Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Budiarti

Pantangan Makanan Saat menyusui untuk ASI Berkualitas

Budiarti Ahli Nutrisi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Budiarti. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • heptawan
    heptawan
    Dear Ibu Budiarti, saya mau tanya kalau istri punya riwayat pantangan minum susu dan makan daging ayam/ikan laut karena alergi dan tidak memakan nya sama sekali ,Bagaimana cara agar kualitas nutrisi asinya tetap prima walau tidak mengkonsumsi makanan tersebut, adakah jenis makanan untuk subtitusinya,? Terimakasih
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang Papa Heptawan, untuk menjaga agar ASI Mama tetap berkualitas, pastikan Mama mengkonsumsi makanan begizi seimbang ke dalam menu makanan hariannya yang terdiri dari karbohidrat (nasi, kentang, ubi, singkong, roti atau gandum), protein (hewani dan nabati), lemak, vitamin dan mineral. Konsumsi air putih 13 gelas/hari. Hindari stres dan susui si kecil sesering mungkin, karena semakin sering si kecil menghisap payudara, maka ASI yang di keluarkan akan semakin banyak dan semakin lancar. Sebagai makanan pengganti, Mama bisa mengkonsumsi telur, tahu ataupun tempe sebagai pengganti proteinnya. Semoga membantu ya Papa. Untuk konsultasi lebih lanjut, Papa bisa menghubungi layanan bebas pulsa kami di Lactamil Mama Care 0-800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Betty Yuliani Silalahi
    Betty Yuliani Silalahi
    Selamat siang Mama Budiarti. Saya mempunyai 1 Putri berusia 28 bulan, dan berhasil disapih usia 2 thn. Saat menyusui lalu, ada anjuran dari beberapa Teman dan Kerabat saya, mengenai sumber Makanan yang dapat menghasilkan ASI yang berlimpah dan berkualitas : pare, daun pepaya, daun katuk, sop ayam kampung, daun katuk, pepaya dan kacang-kacangan. Demikian juga dengan adanya sumber makanan dan minuman yang menjadi Pantangan saat Menyusui, diantaranya : Meminum kopi, mengkonsumsi Udang, Pete dan Jengkol, padahal makanan tersebut adalah makanan favorit saya. Yang mau saya tanyakan :

    1. Apakah ada Penelitian yang mendukung/membuktikan adanya Pantangan Makanan dan Minuman saat Menyusui untuk ASI berkualitas? Jika ada, Jenis Makanan dan Minuman apa saja yang menjadi Pantangan saat Menyusui agar ASI yang dihasilkan berkualitas?

    2. Sebenarnya apa saja Sumber Makanan dan Minuman yang dapat menghasilkan ASI yang berlimpah dan ASI nya berkualitas?

    3. Bagaimana caranya kita mengetahui dan menerima dengan baik antara Mitos dan Fakta sekitar Makanan dan Minuman yang dikonsumsi saat Menyusui?

    Terimakasih banyak sebelumnya Mama Budiarti.
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang Mama Betty Yuliani Silalahi, wah hebat ya mama sudah berhasil memberi ASI sampai usia 2 tahun.Tidak perlu diragukan lagi bahwa ASI adalah makan yang terbaik untuk si Kecil, sedangkan untuk

      1. Sebenarnya tidak ada pantangan makanan/ minuman bagi mama yang sedang menyusui kecuali konsumsi alkohol. Bila mama selama menyusui makan dengan prinsip nutrisi seimbang terutama lebih memperhatikan asupan protein, lemak dan Kalsium yang tentunya banyak terdapat pada protein hewani/ protein nabati ( daging, ikan, telur , susu ) dan sayuran hijau seperti daun pepaya, daun katuk, daun bayam) tentunya akan menghasilkan ASI yang baik

      2. Untuk mendapatkan ASI yang berlimpah tentunya mama makan mamakan dengan prinsip nutrisi seimbang yang tentungnya mengandung karbohidrat, protein, lemak serta vitamin dan mineral. Tapi saat menyusui ini mama lebih memperhatikan untuk asupan protein, lemak dan kalsium dan tentunya asupan air 13 gelas/ hari. Bila mama makan jus sudah termasuk asupan air ya ma

      3.Di negara kita memang sangat banyak mitos, yang terkadang untuk saat ini tidak terbukti, untuk itu selama mama makan dengan menu bernutrisi seimbang, dan selalu berfikir positif serta selalu bersyukur maka mama pasti dapat memberikan ASI yang terbaik untuk si Kecil. Semoga dapat membantu mama, untuk konsultasi lebih lanjut silakan menghubungi ke mamacare 0 800 1 600 600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • mahana
    mahana
    Selamat siang bu,saya ada beberapa pertanyaan

    1. Apakah makanan pantangan bagi ibu menyusi itu cenderung ke pemicu alergi pada bayi?

    2.Adakah cara lain selain menghindari makanan pantangan tersebut

    Makasih ya bu atas penjelasannya
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang Mama Mahana,

      1. Pada dasarnya tidak ada pantangan dalam pengkonsumsian makanan bagi Mama yang sedang menyusui, selama masih dalam batasan wajar ya Ma. Pada umumnya alergi bisa disebabkan karena beberapa faktor diantaranya, genetik, lingkungan dan makanan. Selama Mama atau Papa tidak memiliki riwayat alergi, kemungkinan besar si kecil tidak akan mengalami alergi juga. Untuk mengetahui lebih jelas apakah si kecil memiliki alergi tau tidaknya, Mama bisa memerikasakan kondisi si kecil ke dokter atau bidan.

      2. Selama orang tua si kecil tidak memiliki riwayat alergi, si kecil tidak memiliki pantangan dalam pengkonsumsian makanan ya Ma.

      Semoga membantu ya Mama. Untuk konsultasi lebih lanjut, Mama bisa menghubungi layanan bebas pulsa kami di Lactamil Mama Care 0-800-1-600-600 :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • EULIS SITI NURAISAH
    EULIS SITI NURAISAH
    Slamat siang mama budiarti..saya sekarang lagi menyusui..anak saya usia 10 bulan...kadang suka risih dengan sgala macam makanan yg g bleh di makan saat menyusui yg ksih tau oleh orang tua jaman dulu...tpi kalau ga di turutin takutnya emang bner terjadi dampaknya...misal jangan makan pedes soalnya nanti ke anak saya bisa mencret dll...yang saya mau tanyakan apa bner smua itu dok??? Makanan apa saja sih yang boleh atau adakah makanan yang ga boleh di makan selama menyusui?? Makasih sebelumnya dok..
    Percakapan
    • Budiarti
      Budiarti
      Selamat siang mama Eulis Siti Nuraisah :) hebat mama berhasil menyusui sampai sekarang, nikmati masa menyusui sekarang ini ya mama. Sebenarnya tidak ada pantangan makanan saat mama menyusui selama dikonsumsi tidak berlebihan dan menu yang mama makanan mengikuti prinsip nutrisi seimbang. Sedangkan makanan yang pedas selama dikonsumsi sedikit/ wajar tidak akan membuat bayi mencret, dan rasa ASI pun tidak pedas. Semoga bisa membantu ya mama, untuk konsultasi lebih lanjut mama bisa menghubungi 0 800 1 600 600
    • Live Chat sudah selesai.