Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Budiarti

Nutrisi Wajib di Trimester Pertama

Budiarti Ahli Nutrisi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Budiarti. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • IIs Hidayat
    IIs Hidayat
    Selamat siang mama budiarti , bagaimana melengkapi nutrisi di trimester pertama sedangkan saya mengetahui kehamilan saya setelah merasa mual muntah dan usia kehamilan 6 minggu?
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang Mama IIs Hidayat. Selamat atas kehamilannya ya. Untuk memenuhi nutrisi di trimester pertama dengan kondisi mual dan muntah yaitu tetap konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang seperti Karbohidrat(yang biasa disebut makanan pokok seperti nasi, kentang, singkong, roti), Protein, Lemak, Vitamin dan Mineral serta cukup konsumsi air putih. Mengatasi mual dan muntah Mama dapat mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering, konsumsi buah-buahan segar, air jahe, air jeruk, jus buah, biskuit, krekers dan lain-lain. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan bebas pulsa Lactamil di nomor 0800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • winda aisyah
    winda aisyah
    Assalamualaykum...

    Selamat siang mama..

    Saya saat ini sedang hamil anak pertama d usia kehamilan 10 minggu...keluhan saya pusing dan lemes setelah saya k bidan dan ukur tensi ternyata normal

    Saya sebelumnya sempat diberi Fe oleh bidan namun feses saya menjadi berwarna hijau dan susah bab

    Sebaiknya makanan bernutrisiapa yg sebaiknya saya konsumsi sebagai pengganti Fe ?

    Semenjak saya hamil sayaau makan apa saja dan apakah itu baik ma ?

    Bidan menyarankan mengurangi minum teh dan menggantinya dg air jeruk apakah ini jg baik ma?

    Terimakasih atas jawabannya
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Waalaikum salam mama Winda Aisyah.

      Selamat atas kehamilan mama :)

      Konsumsi zat besi sebaiknya diteruskan ya mama, agar mama sehat dan prima, terhindar dari pusing dan lemas. Tapi selama mama mengkonsumsi zat besi sebaiknya mama juga mengkonsumsi buah dan sayuran serta air yang cukup sehingga BAB (buang air besar) mama menjadi lancar.

      Sebaiknya mama lebih sering mengkonsumsi air jeruk dari pada air teh hal ini untuk membantu penyerapan zat besi

      Semoga dapat membantu ya mama, dan mama serta janinnya sehat selalu. Bila ada yang ingin ditanyakan silakan menghubungi layanan Lactamil 0800 1 600 600
    • Budiarti
      Budiarti
      Waalaikum salam mama Winda Aisyah.

      Selamat atas kehamilan mama :)

      Konsumsi zat besi sebaiknya diteruskan ya mama, agar mama sehat dan prima, terhindar dari pusing dan lemas. Tapi selama mama mengkonsumsi zat besi sebaiknya mama juga mengkonsumsi buah dan sayuran serta air yang cukup sehingga BAB (buang air besar) mama menjadi lancar.

      Sebaiknya mama lebih sering mengkonsumsi air jeruk dari pada air teh hal ini untuk membantu penyerapan zat besi

      Semoga dapat membantu ya mama, dan mama serta janinnya sehat selalu. Bila ada yang ingin ditanyakan silakan menghubungi layanan Lactamil 0800 1 600 600
    • Live Chat sudah selesai.

  • eka rinawati
    eka rinawati
    selamat siang ma budiarti. ,,saya lagi hamil usia 6 minggu,setiap kali saya makan / minum susu ,selalu muntah. kecuali kalo makan buah saya gak muntah,,,itu gmana cra mengatasinya,apakah janin saya masih mengasup nutrisi kalo pola makan saya begitu,,trimakasih ma,,
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang Mama eka rinawati. Selamat atas kehamilannya ya. Mengalami mual dan muntah di awal kehamilan ini wajar karena adanya perubahan hormon selama kehamilan. Seiring bertambahnya usia kehamilan dan jika trimester pertama sudah terlewati maka mual dan muntah akan berkurang. Mama tidak perlu khawatir semua nutrisi yang Mama konsumsi akan tetap terserap oleh janin. Untuk mengatasinya tetap konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang dalam porsi kecil tapi sering. Konsumsi buah-buahan segar, jus buah, krekers, biskuit dan lain-lain. Semoga membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan bebas pulsa Lactamil di nomor 0800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • N.nurhayati
    N.nurhayati
    Selamat siang bunda. Aku punya beberapa pertanyaan waktu aku hamil muda aku mengalami sembelit sampai satu minggu tidak bisa BAB makanan apa yang bisa melancarkannya? Hamil muda mengalami hiperemesis tidak bisa makan langsung ke luar lagi bagaimana tips nya agar tetap nutrisi terpenuhi? Makanan apa saja yang di anjurkan selama hamil trimester pertama? Trimester pertama harus banyak mengonsumsi asam folat sumber pangan apa yang mengandung asam folat? Makanan apa yang harus di hidari pada teimester pertama? Apakah buah melon bisa mengurangi mual dan muntah?

    Mohon penjelasannya bunda terima kasih
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang Mama N.nurhayati. Jika diusia trimester pertama Mama mengalami sembelit atau sulit BAB sebaiknya Mama perbanyak asupan sayur-sayuran, buah-buahan dan konsumsi air putih. Mama untuk mengurangi mual muntah yang berlebihan atau hiperemesis, agar nutrisi Mama tetap terpenuhi sebaiknya Mama mengkonsumsi makanan dengan porsi kecing tapi sering, perbanyak makan sayuran yang berkuah, buah-buahan, makan cemilan seperti roti kering, biscuit, kraker, konsumsi air jeruk, air jahe. Makanan yang dianjurkan untuk usia kehamilan trimester pertama yaitu makanan yang banyak mengandung protein,asam folat, vitamin D, zat besi dan kalsium yang terdapat pada kuning telur, hati ayam, daging, ikan salmon, bayam, brokoli, keju, susu, melon, pisang, jeruk dll. Asam folat banyak terdapat pada makanan seperti bayam, brokoli, jagung, kentang, ikan salmon, kuning telur, hati ayam, jeruk, pisang dan melon. Di usia kehamilan trimester pertama sebaiknya menghindari makanan yang banyak mengandung pengawet, makanan yang diolah setengah matang, dan makanan yang bergas seperti tape. Mama pada dasar semua buah-buahan baik dikonsumsi untuk Mama yang sedang mengalami mual dan muntah karena memberikan rasa segar. Semoga membantu ya Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut Mama bisa menghubungi Lactamil Mamacare di nomor 0-800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Betty Yuliani Silalahi
    Betty Yuliani Silalahi
    Selamat siang Mama Budiarti. Saya seorang Ibu bekerja dan mempunyai 1 Putri berusia 29 bulan dan sekarang saya lagi program hamil Anak kedua. Di kehamilan pertama lalu, dari trimester pertama sampai trimester kedua saya menggunakan penguat kandungan (obat luar). Saya menggunakan penguat kandungan, karena permintaan/saran dari Dokter kandungan saya (mengingat saya pernah mengalami keguguran di usia kehamilan

    3 bulan). Saya tidak mengalami mual dan muntah yang teramat parah, kondisi masih bisa saya kontrol, tapi bawaannya saya jadi "malas masak", jadi suka beli makanan dari luar. Yang menjadi pertanyaan saya :

    1. Apakah jika pernah mengalami riwayat keguguran sebelumnya, maka peluang mengalami keguguran bisa terjadi lagi?

    2. Apakah ada hubungannya antara Asupan minuman dan makanan yang Ibu Hamil konsumsi dengan terjadinya keguguran?

    3. Apakah bawaan "Malas Masak" tersebut, dapat dikatakan "bawaan Janin atau Bayi di dalam perut? "Istilah bawaan Janin/Bayi itu apakah Fakta atau Mitos?

    4. Jenis minuman dan makanan apa sajakah yang Baiknya dikonsumsi oleh Ibu Hamil, terutama di awal kehamilan?

    5. Bagaimana cara mengganti Asupan Nutrisi yang kurang dikarenakan mual dan muntah yang berlebihan sampai Berat Badan Si Ibu dan Janin Bayinya turun?

    Terimakasih banyak Mama Budiarti
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang Mama Betty Yuliani Silalahi.

      1. Jika Mama mempunyai riwayat keguguran di kehamilan sebelumnya maka pada kehamilan berikutnya peluang mengalami keguguran bisa saja terjadi.

      2. Selama Mama mengkonsumsi makanan dan minuman bernutrisi, Mama dan janin akan selalu sehat. Keguguran disebabkan karena banyak faktor untuk mengetahuinya Mama bisa konsultasikan ke dokter.

      3. Bawaan malas saat hamil ini tidak ada hubungannya dengan janin, ini hanya mitos saja. Sebaiknya selama menjalankan kehamilan Mama tetap berpikir positif dan dapat melawan rasa malas tersebut.

      4. Makanan dan minuman yang baik dikonsumsi Mama saat awal kehamilan adalah Makanan dan minuman yang mengandung nutrisi seimbang. Makanan yang tinggi Protein, Asam Folat, Vitamin D, Zat besi, dan Kalsium. Untuk konsumsi minuman sebaiknya banyak mengkonsumsi air putih dan jus buah.

      5. Mama tidak perlu khawatir, mengalami mual dan muntah di awal kehamilan adalah hal yang wajar sampai Mama mengalami penurunan berat badan. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon selama kehamilan. Jika masa mual dan muntah sudah terlewati di awal kehamilan maka Mama dapat mengejar berat badan Mama dan Janin mencapai normal di trimester berikutnya.

      Semoga dapat membantu. Untuk konsultasi lebih lanjut Mama dapat menghubungi ke layanan bebas pulsa Lactamil ke nomor 0800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • heptawan
    heptawan
    Bismillah.. assalamualaikum Mama Budiarti, Alhamdulillah Istri saya sedang mengandung dan sudah memasuki usia kehamilan minggu ke 8 .. Yang ingin saya tanya kan :

    1. Diawal kehamilan istri mengalami gejala mual dan muntah yang hebat, meskipun udah dicoba berbagai tips mengenai solusi mengurangi muntah tetap aja gak ngefek, sehingga susah makan apalagi yang berhubungan dengan nasi, ikan, daging dan segala jenis makanan seafood. kalau di paksakan akan muntah. sehingga istri lebih sering mengkonsumsi buah2an, susu kambing dalam bentuk bubuk), kurma, madu, biskuit (jarang). Apakah

    dengan mengkonsumsi yang demikian dapat mencukupi

    kebutuhan nutrisi buat janin?

    2. Di usia kehamilan minggu ke 8 ini , suplemen atau vitamin apa saja yang bisa dikonsumsi oleh istri saya

    Mohon penjelasannya ya ma makasih
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Waalaikumsalam papa Hestawan, selamat ya istri papa sudah hamil.

      1. Papa tidak perlu khawatir dengan keadaan istri papa, hal ini banyak dialami saat mama hamil di trismester pertama ( minggu 1 s.d minggu ke 12). Asupan yang dikonsumsi oleh mama sudah baik, makanan yang papa sebut merupakan makanan bernutrisi, biasanya setelah melewati minggu ke 12 selera makan mama sudah membaik. Untuk itu sebaiknya mama mengkonsumsi makanannya dalam porsi kecil tapi sering.

      2. Untuk asupan suplemen atau vitamin papa bisa konsultasikan kepada dokter, sebagai informasi, vitamin banyak terdapat pada buah buahan dan sayuran

      Semoga istri dan janin yang dikandung dapat tumbuh berkembang dan sehat ya pa, bila ada yang ingin ditanyakan silakan menghubungi layanan Lactamil 0800 1 600 600
    • Live Chat sudah selesai.