo ingin anknya lebat rambutnya bnyakin asupan kacang hijau.. krn bnyak mngandung protein & vitamin yg mndukung prtumbuhn rambut.. klo mnghindari duren itu krn sifat duren yg panas yg dpt mnyebabkn kguguran jk janin tdk kuat.. trmksh
    • Budiarti
      Budiarti

      Hai Mama Ahza, konsumsi durian tidak ada hubungannya dengan tebal tipisnya rambut si kecil. Jadi hal ini adalah mitos.
      Kebiasaan Mama saat hamil dengan mengurangi fast food adalah baik untuk kesehatan Mama dan janin sedangkan ileran adalah mitos belaka.
      Untuk obat dan vitamin silahkan Mama konsultasi dengan dokter.
      Agar Mama cepat hamil lagi, selain mengkonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang dan olahraga sebaiknya istirahat cukup, hindari stres, berpikir positif, berhubungan seksual di masa subur dan jangan lupa untuk berdoa ya Mama.
      Oh iya Ma, hindari mengkonsumsi kedelai dan turunannya di masa subur karena kedelai mengandung genistein yang menghambat pergerakan sperma menuju sel telur. Semoga dapat membantu ya Ma :)

    • Septiyani
      Septiyani
      trimakasih mama budiarti untuk infony dan hadiahnya
      salam sukses y buat mama dan mamacare
    • Septiyani
      Septiyani
      trimakaish masukkanny mama ria
      salam
    • Live Chat sudah selesai.

  • ria
    ria
    Ass ibu budiarti.. sy ingin menanyakan.. bnyak perbincangan ibu hml tdk blh mkn blekutak /cumi hitam krn dpt mnyebabkn mulut bayi mnjd hitam.. itu mitos atau fakta yaa..
    Mhon jwbnny..trmksh..
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti

      Walaikum Salam Mama Ria, Cumi-cumi memang memiliki cairan tinta, namun tidak akan berdampak pada janin ketika Mama hamil mengkonsumsinya. Sehingga anggapan di atas hanyalah mitos. Faktanya, cumi-cumi memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang juga dibutuhkan oleh janin. Namun, dalam mengkonsumsinya, sebaiknya tak berlebihan karena beberapa seafood mengandung merkuri yang membahayakan untuk kehamilan. Semoga dapat membantu ya Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Fransisca
    Fransisca
    Asslamualaikum dokter ,,,
    Saya punya anak 1 masih menyusui ,,, sekarang usianya 1 tahun 5 bulan ... saya sekarang lagi program diet dokter .... coz saya gemuk banget , saya konsumsi obat penangsing apa tidak bahaya kah dokter , coz kata teman gx boleh nanti berpengaruh sama rahim katanya , tetangga nya ada yg githu sampe sekarang gx bisa hamil lagi ,, apa ithu benar ya dok ? Terimakasih ...
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Selamat Sore Mama Mama Zain,

      Mohon maaf pertanyaan yang Mama ajukan tidak sesuai topik. Mama bisa mengajukan pertayaan Tanya Ahli Obgyn kami.

       

      Terima Kasih :)

       

    • Live Chat sudah selesai.

  • aini yuniati
    aini yuniati
    Selamat siang mama, yg ingin saya tanyakan bagaimana ya ma cara mengabaikan mitos saat hamil sperti harus makann ini atau tdk makann itu, kalau tdk d turuti takut trjadi apa2, kalau d turuti blm tentu kejadian sprti itu ma...
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti

      Selamat Siang Mama Aini,Untuk menghindari mitos Mama bisa menggunakan logika, sehingga Mama tidak perlu khawatir berlebihan. Sebaiknya Mama hamil banyak mengkonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang. Semoga jawaban ini dapat membantu ya Mama Aini :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • dayu
    dayu
    Assalamualaikum mama budiarti. Mama saya ingin bertanya ma benarkah kalu istri sedang hamil suaminya makan ikan atau daging anaknya bisa laki2 atau benarkah kalau suaminya suka makan sayur anaknya perempuan? Soalnya mitos ini marak didaerah saya ma. Saya ingin mendapatkan penjelasan yang lebih logis. Terima kasih sebelumnya
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti

      Walaikumsalam Mama Dayu, hal tersebut adalah mitos. Jenis kelamin si kecil ditentukan dengan kromosom Y dari Papa dan kromosom X dari Mama. Sampai saat ini belum ada penelitian jenis makanan yang akan menentukan jenis kelamin. Semoga jawaban ini membantu ya Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • fitri angun hadi
    fitri angun hadi
    Assalamualaikum wr wb, selamat siang dok. saya mau bertanya. mohon dijawab yah dok. Anak pertama laki laki usia 3 tahun, tanpa program hamil ternyata sudah telat 2 bulan karena gagal KB. yang saya tanyakan : 1. apa bisa program jenis kelamin bila kehamilan sedah berjalan. 2. apa ada makanan khusus atau zat2 yang dibutuhkan agar menjadi bayi perempuan. 3. jarak yang tepat anatara kehamilan yang pertama dan yang kedua. atas informasinya saya sampaikan terimakasih.
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti

      Walaikum Salam Mama Fitri,Apabila saat ini Mama sudah di nyatakan Hamil tidak ada program hamil untuk menentukan jenis kelamin si bayi. Sebaiknya Mama cukupi nutrisi Mama selama kehamilan dengan Nutrisi yang seimbang, sebab kesehatan janin jauh lebih penting daripada jenis kelaminnya. Sedangkan untuk jarak antara kehamilan pertama dan kedua minimal 2 tahun ya Mama. Semoga dapat membantu ya Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • EFRYZA SYAHRY
    EFRYZA SYAHRY
    Selamat siang mama Budiarti, Saya mau tanya ma.. Apa yang menjadi penyebab sulitnya kehamilan kedua ma? Apakah pemakaian alat kontrasepsi yang terlalu lama bisa sulit untuk mendapatkan anak kedua ma? Kemudian ma, Butuh persiapan apa saja atau nutrisi apa saja untuk merencanakan kehamilan sehat ma, apakah kehamilan kedua mudah rentan komplikasi ma… Mohon jawabannya, Terima kasih..

    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti

      Selamat Siang Mama Vivi, untuk merencanakan kehamilan sebaiknya mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang,banyak mengandung asam folat,vitamin D,vitamin E,yang banyak terdapat pada sayuran dan buah-buhan yang ada disekitar kita,serta hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Juga hindari makanan yang mengandung lemak trans (gorengan,junk food), perbanyak mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti beras merah dan roti gandum. Khusus masa subur sebaiknya Mama hindari konsumsi kedelai dan turunannya, karena dalam kedelai mengandung genistein yang akan menghambat pergerakan sperma menuju sel telur. Semoga jawaban ini dapat membantu Mama Vivi :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Winarni
    Winarni
    Selamat siang,
    Saat trimester 1 kehamilan saya yang kedua, saya memang suka sekali menkonsumsi daging ikan, menurut berita yang saya dengar menkonsumsi ikan berlebihan pada kehamilan trimester 1 tidak baik, ini berkaitan dengan merkuri yang terkandung di dalam minyak ikan , Apakah benar dengan hal itu? Apakah harus membatasinya? Terima kasih
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti

      Siang Mama Wina, sebenarnya ikan sangat bermanfaat karena mengandung protein, lemak dan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk perkembangan otak si kecil. Hanya sayangnya belakangan ini lingkungan sudah banyak tercemar dengan merkuri, jadi Mama bisa lebih berhati-hati dalam memilih ikan. Untuk itu Mama bisa menggantinya dengan ikan air tawar. Semoga jawaban ini dapat membantu Mama :)

    • Live Chat sudah selesai.