Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Stimulasi Otak dan Pertumbuhan Janin Selama Kehamilan

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Novita
    Novita
    Selamat siang dr Febriansyah Darus SpOG..
    Saat ini usia kehamilan saya memasuki minggu ke 16 selama ini saya sering mengajaknya bicara dan mendengarkan musik seperti lantunan ayat suci dan terkadang membacakan nya cerita.
    Yang ingin saya tanyakan sebenarnya perlu ataukah tidak memberikan vitamin untuk perkembangan otaknya.
    Dan sebenarnya fakta atau mitos dok kalau janin terlalu sering didengarkan musik melalui mp3 handphone akan berbahaya dengan kesehatan janin karena radiasi(maaf kalau salah) dari handphone tidak baik untuk kesehatan janin? terimakasih dok
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Novi. Memang handphone memiliki faktor radiasi. Sehingga tidak baik meletakan handphone yang aktif didekat perut Mama. Nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin adalah suplemen atau tambahan, selagi Mama yakin bahwa makanan mama mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut boleh saja tidak konsumsi vitamin tambahan. Tetapi tidak semua otng konsumsi makanan dengan cara baik dan benar sehingga memenuhi nutrisi janin selama kehamilan. Jika Mama tidak yakin dengan hal itu, alangkah baiknya untuk konsumsi supleman tersebut karena tidak akan merugikan. Semoga membantu Ma :)

       

    • Live Chat sudah selesai.

  • Betty Yuliani Silalahi
    Betty Yuliani Silalahi
    Selamat siang Dokter Febriansyah Darus, SpOG. Saya seorang Ibu dari 1 Putri berusia 2 tahun. Kelahiran Putri Kecil saya dengan Operasi Ceasar, karena Usia Kandungan sudah memasuki akhir 40 minggu (hampir masuk ke 41 minggu), belum adanya pembukaan serta air ketuban yang semakin berkurang, padahal sebelumnya direncanakan Normal. Sedih juga akhirnya harus dengan operasi Ceasar. Sekarang saya berencana program Anak kedua, berharap nanti jika masih memungkinkan, saya ingin melahirkan secara Normal. Saya merasa pemberian Stimulasi pada janin yang tepat dan aman pada pengalaman Hamil sebelumnya, masih kurang Optimal dikarenakan sebagai seorang calon Ibu yang sangat awam seputar Kehamilan dan banyaknya informasi mengenai Fakta dan Mitos yang terkadang membuat saya bingung dan sedikit ragu untuk memberikan sesuatu atau melakukan sesuatu dengan baik. Saya ingin di Kehamilan berikutnya, akan memberikan yang Terbaik buat Janin/Calon Bayi saya kelak. Yang menjadi pertanyaan saya adalah :
    1. Stimulasi Otak yang tepat dan aman seperti apa baiknya diberikan oleh Seorang Ibu Hamil untuk Janinnya, agar pertumbuhan dan perkembangannya kelak dapat menghasilkan Anak yang Cerdas?
    2. Sejak kapan baiknya Seorang Calon Ibu memberikan Stimulasi Otak yang berguna untuk Tumbuh Kembang Janin?
    3. Jika di Trimester pertama sampai memasuki ke Trimester kedua, Ibu Hamil mengalami mual yang hebat dan muntah sampai dirawat di RS, Bagaimana cara membayar ketertinggalan Asupan Nutrisinya, yang notabene pembentukan Jaringan Otak sudah terjadi di Trimester Pertama?
    4. Pemberian asupan Nutrisi seperti apa yang Terbaik untuk dikonsumsi oleh Ibu Hamil, agar terjaga kesehatannya dan Janin yang dikandungnya serta untuk Kesehatan Tumbuh Kembang si Kecil dikemudian hari?
    5. Apakah ada perbedaannya antara Anak yang dilahirkan secara Normal dengan Operasi Ceasar dari segi Kesehatan dan Kecerdasan Si Kecil? (Karena saya pernah mendengar dari beberapa OrangTua bahwa "Klo Anak Normal pasti Cerdas, beda sekali dengan Anak Ceasar" dan beberapa bahan perbandingan antar Keduanya").

    Terimakasih banyak sebelumnya Dokter Febriansyah Darus, SpOG.

    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Betty.
      1. Untuk mendapatkan bayi yang cerdas sudah harus dipersiapkan sebelum kehamilan itu terjadi yaitu suami istri harus mengkonsumsi makanan-makanan rendah karbohidrat dan kaya protein. Selama kehamilan pastikan asupan nutrisi Mama sehat dan seimbang. Selalu mengkonsumsi makanan yang segar tanpa bahan pengawet dan makanan-makanan yang kaya akan DHA, asam amino, Omega 3 dan Omega 6.
      2. Stimulasi otak sudah harus dimulai sejak dini yaitu mulai pada usia kehamilan 20 minggu dan Mama diharapkan Mama sering-sering mengajak bayi berkomunikasi, mendengarkan cerita atau mendengarkan musik-musik tertentu.
      3. Selama 3 bulan pertama jika bayi itu sehat, bayi akan tetap mengambil nutrisi dari cadangan ibunya dan bayi tidak mau dirugikan walaupun ibunya tidak bisa makan dan minum. Jadi walaupun Mama muntah-muntah, pertumbuhan janin akan tetap terjadi, asalkan kondisi Mama sebelum hamil sehat, tidak kekurangan gizi.
      4. Pemberian asupan nutrisi dengan gizi seimbang adalah hal yang utama.
      5. Tidak ada perbedaan antara proses persalinan normal dengan sesar terhadap tingkat kecerdasan bayi terutama jika proses persalinan tersebut tidak ada komplikasi. Tetapi, pada kasus-kasus dimana bayi mengalami kekurangan oksigen yang dibiarkan berkelanjutan selama proses bersalin, hal ini jelas pengaruh terhadap pertumbuhan otak bayi.
      Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • lilis fujiyati
    lilis fujiyati
    Selamat siang dok ..saya lilis fujiyati,maaf sebelumnya pertanyaan ini saya tulis kembali dikarnakan ada nya perubahan hari live chat..
    Saya ingin bertanya bagaimanakah cara yg efektif menstimulasi otak & pertumbuhan janin selama kehamilan?
    Benarkah jika kita sering memutar/mendengarkan musik klasik bisa membantu menstimulasi perkembangan otak janin dan memberikan ketenangan padanya?
    Melaksanakannya itu Bagusnya diusia kandungan brp bln yaa dok?
    Jika ibu hamil sering menangis dan banyak pikiran apakah itu berpengaruh pada pertumbuhan janin?

    Mohon dijawab yya dok,terimakasih ^_^
    Percakapan
    • Mama Care Lactamil
      Mama Care Lactamil

      Halo Mama Lilis,

      Pertanyaan ini akan dijawab pada postingan Mama sebelumnya, ya. Terima kasih :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • anik purwanti
    anik purwanti
    dokter saya mau nanya , masa kehamilan saya sudah 8 bulan ,stimulasi otak yang bagus untuk janin saya apa ya dok? & asupan makan saya masih pengaruh terhadap janin nggak ya dokter?
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Anik.

      Yang perlu dilakuklan adalah mencukupi kebutuhan nutrisi Mama selama kehamilan. Makanan-makanan yang kaya akan DHA, Asam Amino dan Asam Lemak.

      Semoga membantu Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Sahira Zakkiya
    Sahira Zakkiya
    Siang dok, berikut pertanyaan saya :
    1. Apakah bisa otak janin bisa dstimulasi sejak dalam kandungan, dan mulai uk berapa dok?
    2. Apakah multivitamin yg mengandung DHA memang bisa mmbuat cerdas otak janin?
    3. Apakah ikan memang bisa mencerdaskan janin dalam kandungan dok?
    4. Bagaimanakah cara melihat perkembangan otak janin yg masih dalam kandungan? apakah dari ukuran otaknya?
    5. Apakah menstimulasi otaknya hanya saat dalam kandungan saja sudah cukup dok?
    Terima kasih atas jawabannya.. :)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Sahira.
      1. Iya, bisa dimulai sejak usia kehamilan 20 minggu.
      2. DHA dan asam lemak tidak jenuh berguna untuk menstimulasi sel-sel saraf otak janin.
      3. Ikan-ikan laut terutama ikan salmon memang kaya DHA karena ikan salmon merupakan makanan yang kaya DHA.
      4. Pertumbuhan otak bisa diukur dengan cara melihat lingkar kepala bayi selama di kandungan dan melihat ukuran otak kecil dengan menggunakan USG.
      5. Tidak cukup, stimulasi tetap harus diberikan sampai usia bayi 2 tahun.
      Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • yanah
    yanah
    Selamat siang menjelang sore pak dokter ,
    Saya mw tanya dok.
    Saya sering sekali mendengar katanya musik dapat membantu menstimulasi kecerdasan janin,apakah itu bnr dok?
    Jenis musik seperti apa sih yg bisa diperdengarkan pada janin?
    Satu lagi yya pak dokter ,Selain mendengarkan musik ,apalagi yg harus dilakukan oleh ibu hamil utk menstimulasi otak & perkembangan janinnya dok?
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih ya dok atas jawabannya .
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Yanah. Sebenarnya tidak hanya musik yang bisa merangsnga dari faktor luar. Mama bisa melakukan dengan cara membacakan cerita, mengajarkan janin berhitung, mengajak bayi berkomunikasi secara langsung atau mendengarkan kaset-kaset Al-Quran bagi yang Muslim. Belum ada penelitian yang mengatakan musik tertentu akan memacu pertumbuhan otak janin, tetapi sebaiknya mendengarkan musik yang baik-baik/berirama tenang(tidak musik hingar bingar). Semoga membantu Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • mahana
    mahana
    Siang pak dokter,saya punya pertanyaan ,Apa saja ya dok yang mempengaruhi stimulasi otak dan pertumbuhan janin selama kehamilan terutama faktor eksternal ?apakah stress dan kecemasan sang ibu menjelang persalinan berpengaruh pada pertumbuhan otak sang janin? Saya sering memutar kaset murotal/ngaji selama kehamilan,kadang juga saya mengaji atau membaca doa sambil mengusap usap dedek bayi dalam kandungan,apakah ini juga bisa menstimulasi otak dan pertumbuhan janin.sebelum dan sesudahnya terimakasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Mahana. Faktor-faktor eksternal misalnya merangsang janin pada saat usia kehamilan 20 minggu. Misalnya dengan memutarkan kaset-kaset, membaca doa atau membaca cerita akan membantu stimulasi dari faktor eksternal. Stres menjelang persalinan adalah hal yang normal, selagi tidak mempengaruhi faktor kejiwaan ibu. Semoga membantu :)

    • mahana
      mahana
      Info nya sangat bermanfaat sekali dok...makasih banyak sudah di bantu jawab ya dok
    • Live Chat sudah selesai.

  • Frida santi
    Frida santi
    Selamat siang dok, yang mau saya tanyakan adalah
    1. Pada usia kandungan berapa minggu, janin mulai diberikan stimulasi ?
    2. Apa manfaat stimulasi otak bagi janin ?
    3. Stimulasi seperti Apa yang baik diberikan pada janin, agar pertumbuhannya baik ?
    4. Apakah stimulasi otak itu berperan/dapat berpengaruh pada kecerdasan bayi, setelah dia lahir nanti dok ?
    Terimakasih, dok,,,
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Bun Asya,

      Yang dimaksud stimulasi pada topik kita kali ini adalah stimulasi otak, jadi yang harus dikerjakan adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya nutrisi untuk pertumbuhan otak. Misalnya nutrisi yang mengandung asam amino dan DHA. Makanan-makanan tersebut bias didapat dari sumber makanan atau susu hamil. Sementara stimulasi yang bisa dikerjakan oleh Mama adalah setelah usia kandungan 20 minggu, si janin harus diajak berkomunikasi, dan setelah lahir dengan memberikan mainan yang berbunyi atau berwarna-warni. Selain stimulasi gizi selama kehamilan bisa dilakukan dengan cara mendengarkan musik, membacakan cerita. Semakin baik nutrisi yang diberikan kepada janin selama kehamilan diharapkan pertumbuhan otaknya akan maksimal. Dan ini ditunjang dengan nutrisi dan stimulasi yg diberikan pada bayi sampai usia 2 tahun.

      Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • erniati bernadetta pardosi
    erniati bernadetta pardosi
    siang dok, cara apa saja yang dilakukan untuk menstimulasi otak dan pertumbuhan janin? apakah makanan yg ibu makan juga pengaruh utk menstimulasi otak dan pertumbuhan janin? di usia hamil sy skrng 37w masih kah bisa distimulasi? usia berapa idealnya melakukan stimulasi otak dan pertumbuhan janin? tks
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Erni. Pertumbuhan dan stimulasi otak janin akan terus berlangsung sampai bayi berusia 2 tahun. Selama kehamilan tidak banyak yang harus dipersiapkan selain mengkonsumsi makanan-makanan protein tinggi dan kaya akan DHA, Omega 3 dan Omega 6. Pasca persalinan bisa dilakukan dengan menstimulasi bayi secara langsung, mengajak bayi berbicara, memberikan mainan-mainan berbunyi dan berwarna-warni. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • melissa precilia tessal
    melissa precilia tessal
    siang dr. Febrian , saya mau bertanya 1. bagaimana caranya stimulasi otak pada janin selama kehamilan, dari usia kehamilan berapa minggu hal ini bisa dilakukan?
    2. pertumbuhan janin 34 minggu seperti apa dr, apa masih bisa stimulasi otak dilakukan?
    3. apa mendengarkan musik klasik, membaca buku tuk janin berpengaruh pada kecerdasan bayi saat setelah dilahirkan nanti?
    4. apa yang mesti dilakukan agar stimulasi otak janin maksimal, apa ada asupan berupa makanan dan minuman utk ibu hamil agar perkembangan janin berlangsung dgn baik?
    terimakasih
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Lissa. Stimulasi otak dan pertumbuhan otak selama kehamilan harus dimulai sejak dini. Selama kehamilan sejak konsepsi atau pembuahan terjadi pertumbuhan otak akan berkembang sampai bayi berusia 2 tahun. Stimulasi yang bisa diberikan adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan otak misalnya makanan atau nutrisi yg kaya protein, asam amino, DHA, Omega 3 dan Omega 6. Selain stimulasi nutrisi sudah harus dilakukan stimulasi secar fisik misalnya dengan mendengarkan lagu-lagu tertentu, membacakan janin cerita-cerita yang baik, mengajak bayi berkomunikasi secra aktif yang sdh dimulai sejak usia kehamilan 20 minggu. Setelah lahir stimulasi otak dilakukan dgn memberikan ASI dan makanan pendamping ASI yang kaya nutrisi seperti diatas. Serta merangsang janin dgn memeberikan mainan yang bersuara atau mainan yang berwarna mencolok. Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.