Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Budiarti

Nutrisi Wajib di Trimester Pertama

Budiarti Ahli Nutrisi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Budiarti. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • dian qurrotul aini
    dian qurrotul aini
    Selamat siang ibu budiarti.

    Perkenalkan saya bunda dian, ibu baru yang mempunyai seorang anak berusia 6 bulan

    Dulu sewaktu hamil trimester pertama anak saya, saya jarang sekali makan dan minum vitamin dari dokter karena keluhan mual muntah yang saya alami, sehingga waktu anak saya lahir tubuhnya sangat kurus, bahkan sampe tulangnya kelihatan menonjol, padahal waktu lahir usia kehamilan saya 9 bulan. Saya tidak ingin itu terjadi pada anak saya yang lain nantinya, yang ingin saya tanyakan:

    1. Seberapa pentingkah nutrisi untuk kehamilan trimester pertama?

    2. Apa saja nutrisi terbaik yang perlu dikonsumsi oleh ibu hamil trimester pertama?

    3. Yang dialami anak saya benarkah karena kekurangan nutrisi ketika saya hamil trimester pertama dulu?

    4. Apa akibat lainnya jika ibu hamil trimester pertama kekurangan nutrisi?

    Mohon penjelasannya ya bu, terima kasih
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang Mama dian qurrotul aini.

      1. Sangat penting sekali memenuhi nutrisi pada trimester pertama yaitu untuk mencegah terjadinya cacat tabung syaraf, membantu menungkatkan kekebalan tubuh, mencegah kelahiran prematur dan BBLR(Berat Bayi Lahir Rendah), dan membantu pertumbuhan fisik janin.

      2. Nutrisi penting yang harus dipenuhi pada trimester pertama yaitu makanan tinggi Protein, Asam folat, Vitamin D, Zat besi, dan Kalsium seperti (telur, ikan, hati ayam, bayam, kacang-kacangan, pisang, jeruk, alpukat, keju dan lain-lain), serta cukup konsumsi air putih.

      3. Berat badan si kecil sangat kurus saat lahir bisa disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi saat hamil. Selama Mama mengkonsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang saat kondisi mual dan muntah maka Mama dan janin akan selalu sehat.

      4. Kekurangan nutrisi pada trimester pertama dapat mengakibatkan terjadinya cacat tabung syaraf, kelahiran prematur dan BBLR(Berat Bayi Lahir Rendah), mengalami anemia dan pendarahan saat melahirkan.

      Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan bebas pulsa Lactamil di nomor 0800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Ema Maeemana
    Ema Maeemana
    selamat siang Ibu Budiarti, waktu kehamilan anak pertama, saya sempat mengalami flek di usia kandungan 2 bulan, apa penyebabnya ya? dan berulang ketika usia kandungan 21 minggu, padahal sudah mengkonsumsi vitamin dan asam folat, apakah penyebabnya karena berhubungan badan di kehamilan muda?? apakah nutrisi yang tepat yangsebaiknya saya konsumsi agar nanti di kehamilan kedua kandungan saya tetap sehat?
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil
      Hai Mama Ema,

      Terima kasih sudah berpatisipasi. Mohon maaf pertanyaan Mama tidak sesuai topik kali ini yaitu Nutrisi Wajib di Trimester Pertama, Mama bisa konsultasi langsung pada layanan bebas pulsa Lactamil di 0800-1-600-600 untuk informasi selengkapnya. Terima Kasih :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Vita Anita Shafa
    Vita Anita Shafa
    Selamat siang mama Budiarti..

    Senang sekali berjumpa dengan anda dalam kesempatan live chat kali ini.

    Saya seorang ibu rumah tangga berusia 27th mempunyai seorang anak dan sedang hamil anak ke2.

    Pada awal kehamilan (UK 5minggu) ini saya mengalami mual muntah hebat yang mengganggu rutinitas saya.

    Saya hanya dapat memakan sayuran tertentu saja seperti brokoli dan kol. Selain itu saya tidak suka karena rasa mual yang menganggu ini.

    Saya suka minum susu hamil.

    Pada trismester pertama sayuran itu penting ya ma.. namun saya hanya menyukai ke2 jenis sayur itu saja.

    Pertanyaan saya.

    - Benarkah ma telur puyuh rebus sangat dianjurkan pada kehamilan trismester pertama, dan bisa dijadikan penguat kandungan alami? Agar janin kuat dalam kandungan.

    - Bagaimana cara nya mengola sayuran agar nutrisi nya terjaga utuh?

    - Jika tidak dapat mengkonsumsi sayuran matang karena rasa mual yang hebat, adakah cara lain agar memakan sayur menyenangkan? Seperti dibuat jus dan dicampur buah? Bagaimana cara mengolahnya menjadi jus sedangkan pada ibu hamil tidak disarankan memakan makanan mentah?

    - Fakta atau Mitos kah mengenai memakan kuning telur ayam kampung mentah dapat menyegarkan badan dan meningkatkan kekebalan tubuh pada ibu hamil muda?

    Terimakasih Ma Budiarti
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang Mama Vita Anita Shafa.

      1. Telur puyuh ini merupakan sumber protein hewani yang bermanfaat untuk Mama dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh dan bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, sehingga telur puyuh ini baik untuk dikonsumsi untuk Mama yang sedang hamil.

      2. Cara mengelola sayuran agar nutrisinya terjaga penuh pilih sayuran yang segar, sebelum di masak sebaiknya dicuci bersih terlebih dahulu, untuk Mama yang sedang hamil sebaiknya sayuran diolah secara matang dan sebaiknya langsung dikonsumsi oleh Mama.

      3. Untuk mensiasati Mama yang kurang menyukai sayuran sebaiknya sayurannya divariasikan seperti dibuat kroket isi sayuran, bola-bola bayam, keripik bayam, tahu isi sayuran dll.

      4. Fakta, karena kuning telur adalah sumber protein hewani bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dan membangun serta memperbaiki jaringan tubuh. Namun pengolahannya sebaiknya dimasak secara matang dan hindari konsumsi kuning telur mentah.

      Semoga membantu ya Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut Mama bisa menghubungi layanan bebas pulsa Lactamil di nomor 0-800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Maryati
    Maryati
    Selamat siang Ibu,

    Bagaimana cara terpenuhi nutrisi bila ibu hamil pada trimester pertama sering mual dan muntah?



    Apakah selama hamil vitamin dan suplemen dianjurkan untuk menjaga agar nutrisi selalu terpenuhi?



    Bagaimana Pola makan yang baik agar nutrisi Ibu dan Anak terpenuhi namun berat badan tidak berlebihan? Karena saat hamil anak pertama berat badan saya naik hingga 20kg membuat saya sesak nafas dan cepat lelah.



    Terima kasih
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang Mama Maryati. Agar nutrisi tetap terpenuhi pada saat mengalami mual dan muntah, Mama bisa mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil tapi sering, makan makanan yang berkarbohidrat kompleks agar memberikan rasa kenyang yang lebih lama seperti roti gandum, perbanyak makan sayuran yang berkuah, buah-buahan,dan air putih, makan cemilan seperti roti kering, biscuit, kraker, konsumsi air jeruk, air jahe. Agar kenaikan berat badan normal selama kehamilan sebaiknya Mama perbanyak makanan yang mengandung protein seperti ikan, telur, hati ayam, dan perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan serta air putih. Semoga membantu ya Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut Mama bisa menghubungi layanan bebas pulsa Lactamil di nomor 0-800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Ria Sepriani
    Ria Sepriani
    Dear Bunda Budiarti,



    Saya ingin bertanya, bagaimana caranya memilih nutrisi yang baik untuk seorang ibu hamil di trimester pertama ?

    Karena yang saya tahu bahwa pada trimester pertama ibu hamil pasti mengalami mual dan muntah hingga membuat tubuh lemah dan nafsu makan menghilang.



    Terimakasih

    Salam manis selalu
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Ria Sepriani. Agar kebutuhan nutrisi di trimester pertama terpenuhi Mama dapat mengkonsumsi makanan tinggi Protein, Asam folat, Vitamin D, Zat besi, dan Kalsium seperti (telur, ikan, hati ayam, bayam, kacang-kacangan, pisang, jeruk, alpukat, keju dan lain-lain), serta cukup konsumsi air putih. Dalam mengatasi mual dan muntah Mama dapat mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering, konsumsi buah-buahan segar, air jahe, air jeruk, jus buah, biskuit, krekers dan lain-lain. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan bebas pulsa Lactamil di nomor 0800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • saodah
    saodah
    Selamat siang mom, saya mau menanyakan, sebenarnya apa sih yang membuat seorang ibu yang sedang hamil dimasa trismester pertama sering mengalami mual bahkan muntah,juga tidak nafsu makan?? Adakah nutrisi atau makanan yang bisa tetap ibu hamil bisa senang memaknnya,tanpa menolaknya, apakah selain dark chocolate,ada cemilan lain yang bisa membuat nafsu makan ibu hamil di trismester awal jauh lebih baik??
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang Mama Saodah, senang bisa bersilaturahmi dengan mama:)

      Pada trimester pertama sebagian besar mama mengalami mual dan muntah karena adanya perubahan hormon progesteron dan estrogen sehingga mempengaruhi fungsi neuron dalam tubuh mama

      Sebenarnya pada trimester pertama ini mama bisa mengkonsumsi makanan kesukaan mama, tidak ada pantangan, tapi sebaiknya mama pun memperhatikan makanan yang mengandung mikronutrisi seperti asam folat ( bayam, brokoli, ikan, daging); zat besi (kacang merah, hati ayam) dan kalsium (susu, keju dan ikan) juga konsumsi makronutrisi seperti protein (daging, telur, tempe, tahu) dan jangan lupa konsumsi air putih ya mama. Dan mama pun dapat berolah raga ringan di pagi hari seperti berjalan kaki di bawah sinar matahari pagi yang tentunya banyak mengandung vitamin D alami yang sangat baik bagi kesehatan mama

      Untuk mengatasi mual ini sebaiknya mama mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering, mama dapat mengkonsumsi air jahe atapun permen jahe dan hindari stres serta banyak istirahat

      Sedangkan untuk camilan mama bisa mengkonsumsi camilan sehat seperti irisan buah atau jus buah sayur

      Semoga dapat membantu ya mama, dan mama serta janinnya sehat selalu. Bila ada yang ingin ditanyakan silakan menghubungi layanan Lactamil 0800 1 600 600
    • Live Chat sudah selesai.

  • yuni arti
    yuni arti
    Selamat siang Mama Budiarti.

    Alhamdulillah saat ini aku sedang hamil 10minggu, setelah bulan september kmrn aku di kuret krn aku hamil BO. Ditrimester pertama ini aku jadi pilah pilih makanan bgt, karena aku khawatir ada salah makan. Yang ingin saya tanyakan, nutrisi wajib apa saja yg harus aku perhatikAn?

    dan jika aku membeli vitamin tambahan seperti folamil genio apakah aku masih perlu minum vitamin yg diberikan bidan spt. afolat.?

    terima kasih sebelum dan sesudahnya atas jawaban Mama.
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Siang Mama yuni arti. Diusia kehamilan trimester pertama sebaiknya Mama perbanyak makanan yang banyak mengandung protein,asam folat, vitamin D, zat besi dan kalsium yang terdapat pada kuning telur, hati ayam, daging, ikan salmon, bayam, brokoli, keju, susu, melon, pisang, jeruk dll. Asam folat banyak terdapat pada makanan seperti bayam, brokoli, jagung, kentang, ikan salmon, kuning telur, hati ayam, jeruk, pisang dan melon. Jangan lupa juga konsumsi air putih. Sebaiknya untuk konsumsi vitamin Mama konsultasikan kembali dengan dokter atau bidan. Semoga membantu ya Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut Mama bisa menghubungi layanan bebas pulsa Lactamil di nomor 0-800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Firman Farid wajdy
    Firman Farid wajdy
    Saya hamil 5 bln. Kata bidan kandungan saya lemah jadi harus banyak istirahat dan konsumsi telur,supaya bayinya sehat.sya tidak suka telur..apakah dg minum lactamil tiap hari sudah cukup nutrisinya tanpa makan telur???mksh
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil
      Hai Mama Firman,

      Terima kasih sudah berpatisipasi. Mohon maaf pertanyaan Mama tidak sesuai topik kali ini, Mama bisa bertanya langsung pada layanan bebas pulsa Lactamil di 0800-1-600-600.
    • Live Chat sudah selesai.

  • Desi lestari
    Desi lestari
    Siang mam,mam mau tanya makan apa aja sich yg cocok sebagai nutrisi ditrisemester pertama dan apakah hanya dg buah sama susu sudah cukup mam soalnya klo sama sayur, bau dan mual bawaannya,adakah solusinya mam agar nutrisi tetep terpenuhi dengan rasa ngidam yg tak menentu terkadang itu baik untuk nutrisi tetapi setiap dimakan mualĀ²....



    Mohon pencerahannya mam trima kasih
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang Mama Desi lestari. Selamat atas kehamilannya ya. Untuk memenuhi nutrisi di trimester pertama dengan konsumsi makanan tinggi Protein, Asam folat, Vitamin D, Zat besi, dan Kalsium seperti (telur, ikan, hati ayam, bayam, kacang-kacangan, pisang, jeruk, alpukat, keju dan lain-lain). Mengkonsumsi buah dan susu saja memang belum memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang namun untuk mengatasi mual dan muntah Mama dapat mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering, konsumsi buah-buahan segar, air jahe, air jeruk, jus buah, biskuit, krekers dan lain-lain. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan bebas pulsa Lactamil di nomor 0800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • mahana
    mahana
    Selamat siang mama budiarti

    Mau tanya bu ,saya skrg hamil memasuki 12 minggu dengan tinggi dan berat badan saya normal ,dari awal kehamilan sampe skrng sya selalu minum susu Lactamil 2x sehari dan makanan apapun saya suka termasuk makanan yang bergizi ,pas saya periksa ke bidan memasuki 11 mggu berat badn saya sebulan nyampe 4kg sbelumnya hanya 1-2 kg saja setiap bulan nya ,apakah berat badan saya itu msh normal dengan naik 4kg sebulan ? Apakah dengan mengonsumsi susu rutin 2x sehari bisa berpengaruh karena takut berat badan janin dlm kandungan sya kebesaran ,dan sekarang pun kata bidan ,saya di anjurkan untuk tidak terlalu rutin minum susu hanya 1x sehari dan makan yang bergizi...Mohon saran ya ma , terimakasih sebelum dan sesudahnya
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang Mama mahana. Biasanya kenaikan berat badan mulai meningkat di usia kehamilan trimester kedua, jika diusia kehamilan Mama 11 minggu kenaikan berat badan mengalami peningkatan yang drastis sebaiknya Mama mengurangi makanan yang berkarbohidrat dan perbanyak makanan yang mengandung protein seperti ikan, telur, hati ayam, dan perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan serta air putih. Untuk konsumsi susu sebaiknya Mama mengikuti saran dari Bidan karena susu hanya sebagai tambahan nutrisi, nutrisi yang utama ada pada makanan. Semoga membantu ya Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut Mama bisa menghubungi Lactamil Mamacare di nomor 0-800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.