Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Budiarti

Pantangan Makanan Saat menyusui untuk ASI Berkualitas

Budiarti Ahli Nutrisi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Budiarti. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Murni Sari dewi
    Murni Sari dewi
    Siang IBU Nutrisionis Budiarti,

    Saat ini kan saya sedang menyusui putri saya yang berumur 6 bulan.

    Pertanyaan saya

    1.Apakah benar ibu menyusui tidak boleh makan ikan karna akan membuat ASI berbau amis?

    2.Apakah ibu menyusui tidak boleh minum minuman yang dingin seperti es?

    3.Kemudian makanan apa saja yang diperbolehkan untuk ibu menyusui guna menghasilkan produksi ASI yg berkualitas?

    4.Dan makanan serta minuman apa saja yang tidak diperbolehkan untuk ibu menyusui?

    Mohon pencerahannya y bund,Trimakasih
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Murni Sari dewi, selamat karena masih memberikan ASI untuk si kecil. Sebenarnya tidak ada pantangan makanan saat Mama menyusui, selama dalam batasan wajar dan tidak berlebihan. Agar ASI Mama lancar, sebaiknya Mama mengkonsumsi makanan dengan prinsip nutrisi seimbang ke dalam menu harian Mama, Perbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium, seperti daging, ikan rendah merkuri, susu murni serta buah-buahan dan sayur yang mengandung vitamin c, zinc zat besi (sayur bayam, kangkung, katuk) dan kalsium, konsumsi susu Mama menyusui, konsumsi cairan 13 gelas/hari, hindari stres dan susui si kecil sesering mungkin, karena semakin sering si kecil menghisap payudara, maka ASI yang di keluarkan akan semakin banyak dan semakin lancar. Semoga membantu ya Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut, Mama bisa menghubungi layanan bebas pulsa Lactamil Mama Care di 0-800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Aminda dewi sutiasih
    Aminda dewi sutiasih
    Assalamualaikum bu budiarti saya seorang ibu menyusui saya mau bertanya apakah ibu menyusui boleh memakan mi instan atau bakso apakah dengan mengkonsumsi itu asi jadi tidak berkualitas mohon penjelasannya bu
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Aminda dewi sutiasih, wah selamat ya Ma masih memberikan ASI untuk si kecil. Mama yang sedang menyusui boleh saja mengkonsumsi mie instan ataupun bakso namun tidak berlebihan dan tidak terlalu sering karena bahan pengawet atau MSG yang terdapat di dalamnya memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan Mama dan si kecil. Jika Mama ingin mengkonsumsi mie instan atau bakso dapat ditambahkan sayuran dan protein di dalamnya seperti potongan ayam atau daging agar nutrisinya lengkap. Semoga membantu ya Ma. Untuk konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan bebas pulsa ke Lactamil Mama Care 0800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • titin latifah
    titin latifah
    siang bu.. saya ibu menyusui dan anak saya umurnya 19bln.. saya rencana pengen nyapih anak saya di 2 taun umurnya,, tp saya g mau pake cara orang tua dulu,yg putingnya di kasih obat merah lah atau dioles jamu, soalnya saya pikir pake cara itu bisa melukai hati anak saya.. saya pengen anak saya berenti menyusu karena dia mengerti kalau sudah saatnya berenti menyusu dan lebih mandiri.. kira2 gimana ya bu caranya, atau tips dan triknya.. terimakasih
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil
      Halo Mama Titin Latifah, terima kasih atas pertanyaannya.
      Mohon maaf pertanyaan Mama kali ini tidak sesuai topik Live Chat saat ini, namun Mama bisa berkonsultasi langsung kepada Mama Care Lactamil ke 0-800-1-600-600 (bebas pulsa)

      Terima Kasih :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Triasih
    Triasih
    Selamat siang, Mama Budiarti..

    Saya ingin bertanya..

    1. Apa saja sih pantangan makanan saat menyusui agar ASI berkualitas? Memangnya ada ya, Ma? Soalnya dulu setelah melahirkan di rumah sakit, perawat dan dokter bilang tidak ada pantangan makanannya.

    2. Apakah ASI yang keluar itu mengandung nutrisi dari apapun yang kita konsumsi? Seandainya meminum kopi apakah ASI juga akan mengandung kafein dari kopi tersebut?

    3. Di tempat saya masih ada tradisi minum jamu (biasa disebut "uyup-uyup") bagi ibu yang sedang menyusui. Kalau minum jamu tersebut, ASI menjadi segar bayinya pun tubuhnya kencang. Apakah benar begitu Ma?

    Mohon penjelasannya ya, Ma..

    Terima kasih
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Triasih,

      1. Sebenarnya tidak ada pantangan makanan saat Mama menyusui, yang terpenting Mama mengkonsumsi makanan dengan prinsip nutrisi seimbang.

      2. Semua makanan yang Mama makan selama menyusui, nantinya akan terserap oleh tubuh dan membantu dalam memproduksi ASI. Pengkonsumsian kopi semasa menyusui boleh saja, selama masih dalam batasan wajar.

      3. Pengkonsumsian jamu tradisional selama masa menyusui boleh saja, selama diimbangi dengan pengkonsumsian makanan bergizi seimbang, konsumsi susu Mama menyusui, konsumsi cairan 13 gelas/hari, hindari stres dan susui si kecil sesering mungkin, karena semakin sering si kecil menghisap payudara, maka ASI yang di keluarkan akan semakin banyak dan semakin lancar.

      Semoga membantu ya Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut, Mama bisa menghubungi layanan bebas pulsa Lactamil Mama Care di 0-800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Puji Astuti
    Puji Astuti
    Siang mama...saya masih menyusui baby 1 th yang ingin saya tanyakan makanan apa saja yang menjadi Pantangan Saat menyusui untuk ASI Berkualitas? Itu mitos atau memang benar adanya? Dan satu lg saat saya mengkonsumsi tape Asi saya jadi encer dan si kecil menjadi diare apakah itu ada hubungannya?
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hi mama Puji Astuti, selamat ya mama berhasil menyusui sampai sekarang. Pantangan makanan selama menyusui sebenarnya tidak ada, kecuali mama harus menghindari alkohol, kafein (terdapat pada kopi, teh dan coklat) bila dikonsumsi berlebih . Selain itu bila mama dan suami alergi terhadap sea food maka besar kemungkinan bila mama mengkonsumsi sea food si Kecil akan mengalami alergi. Tape singkong merupakan makanan bernutrisi dan baik untuk mama yang sedang menyusui asal konsumsinya tidak berlebihan, sedangkan ASI mama yang encer memang bila pertama mama menyusi yamg keluar encer dan selanjutnya lumayan kental. Semoga dapat membantu mama, untuk konsultasi lebih lanjut silakan menghubungi ke mamacare 0 800 1 600 600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Pita Amelia
    Pita Amelia
    Siang mama...sy ibu menyusui bayi usia 3 bl,sebenarnya apa yg kita makan itu langsung berpengaruh ke bayi tidak,contohnya anak sy gatal2 kemerah2an dikepala dan lipatan2 itu katanya akibat sy makan telur,makanya anak sy gatal2,sebenarnya bagaimna?makanan apa aja yg sy perlu hindari dan sy makan agar anak sy tdk alergi gatal2 serta membuat asi semakin lancar dan berkualitas?terima kasih pencerahannya..
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Pita Amelia, wah selamat ya Ma masih memberikan ASI untuk si kecil. Makanan atau minuman yang Mama konsumsi dapat berpengaruh langsung kepada si kecil. Gejala yang dialami si kecil seperti gatal-gatal kemerahan dikepala bisa saja disebabkan karena si kecil mengalami gejala alergi namun untuk memastikan kembali Mama segera konsultasikan langsung ke dokter untuk kondisi si kecil saat ini. Jika memang benar si kecil mengalami gejala alergi sebaiknya Mama menghindari makanan pencetus alergi pada si kecil selama menyusui. Faktor gejala alergi banyak sekali seperti alergi terhadap susu sapi, kacang-kacangan, debu, telur dll, sebaiknya dipastikan terlebih dahulu pencetus alergi pada si kecil agar Mama dapat menghindari makanan tersebut. Untuk meningkat kualitas ASI perlu diperhatikan kembali untuk asupan dan pola makan Mama dengan mengkonsumsi nutrisi seimbang dan perbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium, seperti daging, ikan rendah merkuri, susu murni serta buah-buahan dan sayur yang mengandung vitamin c, zinc zat besi (sayur bayam, kangkung, katuk) dan kalsium serta konsumsi air putih 13 gelas/hari

      Semoga membantu ya Ma. Untuk konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan bebas pulsa ke Lactamil Mama Care 0800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • khoiratun nikma
    khoiratun nikma
    Selamat siang dok..saat ini saya sedang menyusui putra saya yang berusia 9bulan...sejak hamil sampai menyusui saya rutin mengkonsumsi jamu tradisional..kata ibu saya jamu tersebut untuk melancarksn asi dan membuat rasa asi lebih segar...yang ingin saya tanyakan

    #apakah boleh jika ibu menyusui mengkonsumsi jamu tradisional?

    #adakah pengaruh jamu terhadap bayi saya?

    #berbahayakah jika mengkonsumsi jamu bersamaan dengan obat pelancar asi?

    Terima kasih dok
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Khoiratun Nikma, selamat ya Ma karena masih memberikan ASI untuk si kecil.

      1. Pengkonsumsian jamu tradisional selama masa menyusui boleh saja. Mama perlu mengimbanginya dengan pengkonsumsian makanan bergizi seimbang, konsumsi susu Mama menyusui, konsumsi cairan 13 gelas/hari, hindari stres dan susui si kecil sesering mungkin, karena semakin sering si kecil menghisap payudara, maka ASI yang di keluarkan akan semakin banyak dan semakin lancar.

      2. Pengkonsumsian jamu dapat mempengaruhi kesehatan serta nutrisi Mama selama menyusui.

      3. Sebaiknya berikan jarak antara pengkonsumsian obat dengan jamunya, minimal 2-3 jam.

      Semoga membantu ya Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut, Mama bisa menghubungi layanan bebas pulsa Lactamil Mama Care di 0-800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Nani Susanti
    Nani Susanti
    Selamat siang Mama Budiarti,, saya ingin bertanya.. Saya sedang menyusui putri kecil yg berusia 15 bulan, saat ini putri saya belum diberi sufor karna alhamdulillah asi saya masih banyak. Yang ingin ditanyakan adalah,



    1. Apakah busui tidak boleh mengkonsumsi udang atau ikan asin karna bisa menyebabkan si kecil alergi ? karna pernah putriku kulitnya jd merah2 setelah saya mengkonsumsi ikan asin.



    2. Apakah kualitas/kuantitas asi akan berbeda jika busui mengkonsumsi susu khusus untuk ibu menyusui ?



    3. Jenis makanan dan minunam apa saja yg membuat kualitas asi jadi bagus ?



    Terima kasih...
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Nani Susanti, selamat ya Mama karena masih memberikan ASI Eksklusif untuk si kecil.

      1. Pencetus alergi banyak faktornya, bisa dari genetik atau faktor keturunan, lingkungan (debu, udara, bulu binatang) atau makanan tertentu (susu sapi, seafood, putih telur, kacang, atau produk turunan susu sapi). Jika memang si kecil memiliki riwayat alergi, kemungkinan besar si kecil akan mengalami alergi juga.

      2.Untuk menjaga agar ASI Mama tetap berkualitas, pastikan Mama mengkonsumsi makanan begizi seimbang ke dalam menu makanan harian, konsumsi susu Mama menyusui, konsumsi cairan 13 gelas/hari, hindari stres dan susui si kecil sesering mungkin, karena semakin sering si kecil menghisap payudara, maka ASI yang di keluarkan akan semakin banyak dan semakin lancar.

      3. Mama bisa memperbanyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium, seperti daging, ikan rendah merkuri, susu murni serta buah-buahan dan sayur yang mengandung vitamin c, zinc, zat besi (sayur bayam, kangkung, katuk) dan kalsium. Semoga membantu ya Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut, Mama bisa menghubungi layanan bebas pulsa Lactamil Mama Care di 0-800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • nisa nurul fatonah
    nisa nurul fatonah
    Assalamu'alaikum bu dokter..

    Saya ingin bertanya, anak saya sudah berusia 20bulan dan anak saya ini masih suka sekali minta nenen pdhl saya sudah mau mulai mengurangi krna ingin disapih.

    Pertanyaan saya..apa asi saya masih cukup utk memenuhi kebutuhan anak saya??
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.

  • rini khumayroh
    rini khumayroh
    Selamat siang dokter...saya busui dari balita berusia 1,5tahun..ingin bertanya dokter bolehkah ibu menyusui mengkonsumsi makanan pedas,karena saya termasuk penggemar rasa pedas?apakah makanan pedas mempengaruhi rasa asi yg dikonsumsi si kecil?

    Terimakasih sebelumnya...
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Hai Mama Rini Khumayroh, selamat ya Mama sudah bisa memberikan ASI untuk si kecil hingga sekarang. Sebenarnya tidak ada pantangan makanan saat Mama menyusui, selama pengkonsumsiannya tidak berlebihan dan menu yang Mama makanan mengikuti prinsip nutrisi seimbang. Mama tidak perlu khawatir selama pengkonsumsian makanan pedas dalam batasan wajar, hal ini tidak akan mempengaruhi rasa ASI Mama. Semoga membantu ya Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut, Mama bisa menghubungi layanan bebas pulsa Lactamil Mama Care di 0-800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.