Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Stimulasi Otak dan Pertumbuhan Janin Selama Kehamilan

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • yuni arti
    yuni arti


    selamat siang dokter,
    langsung saja ya dok saya cerita ttg kehamilan saya yang skrg.
    saya hamil anak ke-2, haid terakhir saya tgl 17-juni-2015, pada saat tgl 24 juli saya periksa ke dokter kandungan, di usg janin belum keliatan,tapi di tespek positif,saya diminta balik lagi 2 minggu kemudian.
    kemarin saya ada keluar darah lendir sedikit saat selesai pipis. langsung saya periksa ke dokter. setelah di usg katanya janin saya ga ada, dan saya disuruh dikuret hari rabu kemarin harusnya.
    karena saya masih belum yakin 100% akhirnya saya periksa ke dokter rumah sakit lain, di usg transvagina hasilnya tetap sama janin belum nampak, namun kantung kehamilan ada, ukuran +- 16.5 / 1.65 gitu saya agak lupa, dari hasil usg baru 6minggu. dokter kedua masih belum ngasih keputusan apapun dan memberi saya obat penguat kandungan dulu, dan disuruh periksa lagi tgl 25 ini.
    yang ingin saya tanyakan ada apa dengan kehamilan saya? apakah betul saya mengalami BO, masih adakah kemungkinan cuma janinnya belum terlihat saja?
    sampai minggu keberapa batasnya janin sudah terlihat?
    Mohon pencerahannya dokter.
    Terima kasih sebelum & sesudahnya Dokter.

    terima kasih sebelum dan sesudahnya.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat sore Mama Yuni.
      Sebenarnya pertanyaan kali ini diluar topik hari ini. Kehamilan yang sehat sudah harus terdeteksi sejak usia kehamilan 4 minggu dengan USG Transvaginal. Pada usia kehamilan 6 minggu yang sehat seharusnya sudah terlihat mudigah atau embrio. Pada mudigah yang berukuran 1,5 cm detak jantung janin sudah dapat terlihat. Kalau mendengar cerita yang Mama sampaikan, jika haid Mama teratur maka seharusnya pada hari ini usia kehamilan Mama Yuni sudah sekitar usia 8 minggu. Pada usia kehamilan 8 minggu, embrio sudah dapat terlihat jelas dan detak jantung bayi sudah harus terdeteksi jelas. Jika pada pemeriksaan USG hanya terlihat kantung saja tanpa terlihat embrio kemungkinan besar kehamilan Mama ini tidak baik atau kehamilan nirmudiga (blightedovum) pada kehamilan ini biasanya tidak akan bertahan lama. Semoga membantu Ma :)

       

    • Live Chat sudah selesai.

  • maesaroh
    maesaroh
    Siang dok anak saya laki laki usia 11 bulan bagaimana cara menstimulasi otak nya ya
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Saroh. Dengan mengajarkan hal-hal yang baik, mengenalkan nama-nama objek, memberikan mainan yang bersuara, memberikan mainan yang berwarna-warni, tidak melarang bayi untuk melakukan sesuatu tetapi tetap mengawasi sehingga tidak membahayakan bayi. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Laifatria Kurnia Sari
    Laifatria Kurnia Sari
    Siang dok...saya sedang hamil usia kehamilan 19w...
    Apakah sy sudah bs memperdengarkan musik klasik utk janin dlm kandungan sy?
    atau ada hal lain yg lebih efektif untuk menstimulasi otak dan pertumbuhan janin sy pd usia kehamilan saat ini?
    Terimakasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Laifa. Selain nutrisi yang sehat dan seimbang, pertumbuhan otak dipengaruhi oleh stimulasi eksternal. Selain dengan mendengarkan musik Mama bisa membacakan cerita yang baik-baik, mengajak bayi berbicara, mengajarkan hal-hal tertentu yang akan meningkatkan rangsangan bayi selama kehamilan. Semoaga membantu Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • fatqurokhim nur abadi
    fatqurokhim nur abadi
    siang dok...maaf sy nimbrung dlm live chat ini kebetulan lihat temanya pas yg dialami saudara sy...
    kebetulan dewi sedang hamil usia 4 bl...dia lg ada mslh dg suaminya saking hebatnya pertengkaran smp dewi pulang ke rumah ortunya.dia mengalami tekanan yg sangat berat, mau mengobrol hy sm saya...dia sering menangis sndri,kemarin tb2 dia tanya pd sy dg kondisi yg sedang tertekan ini apakah ada pengaruhnya k janin yg dia kandung, terutama pd pertumbuhan dan perkembangan otaknya...smg dg adanya pencerahan dr dokter, dewi bs lebih memikirkn janinnya dibanding mslhnya...trm ksh dok....
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Fatqurokhim. Secara tidak langsung faktor stres atau faktor psikis bisa mempengaruhi pertumbuhan bayi. Pada Mama yang stres berat akan menghasilkan beberapa hormon yang salah satu hormon tersebut bisa mengakibatkan gangguan aliran darah, termasuk aliran darah yang mengantarkan nutrisi dari Mama ke si janin. Jika hantaran nutrisi tersebut terganggu, si bayi akan mengalami gangguan nutrisi atau gangguan perfusi oksigen dari Mama ke bayi. Dan jika ini dibiarkan berlarut-larut sedikit banyak akan mempengaruhi ke bayi. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • sulis
    sulis
    Siang dok.pengen hamil lg ni dok.padahal udah 5 ga suntk.tapi blm positf jg
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Halo Mama,

      Mohon maaf pertanyaan Mama tidak sesuai dengan topik kali ini. Mama bisa mengajukan pertanyaan ke Tanya Ahli di bit.ly/TanyaAhliLactamil atau hubungi Mama Care Lactamil di 0-800-1-600-600

       

    • Live Chat sudah selesai.

  • elis setiowati
    elis setiowati
    Slmt siang dokter,.. Yg ingin sy tanyakan,. D usia kandungan brp stimulasi otak janin dpt dlakukan, dan berapa persen pengaruhnya stimulasi tersebut dibandingkanndgn GEN dr ortux,..
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Elis.
      Faktor genetik berperan kurang lebih 20-30%, selebihnya dipengaruhi oleh faktor nutrisi/asupan makanan yan dikonsumsi Mama selama hamil. Asupan yang diberikan kepada bayi sampai berusia 2 tahun dan faktor-faktor lingkungan luar seperti faktor belajar, komunikasi, dll akan mempengaruhi kecerdasan bayi. Semoga membantu Ma :)

       

    • Live Chat sudah selesai.

  • Mujiati
    Mujiati
    Selamat siang dokter Febriansyah.
    Saya 28th hamil 16 minggu
    yang ingin saya tanyakan?
    1. Stimulasi seperti apa yg tepat untuk usia kehamilan saya?
    2. Sebenarnya dari umur berapa kita dapat menstimulasi janin dalam kandungan?
    3. Jenis makanan dan minuman seperti apa yang harus dikonsumsi ibu hamil agar janin sehat?
    4. Apakah benar jika kita kelebihan DHA gak baik buat janin?
    5. Jenis musik yang tepat untuk menstimulasi usia kehamilan saya?
    6. Apakah jika kita tidur sebelum dhuhur dapat membuat janin kurang cerdas? dan bagaimana pola & posisi tidur yang tepat untuk ibu hamil?
    7. Adakah kaitanya kondisi psikis ibu hamil dan kecerdasan janin?
    Sekian dokter terimakasih dan dalam sukses
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Mujie.
      1. Mempersiapkan nutrisi sebaik mungkin, selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan segar, konsumsi makanan yang kaya akan protein, DHA, asam amino, omega 3 dan omega 6.
      2. Stimulasi eksternal dapat dilakukan dengan cara dengan cara mengajak bayi berbicara, mendengarkan musik atau membacakan cerita.
      3. Makanan dengan gizi sehat dan seimbang sementara untuk pertumbuhan otak seperti DHA, asam amino, omega 3 dan omega 6. Seperti ikan salmon, ikan makarel, ikan tuna sirip biru, kerang-kerangan, produk susu dan telur.
      4. Tidak benar.
      5. Sebaiknya mendengarkan musik-musik yang menenangkan yang memiliki irama bervariasi.
      6. Tidak benar, itu hanya mitos saja.
      7. Kondisi psikis secara tidak langsung mempengaruhi kesehatan ibu dan bayinya. Jika Mama tertekan secara psikis tentunya akan mempengaruhi kesehatan dan metabilisme tubuh. Secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap bayi.
      Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Florencia Irena
    Florencia Irena
    Siang dok, mau tanya pentingnya stimulasi dini bagi tumbuh kembang otak anak ?

    thanks dok
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Flo. Stimulasi otak dan pertumbuhan otak selama kehamilan harus dimulai sejak dini. Selama kehamilan sejak konsepsi atau pembuahan terjadi pertumbuhan otak akan berkembang sampai bayi berusia 2 tahun. Stimulasi yang bisa diberikan adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan otak misalnya makanan atau nutrisi yg kaya protein, asam amino, DHA, Omega 3 dan Omega 6. Selain stimulasi nutrisi sudah harus dilakukan stimulasi secar fisik misalnya dengan mendengarkan lagu-lagu tertentu, membacakan janin cerita-cerita yang baik, mebngajak bayi berkonukiisai secra aktif yang sdh dimulais ehjak usia kehamilan 20 minggu. Setelah lahir stimulasi otak dilakukan dgn memberikan ASI dan makanan pendamping ASI yang kaya nutrisi seperti diatas. Serta merangsang janin dgn memeberikan mainan yang bersuara atau maniian yang berwarna mencolok. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Desy Analinta
    Desy Analinta
    Selamat siang dok, saya mau tanya
    - di usia kehamilan berapa minggu kah sel otak janin berkembang secara pesat?
    - stimulasi seperti apa yang bisa diberikan untuk meningkatkan kecerdasan si kecil sejak dalam kandungan?
    - apakah jika ibu hamil mengalami stres akan berpengaruh pada tingkat kecerdasan janin dalam kandungan?
    - apakah dengan sering mengusap perut dan mengajak janin berbicara termasuk cara menstimulasi otak si kecil?
    mhn jawabannya ya dok, terima kasih :)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Desy.
      1.pertumbuhan otak sudah dimulai sejak pertama kali pembuahan dan akan terus berlangsung selama kehamilan dan mencapai sempuran sampai bayi berusia 2 tahun.
      2. Stimulasi dengan emmberikan nutrisi yang kaya dha asam amino omega 3 dan omega 6.
      3. Secara langsung tidak berpengaruh.
      4. Salah satu cara menstimulasi bayi adalah dengan mengajak berbicara.

      Semoga membantu Ma :)

       

    • Desy Analinta
      Desy Analinta
      Terima kasih dok, jawabannya sangat membantu sekali :)
    • Live Chat sudah selesai.

  • Ana Nur Afifah
    Ana Nur Afifah
    Selamat Siang dokter.
    Apakah benar makanan-makanan tertentu yang dikonsumsi ibu hamil dapat membuat sang janin menjadi cerdas?
    Kalau misalkan benar, makanan yang seperti apa contohnya dok?
    Terima kasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Anna. Makanan-makanan tertentu memang kaya akan DHA, asam amino, omega 3 dan omega 6. Seperti ikan salmon, ikan makarel, ikan tuna sirip biru, kerang-kerangan, produk susu dan telur. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.