Search logo Menu logo

Live Chat Bersama Ahli

Febriansyah Darus

Stimulasi Otak dan Pertumbuhan Janin Selama Kehamilan

Febriansyah Darus Ahli Obstetri dan Ginekologi
Live Chat

Hai Mama, Live Chat kali ini sudah ditutup ya. Terima kasih bagi Mama yang sudah berpartisipasi. Bagi Mama yang pertanyaannya belum dijawab harap ditunggu, akan segera dijawab oleh Febriansyah Darus. Ditunggu juga pengumuman 10 pemenang yang akan mendapatkan paket eksklusif dari Lactamil.

Sejarah Live Chat Member Lainnya
  • Najah Rahanum
    Najah Rahanum
    Selamat siang dr. Febriansyah Darus, SpOG.
    Saya memiliki teman yang sedang hamil dengan usia kehamilan 24 minggu. Setelah USG didiagnosa tidak memiliki tempurung kepala. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah yang harus dilakukan untuk menstimulasi otak janin yang terdiagnosa tidak memiliki tempurung kepala? dan stimulasi apa yang diberikan?
    2. Apakah pertumbuhan janin yang terdiagnosa tidak memiliki tempurung kepala sama dengan janin yang normal?
    3. Janin yang terdiagnosa tidak memiliki tempurung kepala ini apakah dapat bertahan hingga proses kelahiran?
    Terima kasih dr. Febriansyah Darus, SpOG :)
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Hanum,

      Kasus yang diceritakan disebut dengan anensefali yaitu pertumbuhan janin tanpa tempurung kepala. Hal ini biasanya disebabkan oleh kekurangan mikronutrisi yang terjadi sebelum kehamilan atau disebabkan oleh kelainan genetik. Pertumbuhan otek pada kasus anensefali berbeda pada bayi normal. Umumnya, bayi tidak bisa bertahan hidup setelah dilahirkan.

      Semoga membatu ya, Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Yuliana
    Yuliana
    Selamat siang Dok.
    Sekarang usia kehamilan sy memasuki usia 33W.
    Stimulasi seperti apa ya yg sebaiknya sy lakukan untuk memaksimalkan stimulasi otak janin sy diusia 33W ini ?
    Selain itu yg ingin sy tanyakan, stimulasi untuk janin yg optimal sebaiknya dilakukan sejak usia kandungan berapa minggu ?
    Berkaitan dengan kecerdasan anak, selain stimulasi sejak dini yg dilakukan sejak hamil apa saja kah hal-hal lain yg turut mempengaruhi kecerdasan anak nantinya setelah lahir ?
    Demikian pertanyaan dari sy, mohon jawabannya ya Dok.
    Terimkasih.
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama Yuli. Pertumuhan stimulasi dan otak janin sudah harus dimulai semenjak persiapan kehamilan, masa kehamilan dan bayi sampai berusia 2 tahun. Persiapan pra kehamilan yang bisa dilakukan dengan mempersiapkan nutrisi kedua orang tua sebaik mungkin. Selama kehamilan dimulai pertumbuhan otak akan terus berlangsung sampai bayi berusia 2 tahun. Disini pentingnya nutrisi seperti protein, asam amino, DHA, asam lemak tak jenuh seperti omega 3 dan omega 6 yang akan merangsang sel-sel otak. Stimulasi fisik bisa dilakukan dengan cara memuitarkan musik-musik tertentu, membacakan cerita atau berkomunikasi dengan bayi yang sudah dimulai sejak usia kehamilan 20 minggu. Semoga membantu ya Ma :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • lilis fujiyati
    lilis fujiyati
    Selamat siang dok ..saya lilis fujiyati dan skrg Saya sedang hamil 4bln..mw tanya dok ..bagaimanakah cara yg efektif menstimulasi otak & pertumbuhan janin selama kehamilan?
    Benarkah jika kita sering memutar/mendengarkan musik klasik bisa membantu menstimulasi perkembangan otak janin dan memberikan ketenangan padanya?
    Melaksanakannya itu Bagusnya diusia kandungan brp bln yaa dok?
    Sebelumnya makasih banyak yya dok.. ^_^

    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama liies na chipuy,

      Yang paling penting untuk menstimulasi pertumbuhan otak janin adalah memberikan makanan kaya protein yang akan membantu pertumbuhan sel-sel otak, kemudian makanan yang mengandung asam amino, omega 3 dan omega 6, yang akan membantu pertumbuhan otak dan saraf bayi. Selain itu dengan melakukan komunikasi secara langsung ke si bayi, bisa dengan mendengarkan musik, membacakan cerita, atau mengajak si janin berkomunikasi. Hal tersebut bisa dimulai pada usia kehamilan 20 minggu.

      Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • Frida santi
    Frida santi
    Siang dok, yang saya mau tanyaka
    1. Stimulasi seperti apa saja yang baik diterapkan pada saat kita hamil,,?
    2. Bagaimana cara melaksanakan stimulasi pada janin agar pertumbuhan janin bagus?
    Terimakasih,,
    Percakapan
    • Febriansyah Darus
      Febriansyah Darus

      Selamat siang Mama bun asya,

      Yang dimaksud stimulasi pada topik kita kali ini adalah stimulasi otak, jadi yang harus dikerjakan adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya nutrisi untuk pertumbuhan otak. Misalnya nutrisi yang mengandung asam amino dan DHA. Makanan-makanan tersebut bias didapat dari sumber makanan atau susu hamil. Sementara stimulasi yang bisa dikerjakan oleh Mama adalah setelah usia kandungan 20 minggu, si janin harus diajak berkomunikasi, dan setelah lahir dengan memberikan mainan yang berbunyi atau berwarna-warni.

      Semoga membantu :)

    • Live Chat sudah selesai.

  • yuni arti
    yuni arti
    selamat siang dokter,
    langsung saja ya dok saya cerita ttg kehamilan saya yang skrg.
    saya hamil anak ke-2, haid terakhir saya tgl 17-juni-2015, pada saat tgl 24 juli saya periksa ke dokter kandungan, di usg janin belum keliatan,tapi di tespek positif,saya diminta balik lagi 2 minggu kemudian.
    kemarin saya ada keluar darah lendir sedikit saat selesai pipis. langsung saya periksa ke dokter. setelah di usg katanya janin saya ga ada, dan saya disuruh dikuret hari ini harusnya.
    karena saya masih belum yakin 100% akhirnya saya periksa ke dokter rumah sakit lain, di usg lewat vagina hasilnya tetap sama janin belum nampak, namun kantung kehamilan ada, ukuran +- 16.5 / 1.65 gitu saya agak lupa, dari hasil usg baru 6minggu. dokter kedua masih belum ngasih keputusan apapun dan memberi saya obat penguat kandungan dulu, dan disuruh periksa lagi tgl 25 ini.
    yang ingin saya tanyakan ada apa dengan kehamilan saya? apakah betul saya mengalami BO, masih adakah kemungkinan cuma janinnya belum terlihat saja?
    Mohon pencerahannya dokter.
    terima kasih sebelum dan sesudahnya.
    Percakapan
    • Live Chat sudah selesai.